Selasa, 28 Januari 2020

agar terhindar dari musibah

Dari Aban bin Utsman dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, beliau berkata:
.
 ''Aku mendengar Rasulullah  ﷺ bersabda: '' Barangsiapa yang mengatakan : 
.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
.

Sebanyak 3 kali maka dia tidak tertimpa Petaka yang mendadak hingga pagi harinya, dan barangsiapa yang mengucapkannya 3 kali di pagi hari, maka dia tidak akan terimpa petaka hingga sore harinya. 
.

Perawi hadits berkata,
''Maka Suatu ketika Aban bin Utsman terkena sakit lumpuh sebelah, Maka orang yang meriwayatkan darinya hadits di atas bertanya kepada Aban, Kenapa engkau memandangiku begini? Demi Allah, aku tidak berdusta terhadap Utsman dan Utsman tidak berdusta terhadap Nabi Muhammad ﷺ . akan tetapi pada hari  aku tertimpa sakit ini, Aku sedang marah sehingga lupa mengucapkan zikir ini (hingga lewat waktunya).
.

(HR. Abu Dawud 5088, Tirmizi 3388, beliau berkata : hadits hasan Shahih gharib, Di shahikan Ibnu Al Qayyim dalam zaadul maad 2/338, dan dishahihkan Syaikh Al Albani dalam shahih Abu Dawud ).
.

Syaikh Abdurazaq Al Badr berkata: 
.
''Sejak aku mendengar Hadits ini, aku senantiasa rutin mengamalkannya dan tidak pernah ada suatu yang menimpaku hingga suatu saat aku meninggalkan zikir ini (lupa). Maka ada seekor kalajengking yang menyengat kakiku di kota Madinah pada malam hari, maka aku sejenak berpikir, maka aku tersadar bahwa aku terlupa membaca zikir dengan kalimat tersebut.''

 (cek al Futuhat ar Rabbaniyah ,ibn Alaan 3/100)
.
.
Bagi yang rutin zikir pagi petang maka berbahagialah dan belajarlah artinya. 
.
Bagi yang jarang jarang sudah saatnya baca zikir pagi petang dan tulis di dinding anda atau di gadget anda. 
.
Bagi yang baru mengetahui maka saat ini anda harus membaca zikir ini dan jadikan amalan rutin tiap pagi bada shalat subuh dan bada shalat ashar. 
.

.
Meski zikir ini Sunnah,  namun tidak layak kita meninggalkannya karena di dalamnya ada doa doa keselamatan dunia dan Akhirat. 
.
Tag keluarga,  sahabat dan orang tercinta. Semoga bisa diamalkan dan Allah menjaga Kaum Muslimin di manapun mereka berada.
.
(diterjemahkan oleh admin @suaramadinah)