Selasa, 05 Desember 2023

USAMAH BIN ZAID RADHIYALLAHU 'ANHUMA

USAMAH BIN ZAID RADHIYALLAHU 'ANHUMA

1. Ayahnya adalah  Zaid bin Haritsah kesayangan Nabi, mantan anak angkat nabi, satu²nya sahabat Nabi yang namanya disebutkan dalam Al-Qur'an. Dulu orang² memanggilnya Zaid Putra Muhammad.

2. Ibunya adalah Ummu Aiman, budak remaja yang menjadi pengasuh Nabi,  wanita yang mulia, mantan budak dari negeri Habasyah (Afrika), berkulit hitam, berambut Keriting, namun Rasulullah sangat mencintai dan menghormatinya, rasululullah memanggilnya dg "ya ummaah" (ibunda).

3. Usamah bin Zaid berkulit hitam, lebih mirip ibunya dari pada ayahnya yang berkulit putih.

4. Rasulullah sangat mencintai Usamah, sebagaimana Rasulullah juga mencintai ayahnya, Zaid bin Haritsah.

Aisyah menuturkan, Pada suatu hari rasulullah ingin menyingkirkan ingus si Usamah kecil, lalu Aisyah berkata: biarkan aku yang melakukannya wahai Rasulullah, Maka rasul bersabda: " wahai Aisyah cintailah dia, sesungguhnya aku mencintainya" (HR. Tirmidzi).

Usamah kecil pernah tersandung alas pintu,  hingga terjatuh dan wajahnya berdarah, maka Rasulullah berkata kepada Aisyah: (tolong) bersihkan kotoran yang ada di wajahnya, Namun Aisyah malah membuatnya kotor, maka Rasulullah menghisab darah dari wajah Usamah lalu meludahkannya. Kemudian rasul berkata: " Seandainya Usamah ini bocah perempuan niscaya aku kenakan pakaian sutra untuknya' (HR. Ibnu Majah).

Dahulu Rasulullah memangku Usamah yang berkulit hitam di pahanya, lalu Rasulullah juga memangku cucunya, Hasan bin Ali yang berkulit putih di paha yang satunya. Lalu Rasulullah memeluk keduanya seraya berkata: " Ya Allah, sayangilah keduanya, sesungguhnya aku menyayangi keduanya. (HR. Tirmidzi).

5. Pada umur 18 tahun, Usamah sudah ditunjuk Nabi menjadi panglima Islam  melawan Romawi, padahal di belakangnya ada para sahabat² Nabi yang lebih Senior. Penunjukkan itu menjelang Rasulullah wafat. Hingga setelah itu tidaklah Umar bin Khattab bertemu dg Usamah, kecuali Umar berkata: " assalamu'alaikum  wahai Amir (pemimpin kami), Rasulullah wafat sedangkan engkaulah pemimpin kami" 

6. Datang seorang wanita bernama Fathimah binti Qais kepada nabi dan berkata: " ya Rasulullah aku dilamar dua lelaki, Muawiyah dan Abu Jahm" (mana yg saya pilih)? Nabi menjawab: " adapun Abu Jahm maka dia tidak pernah meletakkan tongkatnya dari pundaknya, adapaun Muawiyah maka dia lelaki yang miskin tak punya harta" MAKA MENIKAHLAH SAJA DENGAN USAMAH..akhirnya Fatimah binti Qais menikah dengan Usamah. (HR. Muslim).

7. Umar Bin Khatthab pernah membagikan harta kepada Usamah lebih banyak dari pada yang diberikan kepada anaknya sendiri yaitu Ibnu Umar, sehingga ibnu Umar bertanya kepada Ayahnya apa sebabnya? lantas Umar Berkata: karena dia lebih dicintai rasulullah dari pada dirimu, dan Bapaknya lebih dicintai rasulullah dari pada bapakmu...radhiyallahu 'anhum ajma'in.

8. Suatu saat Ibnu Umar melihat seorang pemuda di Masjid, lalu dia bertanya kepada orang², siapakah dia? Seseorang menjawab: tidakkah engkau tau wahai abu Abdirrahamn (Abdullah bin Umar) dia adalah Muhammad putranya Usamah, maka Ibnu Umar menangangguk²an kepala dan berkata: " seandainya Rasulullah melihatnya, niscaya Rasulullah akan mencintainya".

9. Satu keluarga, semuanya dicintai Nabi, anak, ayah dan ibu... Radhiyallahu 'anhum ajmain...

Nama Usamah bin Zaid sangat menginspirasi hingga putraku yang kelima kuberi Nama: USAMAH yang berarti: SINGA.

Referensi:
Abu Islam Shalih bin Thaha, Kitab As-Shahabah ( Amman: Matabah al-Ghuraba', 1435 H), hal. 603-610.

@fadlanfahamsyah