Minggu, 24 Mei 2020

PULANGLAH

Hari ini lebaran, saya post ulang biar ga baperan. 

PULANGLAH! 

Allah azza wa jalla berfirman, dalam surat An-Nur ayat 28 tentang adab berkunjung ke rumah orang lain, yang artinya

"Jika kamu tidak menemukan seseorang di dalam rumah itu, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu "PULANGLAH!" maka pulanglah. Itu lebih suci bagimu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Ketika menafsirkan ayat ini, Ibnu Katsir meriwayatkan dari Qotadah rahimahullah, tabiin mulia, beliau berkata bahwa sebagian dari kaum muhajirin berkata,

"Aku menuntut di seluruh usiaku untuk mengamalkan ayat ini, aku ingin sekali mengamalkan ayat ini. Maka sungguh aku tidak pernah mendapatkan sama sekali ketika aku meminta izin kepada saudaraku untuk masuk lalu mereka berkata "Pulanglah!". Sehingga aku pun pulang dan aku (pulang) untuk mengamalkan ayat ini"
(Tafsir Ibnu Katsir, Surat An-Nur ayat 28)

_______

Faedah:
1. Para salaf sangat bersungguh-sungguh mengamalkan ilmu mereka. Agar tidak tercatat sebagai orang yang tidak mengamalkan ilmu.

2. Damainya hati mereka ketika menerima syariat Islam. Padahal secara tabiat, manusia pasti merasa dongkol di hatinya ketika di tolak untuk berkunjung dan 'diusir' disuruh pulang. Tapi karena ini adalah syariat Allah, hati mereka tentram, damai dan tidak menyimpan kesedihan.

3. Akhlak mereka saat ada yang berkunjung, mereka tidak pernah menolak kunjungan sahabat mereka. Sehingga di katakan bahwa seumur hidup tidak pernah ada yang menolak kunjungan lalu mengatakan "pulanglah!"
_____

Maka, jika kita berkunjung ke rumah orang lain dan orang tersebut tidak mau menerima kunjungan hendaklah kita berlapang dada.

Apa lagi di masa pandemi COVID-19 ini.
Jangan baper, jangan mudah tersinggung.