Minggu, 26 Januari 2020

BIOGRAFI RINGKAS IMAM MUJADID DAKWAH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB RAHIMAHULLAH

BIOGRAFI RINGKAS IMAM MUJADID DAKWAH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB RAHIMAHULLAH

Nama lengkap beliau adalah Abul Husain Muhammad bin Abdul Wahab bin Sulaiman bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Raasyid bin Buraid bin Muhammad bin Buraid bin Musyrif bin Umar dari Bani Tamim yang dermawan.

Beliau rahimahullah dilahirkan pada tahun 1115 H di kota Uyyainah. Beliau tumbuh dalam keluarga yang dihiasi oleh ilmu, dibawah asuhan orang tua yang adalah ulama jazirah Arab pada zaman itu. Beliau belajar langsung kepada ayahnya, yaitu Abdul Wahab bin Sulaiman bin Ali (w. 1153 H) yang merupakan hakim di daerah Uyyainah, diantara deretan ulama yang ma'ruf pada zaman itu, disamping itu juga beliau belajar ke kakeknya, yaitu Sulaiman bin Ali, yang merupakan ulama yang masyhur dengan fiqih dan fatwa, disamping itu juga beliau menuntut ilmu kepada pamannya yaitu asy-Syaikh Ibrahim. Demikian Muhammad bin Abdul Wahab kecil tumbuh langsung dibimbing oleh keluarga dekatnya sendiri, sehingga beliau berhasil menghapal Al Qur`an sebelum usianya genap 10 tahun, lalu belajar fiqih, banyak mutholaah kitab-kitab tafsir dan hadits. Sesuatu yang menakjubkan orang tuanya adalah kekuatan hafalan beliau, oleh sebab itu, beliau banyak sekali hafal matan-matan kitab dari berbagai macam cabang ilmu.

Setelah dewasa beliau melanjutkan rihlah menuntut ilmu ke berbagai penjuru Nejed, beliau pergi ke Mekkah untuk menimba ilmu dari ulama disana, lalu ke Madinah untuk mereguk dahaganya ilmu dari ahlinya, disitu beliau belajar kepada al-'Alamah Abdullah bin Ibrahim asy-Syamiri rahimahullah, beliau juga belajar kepada bapaknya yaitu asy-Syaikh Ibrahim asy-Syamiri terutama tentang ilmu warisan dari kitab yang langsung ditulis oleh gurunya tersebut yang berjudul "al-'Adzb al-Faidh fii Syarh Alfiyyah al-Faraidh".

Kemudian kedua gurunya tersebut memperkenalkannya kepada seorang ulama ahli hadits yang sangat terkenal pada waktu itu yaitu asy-Syaikh Muhammad Hayaah as-Sindiy (w. 1165 H), maka beliau belajar darinya dalam bidang ilmu hadits dan rijal-rijalnya sampai gurunya ini memberikan ijazah kepada beliau untuk meriwayatkan hadits darinya.

Beliau rahimahullah juga sempat belajar ke luar negerinya yakni berguru di kota Bashrah dan Ahsaa. Imam Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah dikaruniai pemahaman yang sangat hebat dan kecerdasan yang cemerlang serta kemampuan dalam menelaah, membahas dan menulis. Beliau selalu mengikat setiap faedah yang didapatkan ketika membaca dan melakukan penelitian. Al-Imam tidak pernah bosan untuk menyalin dan mencatat faedah-faedah dari tulisan-tulisan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qayyim rahimahumaallah.

Beliau kemudian secara terang-terangan mendakwahkan dakwah Salafiyyah, dakwah yang mengajak kepada tauhid, mengingkari kemungkaran, membantah pelaku kesyirikan pemuja patung dan berhala serta menghujam para pelaku bid'ah. Pemerintah Alu Su'ud yang memerintah saat itu, sangat mendukung dan membantu dakwahnya, sehingga semakin kuat dan tersebarlah dakwah beliau.

Beliau membuka majelis-majelis ilmu yang dihadiri oleh kaum Muslimin, diantara penuntut ilmu yang bertalaqi langsung kepada beliau adalah al-Imam Abdul Aziz bin Muhammad bin Su'ud (w. 1218 H), al-Amir Su'ud bin Abdul Aziz bin Muhammad (w. 1229 H), anak-anak beliau sendiri seperti Husain, Ali, Abdullah dan Ibrahim serta cucu beliau sendiri yang merupakan penulis kitab "Fathul Majiid Syarah Kitabut Tauhid", yakni al-'Alamah Abdur Rahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah (1196 - 1285 H), beliau secara khusus belajar kitabut Tauhid tulisan al-Imam dari awal sampai bab sihir secara langsung kepada al-Imam Muhammad bin Abdul Wahab.

Al-Imam Muhammad bin Abdul Wahab meninggalkan beberapa karya tulis yang layak dijadikan pegangan dasar oleh para penuntut ilmu, terutama dalam pembahasan akidah yang shahihah, seperti :
1. Tsalaatsah Ushul
2. Qawaidul Arba'
3. Al-Ushul as-Sittah
4. Kitabut Tauhid
5. Masaa`il Jahiliyyah
6. Fadhl al-Islam
7. Kasyf asy-Syubhat
8. Al-Kabaa`ir
9. Nawaaqid al-Islam
10. Dll.

Pada tahun 1206 H, Allah Ta'aalaa mewafatkannya dalam usia hampir mencapai 92 tahun. Semoga Allah merahmatinya dan memberikan balasan surgaNya kepada beliau atas jasa-jasanya terhadap Islam dan Kaum Muslimin.

Diolah dari biografi yang ditulis oleh asy-Syaikh Fahd bin Naashir as-Sulaiman dan DR. Ahmad bin Ismail bin Ahmad Alu Abdul Lathif Hafizhahumaallah.

Abu Sa'id Neno Triyono