Jumat, 08 Desember 2023

Makanan yang dapat membantu menguatkan hafalan

Makanan yang dapat membantu menguatkan hafalan

1. Buah Delima
2. Buah Kundur
3. Madu
4. Kismis
5. Dupa dan lain-lain

Ali Radhiyallahu anhu berkata:

 عليكم بالرمان الحلو فإنه صلوح المعدة، وشكا إليه رجل النسيان فقال : عليك ( باللبان ) فإنه يشجع القلب ويذهب النسيان 

"Hendaklah kalian mengonsumsi buah delima yang manis, karena itu baik untuk organ pencernaan (Dalam kitab Thib Nabawi, Adz-Dzahabi menyebutkan riwayat dari Ali: "Barangsiapa yang makan buah delima maka Allah akan menjadikan hatinya bercahaya".)  Seorang lelaki mengadu kepada Ali bahwa dia sering lupa. Ali berkata, "Kamu harus mengonsumsi tanaman Lubban (olibanum: dupa), karena dapat memelihara hati dan menghilangkan lupa."

Ibnu Abbas berkata,

 حلق القفا يزيد في الحفظ 

"Mencukur rambut bagian belakang kepala itu menambah kuatnya hafalan."

Ibnu Abbas juga berkata,

خذ مثقالا من كندر ، ومثقالا من سكر ؛ فدقهما جيدا ثم اقمحهما على الريق فإنه (جيد) للنسيان

 "Ambillah beberapa takar kundur dan gula secukupnya, lantas tumbuklah keduanya sampai lembut, kemudian minumlah tumbukan itu, karena sesungguhnya itu baik untuk menghilangkan lupa." 

Az-Zuhri berkata, 

عليك بالعسل فإنه جيد للحفظ

"Anda harus mengonsumsi madu, karena itu baik untuk membantu hafalan."

Az-Zuhri juga berkata,

من سره أن يحفظ الحديث فليأكل الزبيب 

"Siapa yang ingin menghafalkan hadits maka hendaklah dia mengonsumsi kismis."

Al-Ju'abi berkata,

 كنت بليد الحفظ فقال لى الأطباء : كل الخبز بالحلاب ، فأكلته أربعين يوما بالغدايات والعشايات لا آكل غيره، فصفى ذهنى ، وصرت حافظا حتى صرت أحفظ في يوم ثلثمائة حديث.

"Saya dulu adalah orang yang tidak mampu menghafal Kemudian para dokter berkata kepada saya, Konsumsilah kue susu (sapi atau kambing). Kemudian saya mengonsumsinya selama empat puluh hari, setiap pagi dan sore tanpa makan makanan yang lainnya. Lalu pikiran saya menjadi bersih, hingga saya menjadi seorang hafizh, dan mampu menghafal tiga ratus hadits setiap hari."

Adapun beberapa resep yang disarankan oleh para dokter yang dapat membantu hafalan adalah tanaman waj, kayu gaharu dan myrobalan (nama salah satu jenis tumbuhan), masing masing sebanyak sepuluh dirham (dirham disini adalah satuan berat dan 1 dirham = 2949 gram). 

Saya katakan kepada orang yang percaya dengan resep dokter bahwa campuran itu dikonsumsi dalam keadaan dingin dan dicampur dengan lima dirham jahe dan lima dirham damar, yaitu sepertiga dari damar tersebut ditumbuk dan diadon dengan satu kati madu. (1 kati = 1 rithl Irak =407,5 gram)

Resep lainnya:
Tiga puluh dirham kundur, sepuluh biji lada, ditumbuk jadi satu, lalu dikonsumsi setiap hari, selama empat puluh hari.

Referensi:
Ibnu Jauzi, kitab Al-Hatstsu ala Hifzh Al-Ilm wa Dzikr Kibar Al-Huffazh ( Mesir: Muassasah Sabil Jamiah,  1412) hal. 40-41

_
Bogor - Sukabumi 
23 Jumadil Awwal 1445 H / 7 Desember 2023 M

@AndreSatyaWinatra