Sabtu, 23 Mei 2020

UCAPAN_SELAMAT#HARI_RAYA_عيدكم_مبارك

#UCAPAN_SELAMAT
#HARI_RAYA_عيدكم_مبارك

Syaikh Prof. DR. Sa'ad Al Khatslan hafidazahullah (Anggota Kibar Ulama KSA) pernah ditanya tentang hukum mengucapkan selamat hari raya sebelum hari H?

Maka beliau menjawab :

"Boleh mengucapkan selamat hari raya sebelum hari Ied, karena ucapan selamat ini termasuk perkara adat, dan hukum asal adat adalah boleh. Maka boleh mengucapkan selamat pada hari Ied, sebelum atau sesudah hari Ied. Selama ucapan selamat itu ada hubungannya dengan Ied, ini perkara yang luas (dimaklumi bersama).

Sebagaimana kalau seorang berjumpa temannya yang mau menikah 3 hari sebelum hari H, maka boleh ia mengucapkan selamat sebelum hari H.
"Semoga Allah berkahi pernikahanmu"

Maka seperti ini tidak mengapa, begitu juga ucapan selamat hari raya, termasuk juga Adalah ucapan selamat kepada orang lain dalam suatu (kebahagiaan/keberhasilan), maka boleh pada hari H nya, sebelum atau sesudahnya".

▶kesimpulannya : Tidak mengapa, silahkan yang mau mengucapkan selamat hari raya sebelum, hari H dan sesudahnya.
Ini semua perkara yang jangan sampai menjadikan kita berpecah di hari yang bahagia ini. 
silahkan juga yang mau pakai pendapat Syaikh Shalih Al Fauzan hafidzahullah tidak boleh mengucapkan kecuali hari H,.

عيدكم مبارك
تقبل الله منا ومنكم صالح الأعمال

📝Alif El-Qibty,.
___________
*Syaikh Prof. DR. Sa'ad Al Khatslan hafidazahullah (Guru besar Fak. Syariah Universitas Al Imam Riyadh, ketua Al Jum'iyyah Al Fiqhiyyah As Su'udiyah dan Anggota Kibar Ulama KSA -3/3/1434 - 1438).
https://saadalkhathlan.com/