Minggu, 31 Mei 2020

*HANYA ORANG BESAR YANG PUNYA AKHLAK BESAR*

*HANYA ORANG BESAR YANG PUNYA AKHLAK BESAR*

✒️ Ustadz Fadlan Fahamsyah. Lc. MHI 

Kisah Nyata:

Ada seorang penuntut ilmu yang "sedikit kasar" berbicara di depan Syaikh Al-Albani rahimahullah, ya Syaikh engkau mengatakan bahwa di Kitab Syaikh Rabi' bin Hadi hafizhahullah ada sikap syiddah (keras/Over) dalam membantah Sayyid Quthub (tokoh IM), padahal aku sudah membaca kitab Syaikh Rabi' itu, dan tidak saya temukan syiddah (keras) di situ? Tunjukkan mana bukti syiddah (sikap keras) di kitab Syaikh Rabi' dalam membantah Sayyid Quthub...., (orang ini sedikit "ngegas" kepada Syaikh al-Albani.

Kata Syaikh: engkau sudah membacanya? Dia jawab: Sudah dan saya tidak temukan syiddah.

Syaikh Al-Albani menjawab: subhanallah, syekh  Albani "terheran-heran." 

Lalu syaikh menjelaskan yang intinya:  jika anda membaca kitab Syaikh Rabi' tersebut dan kitab2nya yang lain, tapi anda tidak menemukan syiddah, berarti anda sama metode dakwahnya dg Syaikh Rabi', sehingga anda tidak mampu menemukannya. Lalu orang tersebut masih agak ngeyel.....

Kemudian Syaikh Al-Albani menjelaskan bahwa beliau setuju dg syaikh Rabi' dalam hal penyimpagan2 IM, tapi ada hal yang menunjukkan sikap syiddah (keras/over) dalam membantah Sayyid Quthub. 

Lalu Syaikh al-Albani memberikan bukti sikap syiddah itu berupa ucapan Syaikh Rabi' yang mengatakan bahwa Sayyid Quthub menyampaikan pendapat (sesatnya) itu karena mengekor kepada hawa nafsunya..dst.

Kata Syaikh Al-Albani, tidakkah cukup bagi Syaikh Rabi' untuk mengatakan Ini SALAH, ini MEMYIMPANG dst...kenapa dia mengatakan bahwa Sayyid Quthub mengikuti hawa nafsu, apakah ia sudah membelah dadanya, apalagi orangnya sudah diwafatkan oleh Allah....pindah ke alam kubur.

Lalu di akhir Syaikh al-Albani menasehati penanya: ya akhi bersamalah dengan al-Haq dan jangan kerana Zaid atau Amr, (Fulan atau Allan),  ikutilah kebenaran, benar caranya dan benar tujuannya. (Jangan sampai tujuan yang benar memakai metode dan cara yang salah).

Lalu Syaikh Al-Albani berkata: Saya bersama Syaikh Rabi' secara ilmu (tujuan). tapi saya tidak bersamanya dari segi cara dan metode dakwahnya.

Yang bisa bahasa Arab simak langsung:
https://youtu.be/7QRyofHgDYM
Terutama menit: 3:
Ustadz Fadlan Fahamsyah lc Mhi