Kamis, 15 Oktober 2020

Peran_Wanita_Dalam_Islam

#Peran_Wanita_Dalam_Islam
Syekh Soleh Al-Fauzan -Hafidzahullah-

Tidak Di Ragukan lagi bahwa wanita memiliki kedudukan dan peran penting di dalam agama islam, di antaranya :

- Seorang Lelaki tidak bisa berdiri sendiri dalam semua urusannya dan keperluannya maka di butuhkan seorang wanita untuk menyempurnakan urusannya dan juga saling menyempurnakan satu dgn yg lainnya, oleh karenanya Allah ciptakan Hawa untuk nabi Adam alayhis salam..

- Mendapatkan Sakinah dan mawaddah (ketenangan) Laki² akan mwndapatkan ketenangan dan kecintaan apabila memiliki istri dan begitu pula sebaliknya, maka Allah kaitkan ketenangan dengan hubungan suami dan istri..

- Peran Tarbiyyah dan pendidikan.. Ini di dapati juga dari peran ibu dan istri di rumah, karena lelaki sibuk untuk mencari nafkah di luar rumah maka ia titipkan anak²nya di dalam rumah dgn seorang ibu yg siap untuk mendidik dan mengurusnya .. Begitu pula mengurus suami dan memudahkan urusannya ..

Musuh² islam berusaha untuk merusak wanita² kaum muslimin dgn sibuk keluar dari rumahnya dan meninggalkan tanggung jawabnya .. Karena apabila wanita / istri / ibu meninggalkan tugas dan tanggung jawabnya akan terbengkalai keluarga Muslim, apabila terbengkalai sebuah keluarga maka akan rusak masyarakat kaum muslimin..

Beliau Hafidzahullah berkata :

و المرأة لا شك لها دور عطيم، فإنها الأم و هي الزوجة و هي القريبة، و هي محل الأمانة..

"Wanita tidak di ragukan lagi memiliki peran penting, sesungguhnya ia adalah ibu dan istri dan juga sahabat yg paling dekat... Dan Dan tempatnya menitipkan amanat..

Pepatah arab mengatakan :

الأم مصنع الرجل

Wanita pabriknya (pembentuk) laki² sejati

Wallahu Wa'lam

Sumber :
Syarah usulus sunnah syekh Fauzan (dgn perbuahan dan tambahan)

Akhukum 
Abu Badar Bajrie