Jumat, 05 Januari 2024

BETULKAH MEREKA HUSNUL KHOTIMAH?

BETULKAH MEREKA HUSNUL KHOTIMAH? 

Ada orang mengatakan, "Mereka mati dalam keadaan husnul khatimah karena mati ketika shalat, mati ketika ceramah, mati ketika shalawatan dan mati ketika membaca alquran."

Dia mengira kalau mati di atas ranjang tidak husnul khatimah. Padahal orang yang terbaik Nabi shallallahu alaihi Wa sallam, dan sahabatnya Abu Bakar, Umar, Khalid Bin Walid dan yang lainnya mati di atas ranjang. 

Apalagi mati dalam mengamalkan amalan bid'ah, tidak mungkin husnul khatimah, sedangkan amalan bid'ah tidak akan diterima. Dan setiap bid'ah di dalam agama adalah sesat. 

Ketahuilah, yang dimaksud mati husnul khatimah adalah seseorang yang mati di atas tauhid dan di atas sunnah, bukan dalam keadaan berbuat kesyirikan dan bid'ah. 

Asy Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata,

" ليس المقصود من حسن الخاتمة أن تموت و أنت في المسجد أو على سجادة الصلاة أو تموت و المصحف بين يديك .

Bukanlah yang dimaksud diantara husnul khotimah (akhir yang baik) itu ialah kamu mati sedangkan kamu berada di masjid atau di atas sajadah ketika shalat atau kamu mati mushaf (Al-Qur'an) berada ditanganmu.

فقد مات خير البرية جمعاء و هو على فراشه . مات صديقُه الصديقُ أبو بكر و هو خيرُ الصحابة على فراشه . مات خالد بن الوليد على فراشه و هو الملقب بسيف الله المسلول و الذي خاض ١٠٠ معركة و لم يخسر أياً منها .

Maka sungguh sebaik-baik seluruh makhluk (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam)  meninggal di atas ranjangnya. Sahabatnya, Ash Shodiq Abu Bakar radhiyallahu 'anhu adalah sebaik-baiknya shahabat meninggal di atas ranjangnya. Khalid bin Al-Walid radhiyallahu 'anhu meninggal di atas ranjangnya, padahal beliau dikenal dengan laqab  saifullah (pedangnya Allah), yang telah berperang dalam 100 peperangan dan tidak pernah kalah sekalipun.

✋– و لكِنَّ حُسْنَ الخاتمة :
✓• أن تموتَ و أنت بريءٌ من الشرك .
✓• أن تموتَ و أنت بريءٌ من النفاق .
✓• أن تموتَ و أنت مفارقٌ للمبتدعة بريءٌ من كل بدعة .
✓• أن تموتَ و أنت على الكتاب و السنة و مؤمنٌ بما جاء فيهما دون تأويل .

Akan tetapi yang dimaksud dengan husnul khotimah adalah:

✓• Kamu mati sedangkan kamu berlepas diri dari kesyirikan

✓• Kamu mati sedangkan kamu berlepas diri dari kemunafikan.

✓• Kamu mati sedangkan kamu meninggalkan ahlul bid'ah dan berlepas diri kebid'ahan. 

✓• Kamu mati sedangkan kamu diatas al-kitab (Qur'an) dan as-Sunnah dan beriman dengan apa-apa yang datang dari keduanya tanpa ta'wil.

✓• أن تموتَ و أنت خفيفُ الحمل من دماء المسلمين و أموالِهم و أعراضِهم ، مؤدياً حق الله عليك و حق عباده عليك .
✓• أن تموتَ سليمَ القلب طاهرَ النوايا و حَسَنَ الأخلاق ؛ لا تحملُ غلاً و لا حقداً و لا ضغينةً لمسلم .
✓• أن تصلي خمسَكَ في وقتها مع الجماعة لمن لهم حقُّ الجماعة و تؤدي ما افترضه اللهُ عليك .

للهم أَحسنْ عاقبتَنا في الأمور كلِّها و أجرْنا من خزي الدنيا و عذابِ الآخرة .
اللهم أَحسنْ خاتمتَنا و ردَّنا إليك مرداً جميلاً غير مخزٍ و لا فاضحٍ .

📕 - [ فتاوى نور على الدرب ]

✓• Kamu mati sedangkan kamu ringan tanpa terbebani oleh darah kaum muslimin, harta dan kehormatannya, menunaikan hak Allah atasmu dan hak hamba-Nya atasmu.

✓• Kamu mati, hati selamat, niat yang bersih dan akhlak yang baik; Tidak mendendam atau memiliki niatan yang jahat dan tidak menyimpan dendam terhadap seorang muslim.

✓• Kamu shalat lima waktu pada waktunya secara berjamaah bagi yang berhak berjamaah dan menunaikan apa-apa yang Allah perintahkan.

اللهم أَحسنْ عاقبتَنا في الأمور كلِّها 
و أجرْنا من خزي الدنيا و عذابِ الآخرة .

Ya Allah, jadikanlah semua akhir urusan kami penuh dengan kebaikan, dan selamatkanlah kami dari kenistaan di dunia dan siksa di akhirat

اللهم أَحسنْ خاتمتَنا و ردَّنا إليك مرداً جميلاً غير مخزٍ و لا فاضحٍ .

Ya Allah, berilah kami akhir yang baik dan kembalikan kami kepada Mu kembali yang bagus tidak terhina dan tidak jelek (buruk).  (Fatawa Nur 'Alad Darb). Sumber : https://m.facebook.com/groups/267343867639658/permalink/729732971400743/?mibextid=UyTHkb

AFM