Sabtu, 10 Oktober 2020

BEDA TINGKAH LAKU SALAFI DAN KHAWARIJ

BEDA TINGKAH LAKU SALAFI DAN KHAWARIJ

Syaikh Zaid bin Muhammad Al-Madkhali rahimahullahu berkata*: 

"Al-Jamaah (Al-Firqah An-Najiyah/Dakwah Salafiyah) adalah mereka yang bersatu di bawah pemimpin muslim. Mereka menolongnya dalam kebaikan, mendoakannya dengan kebaikan secara rahasia maupun terang-terangan. Jika pemimpin jatuh dalam kesalahan-kesalahan -dan itu pasti terjadi- maka para ulama (ahlussunnah) yang kokoh keilmuannya memberikan nasihat kepadanya dengan cara yang bermanfaat bukan dengan cara memprovokasi (umat). Mereka menasihati dan menjelaskan jalan petunjuk, jika diamalkan maka itu karunia dari Allah lewat perantara manusia-manusia istimewa diatas muka bumi ini. Mereka adalah para imam ilmu syariat yang paham bagaimana menyampaikan nasihat (yang benar kepada pemimpin muslim).

Adapun jika pemimpin tidak mau melaksanakan nasihat tersebut maka dia masih dalam lingkaran Islam dan para ulama tidak akan menyebarkan aib-aibnya (di hadapan umum atau di medsos). Akan tetapi jalan yang benar dalam menasihatinya adalah dengan cara rahasia dan menutupi aibnya (di hadapan umat), karena pemimpin muslim bukan seperti masyarakat biasa. Maka orang yang berilmu dan bijak dia akan meletakkan sesuatu pada tempatnya.

Inilah Al-Jamaah (Salafi Sejati) bukan seperti kelompok Khawarij yang mengkafirkan pelaku maksiat dan mereka senantiasa menyudutkan pemimpin/pemerintah dan mengkritik mereka secara terang-terangan (di hadapan umum atau medsos)." 

--------------------------
* Qathfu Al-Janaa Al-Mustathaab Syarhu Aqidah Al-Imam Muhammad bin Abdul Wahhab hal. 19-20 oleh Syaikh Zaid bin Muhammad Al-Madkhali.
Ust Abdurahman Thoyib lc