Sabtu, 17 Oktober 2020

Abu Hatim berkata, saya mendengar Al Muzani mengatakan, Imam Asy Syafi’i pernah ditanya,*_“bagaimana semangatmu dalam menuntut ilmu?”.

*Abu Hatim berkata, saya mendengar Al Muzani mengatakan, Imam Asy Syafi’i pernah ditanya,*

_“bagaimana semangatmu dalam menuntut ilmu?”._

Beliau menjawab, 
*“saya mendengar kalimat yang sebelumnya tidak pernah saya dengar. Maka anggota tubuh saya yang lain ingin memiliki pandangan untuk bisa menikmati ilmu tersebut sebagaimana yang dirasakan telinga”.*

 Lalu beliau ditanya lagi,

 _“bagaimana kerakusan anda terhadap ilmu?”._

 Beliau menjawab, *“seperti rakusnya orang penimbun harta, yang mencapai kepuasan dengan hartanya”.*

 Ditanya lagi, 
_“bagaimana anda mencarinya?”._

 Beliau menjawab, *“sebagaimana seorang ibu mencari anaknya yang hilang, yang ia tidak memiliki anak lain selain dia”*

*_(Tawaalit Ta’sis bin Manaqibi Muhammad bin Idris, Ibnu Hajar Al Asqalani, 106)._*