Kamis, 15 Oktober 2020

FATWA_ULAMA_RABBANI#HATI2_DARI_TAKFIR_NGAWUR

#FATWA_ULAMA_RABBANI
#HATI2_DARI_TAKFIR_NGAWUR

As Syaikh Al 'Allamah DR. Shaleh bin Fauzan Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

♦ Apa pendapat anda -wahai Syaikh- yang mulia terhadap orang-orang yang mengkafirkan negeri ini dan menuduh para ulamanya sebagai penjilat -pencari muka-?

🔹Jawaban Syaikh hafidzahullah :
"Orang-orang yang mengkafirkan para pemimpin kaum muslimin, dan mengkafirkan kaum muslimin bahkan mengkafirkan orang-orang paling mulai di kalangan muslimin yaitu para ulama, maka mereka adalah golongan khawarij. maka wajib bagi mereka untuk bertaubat kepada Allah dan kembali kepada kebenaran serta meninggalkan dosa besar ini".

📚At Takfir wa Dhawabituhu, hal. 45.

📌Syaikh hafidzahullah tidak hanya berbicara pemimpin KSA tapi juga hukkam muslimin -para pemimpin kaum muslimin yang lain-,.
🌾🌴_____________
وَعِنْدَمَا نَنْقُلُ عَنْ أهْلِ العِلْمِ خُطُورَةَ التَّسَرُّعِ فِي مَسْأَلَةِ التَّكْفيرِ وَالتَّحْذِيرِ مِنْ تَكْفيرِ المُسْلِمِ، فَلَا يَعْنِي هَذَا إِغْلَاق بَابِ الرِّدَّةِ، أَوِ الحُكُمْ بِالإِسْلَامِ عَلَى مَنْ دَلَّ الدَّليلُ عَلَى كُفْرِهِ وَرِدَّتِهِ، فَإِنَّ الاِنْحِرَافَ فِي التَّكْفيرِ لَا يُقَابَلُ بإنْحِرافِ آخَرَ لَا يَقِلُّ خَطَرًا عَنْهُ، وَهُوَ الْإِرْجَاءُ، وَعَدَمُ تَكْفيرِ الْكَافِرِينَ الْمُجْمَع عَلَى كُفْرِهِمْ.

"Ketika kita nukilkan fatwa dan nasehat dari para ulama tentang bahaya tergesa-gesa dalam masalah vonis kafir dan pringatan dari bahaya mengkafirkan seorang muslim, maka bukan berarti (kita) menutup pintu bab murtad, atau (tetap) menghukumi keislaman orang yang jelas-jelas ada bukti nyata kekufuran dan kemurtadannya, karena penyimpangan dalam bab takfir tidak boleh dibalas dengan penyimpangan lain yang bahayanya tidak kurang dari itu, yaitu Irja' dan tidak mengkafirkan orang-orang kafir -asli- yang telah disepakati kekufuran mereka".

📚-Muqaddimah- Dhawabith Takfir Al Mu'ayyan, hal. 10, Syaikh DR. Muhammad Said Roslan hafidzahullah.
Ustadz Muhammad Alif lc