Senin, 13 Januari 2020

IBNU_ABBAS_رضي_الله_عنهما#Belajar_diwaktu_Kecil

#IBNU_ABBAS_رضي_الله_عنهما
#Belajar_diwaktu_Kecil

Ketika pulang dari khutbah jumat 11/01/20 -dalam khutbahnya Syaikh Prof. DR. Ibrahim Ar Ruhailiy hafidzahullah membawakan hadits Abdullah bin Abbas- maka di Mobil Syaikh cerita sekilas tentang shahabat yang mulia Ibnu Abbas radiyaAllahu anhuma, bahwa pada saat itu Ibnu Abbas adalah anak kecil yang rajin menghadiri majlis Nabi shallallahu alaihi wasallan, menghafal Al Quran dan Hadits. kemudian ada yang mengatakan kepadanya : kenapa engkau sibuk belajar dan menghafal, bukankah sudah ada Abu Bakar, Umar, Utsman dan shahabat2 senior lainnya?! 

tapi Ibnu Abbas menjadikan perkataan tersebut sebagai penyemangat untuk terus belajar dan menghafal, karena para shahabat senior mereka akan meninggal dan umat ini butuh orang yang dijadikan rujukan dalam ilmu agama. 
terbukti sepeninggal Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau termasuk rujukan para shahabat senior dalam urusan agama, bahkan Umar bin Khattab mendudukan Ibnu Abbas dalam majlis khusus bersama para shahabat senior,.
Sunggu Allah telah mengabulkan doa Nabi shallalahu alaihi wasallam :

اللّهُمَّ فَقِّهْهُ فِي الدِّينِ، وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيلَ

"Ya Allah, pahamkanlah dia (Ibnu Abbas) dalam urusan agama dan ajarkanlah (ilmu) tafsir kepadanya". (HR. Ahmad no. 3102 -Shahih-)

dalam riwayat Bukhari bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam memeluk Ibnu Abbas ke dada beliau seraya berdoa :

اللَّهُمَّ عَلِّمْهُ الكِتَابَ

 "Ya Allah, ajarkanlah Al Kitab kepadanya". (HR. Bukhari no. 75).

kemudian Syaikh menceritakan pengalaman beliau diawal belajar ilmu syar'i, bahwa pada saat itu sebagian orang berkata kepada beliau: kenapa engkau sibuk belajar dan menghafal, sedangkan Ibnu Baz, Ibnu Utsaimin dan para ulama masih ada?! 

beliau berkata : maka kata-kata itu menjadikan aku lebih semangat dalam belajar dan menuntut ilmu syar'i.

kemudian beliau berwasiat kepada kami agar terus belajar dan menghafal karena itu akan menjadi bekal dalam beramal dan berdakwah.

kemudian ana katakan kepada beliau : Wahai Syaikhuna sungguh benar perkataan Umar bin Khattab radiyaAllahu anhu,

تَفَقَّهُوا قَبْلَ أَنْ تُسَوَّدُوا

"Belajarlah ilmu agama sebelum engkau menjadi panutan (pemimpin)". (Fathul Baari 1/199)

beliau berkata : Na'am Shahih, karena banyak orang yang malas belajar atau tidak memiliki waktu luang ketika sudah memiliki jabatan tinggi atau ditokohkan. maka bersemangatlah dalam belajar dan menuntut ilmu,.

جزاه الله خيرا وبارك في علمه ودعوته

📝------------
📌KAI/14/01/20/Solo - Jkt,.
Sekarang terbukti ketika Syaikh Ibnu Baz, Ibnu Utsaimin dan beberapa ulama telah meninggal dunia beliau sekarang termasuk sebagai rujukan umat dalam belajar dan meminta fatwa. semoga Allah menjaga beliau dari segala keburukan dan memberkahi ilmu dan dakwahnya,.

حفظ الله علمائنا ورحمهم الله من مات منهم رحمة واسعة