Minggu, 31 Mei 2020

MENIKAHI WANITA

MENIKAHI WANITA

Ada seseorang, yang menikahi wanita, karena memandang bahwa wanita tersebut adalah wanita terhormat dari kalangan bangsawan atau anak tokoh pembesar, agar dirinya terangkat kedudukan dan kehormatannya.

Namun apa yang terjadi, justru dia menjadi manusia yang terhina dan rendah. Karena isterinya angkuh dan sombong, merasa dirinya anak dari kalangan terhormat, sehingga merendahkan sang suami.

Ada juga yang menikahi wanita karena melihat kekayaan wanita tersebut atau orang tua wanita itu, orang yang kaya raya. Dengan tujuan agar dia pun ikut menikmati kekayaan.

Namun impiannya kandas, justru dia jatuh miskin dan menderita, karena tidak sanggup mengikuti dan memenuhi kemauan istrinya yang selera tinggi.

Dalam sebuah riwayat salaf diceritakan, datang seseorang kepada Ibnu Uyainah rahimahullah, lalu dia mengatakan,

يا أبا محمد أشكو إليك من فلانة يعني امرأته أنا أذل الأشياء عندها وأحقرها

"Wahai Abu Muhammad (Ibnu Uyainah) saya mengadu kepadamu mengenai Fulanah (yakni istrinya). Saya orang yang paling rendah dan hina menurutnya."

فأطرق سفيان مليا ثم رفع رأسه فقال لعلك رغبت إليها لتزداد عزا فقال نعم يا أبا محمد

Sufyan pun diam beberapa saat. Lalu, beliau mengangkat kepalanya dan mengatakan, "Apa engkau menikahinya karena ingin bertambah kehormatan?" Dia pun menjawab, "Ya, wahai Abu Muhammad."

قال من ذهب الى العز ابتلي بالذل ومن ذهب الى المال ابتلي بالفقر ومن ذهب الى الدين يجمع الله له العز والمال مع الدين

Dia (Abu Muhammad) berkata : "Siapa yang haus kehormatan, akan ditimpa kerendahan. Siapa yang haus harta, akan ditimpa kemiskinan. Siapa yang mencari agama, maka Allah akan mengumpulkan untuknya kemuliaan dan harta, bersama dengan agama." (Hilyatul Auliya).

Kisah di atas adalah pelajaran bagi para jomblowers, jika ingin menikahi seorang wanita, lihatlah agamanya dan keshalihan yang paling utama. Baru kecantikannya, keturunannya (kedudukannya) dan hartanya.

AFM

https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2020/05/menikahi-wanita.html

Bahasan Terkait :

https://m.facebook.com/story/graphql_permalink/?graphql_id=UzpfSTEwMDAwOTg3ODI4MjE1NTo4Nzc0OTkwOTU5MjI2OTI%3D

https://m.facebook.com/story/graphql_permalink/?graphql_id=UzpfSTEwMDAwOTg3ODI4MjE1NToxMTE3ODI0ODg4NTU2Nzc3