Minggu, 18 Juli 2021

Derajat Hadits: " tidaklah seseorang bertakbir kecuai ia diberi kabar gembira"*

*Derajat Hadits: " tidaklah seseorang bertakbir kecuai ia diberi kabar gembira"*

Tersebar di sebagian kalangan sebuah hadits :

ما أهل مهل ولا كبر مكبر إلا بُشّر. قيل: يا رسول الله بالجنة؟ قال: نعم

"Tidaklah seseorang meninggikan suaranya (dengan dzikir) dan juga tidaklah seseorang bertakbir kecuali diberi kabar gembira". Ditanyakan kepda beliau: ya Rosululloh (diberi kabar gembira) dengan surga? Beliau jawab: "iya". (Al-Mu'jam Al-Awsath 7/379).

Yang benar ini adalah perkataan Ka'b Al-Ahbar, penisbatan ucapan di atas sampai kepada Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam merupakan kekeliruan.
Lihat :Al-'Ilal karya Ad-Daruquthni (10/209).

Dan hal di atas juga telah dijelaskan lebih gamblang pula oleh guru kami Syaikh 'Abdul - Bari bin Hammad Al-Anshori dalam tulisan takhrij beliau tentang hadits ini, bisa dilihat di fawaid telegram beliau.

Adapun bertakbir di sepuluh pertama bulan Dzul-Hijjah telah diamalkan oleh para salaf, sebagaimana yang telah dituangkan oleh penulis di sebagian tulisan.

📆5 Dzul-Hijjah 1442
✍⛺https://t.me/irsyadhasanabuabdan

💫بسم الله الرحمن الرحيم💫 

🔴 "تخريج حديث «ما أَهلَّ مهلٌّ قط إلا بشر، ولا كبر مكبرٌ قط إلا بشر"

🔸🔹 حديث: «ما أهل مهل قط إلا بشر، ولا كبر مكبر قط إلا بشر» قيل يا رسول الله، بالجنة؟ قال: نعم".

📗 أخرجه الطبراني في المعجم  الأوسط (7779) من طريق زيد بن عمر بن عاصم، عن سهيل، عن أبيه، عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم.  
🔺وهو حديثٌ منكرٌ لتفرُّد زيد بن عمر بن عاصم، عن سهيل بن أبي صالح به، وزيد مجهول. 
ولمخالفته الثقات من أصحاب سهيل بن أبي صالح، حيث رووه من كلام كعب الأحبار موقوفاً عليه. 
📌 قال الحافظ الذهبي: زيد بن عمر بن عاصم عن سهيل بن أبي صالح بخبر منكر. ميزان الاعتدال (2/105).

📙 - وسئل الدارقطني عن هذا الحديث؟ فقال: هذا حديثٌ يرويه سهيل بن أبي صالح، واختلف عنه: فرواه زيد بن عمر بن عاصم، عن سهيل، عن أبيه، عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم. 
وخالفه سليمان بن بلال، رواه عن سهيل، عن أبيه، عن مرداس، عن كعب، وهو الصحيح. العلل للدارقطني (10/209). 
📘 وانظر: علل الحديث لابن أبي حاتم (3/458)، وعلل الدارقطني (10/126) أيضاً، والسنن الكبرى للبيهقي (5/430). 

*🔹🔸ورُوِي الحديث من وجهٍ آخر:*
من حديث سمي، عن أبي صالح، عن أبي هريرة مرفوعاً: «وما سبح الحاج من تسبيحةٍ، ولا هلل من تهليلةٍ، ولا كبر من تكبيرةٍ إلا بشر بها ببشيرة».

أخرجه البيهقي في الجامع لشعب الإيمان (3799)، وقوام السنة الأصبهاني في الترغيب والترهيب (1054)، وأبو موسى المديني في اللطائف (349، 351). 
📌 وأصل حديث سمي في الصحيحين بلفظ: "العمرة إلى العمرة كفارةٌ لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاءٌ إلا الجنة". 
🔸والحديث رواه عددٌ كثيرٌ من الثقات عن سمي، وانفرد أيوب السختياني بروايته مع زيادة: "ولا سبح الحاج من تسبيحة ولا هلل من تهليل، ولا كبر من تكبيرة إلا بشر بها ببشيرة". 
❎ ومثل هذه الزيادة شاذةٌ، لانفراد راوٍ بها عن جمع كثير من الثقات، فتعد مخالفة. 
🔹والحديث من أصله غريبٌ من حديث سمي:
📗 قال ابن عبد البر: هذا حديثٌ انفرد به سمي ليس يرويه غيره واحتاج الناس إليه فيه. التمهيد (22/38).

📙 وأضاف الحافظ ابن حجر مؤكداً ما ذكره ابن عبد البر فقال: حتى إن سهيل بن أبي صالح حدَّث به عن سمي عن أبي صالح، فكأنَّ سهيلاً لم يسمعه من أبيه، وتحقق بذلك تفرُّد سميٍّ به؛ فهو من غرائب الصحيح. الفتح (3/598). 
      والله تعالى أعلم.

 📝 عبد الباري بن حماد الأنصاري
════ ¤❁✿❁¤ ════

🔸قناة فوائد الشيخ د. عبدالباري بن حماد اﻷنصاري
➖https://t.me/fd_abdalbari

*Takbir di Sepuluh Hari Pertama Dzul-Hijjah*.
🌙💫🌕

🔖  *Al-Bukhari* menyebutkan tafsir *Ibnu 'Abbas* -Rodhiallohu'anhuma- tentang ayat:
وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ
"dan supaya mereka berdzikir dengan nama Alloh di hari-hari yang diketahui" (QS. Al-Hajj: 28).
Beliau menafsirkan bahwa أيام معلومات adalah sepuluh hari pertama Dzul-Hijjah, dan أيام معدودات  dalam ayat lain (واذكروا الله في أيام معدودات) ialah hari tasyriq. (📗Shahih Al-Bukhari 2/20).

🔖 *Al-Baghowi* menyebutkan bahwa kebanyakan ahli tafsir menafsirkan seperti itu. (📔Tafsir Al-Baghowi: 5/379).

🔖 *Al-Bukhari* mencantumkan atsar *Ibnu 'Umar dan Abu Hurairoh* Rodhiallohu'anhum bahwa mereka berdua keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzul-Hijjah sambil bertakbir, orang-orang pun bertakbir dengan takbir mereka berdua". (📗Shahih Al-Bukhari 2/20, ta'liq jazm).

🔖 *Ibnu Rojab* menyebutkan siapa saja yang meriwayatkan atsar dua sahabat di atas, kemudian juga menyebutkan bahwa  *Abu Bakr Al-Marwazi* meriwayatkan atsar dari *Maimun bin Mihron*, seorang tabi'in, ia berkata:
أدركت الناس وإنهم ليكبرون في العشر، حتى كنت أشبهه بالأمواج من كثرتها، إن الناس قد نقصوا في تركهم التكبير
"aku dahulu mendapati orang-orang bertakbir di sepuluh hari pertama Dzul-Hijjah, sampai-sampai aku memisalkannya seperti ombak karena sangat banyaknya. Sesungguhnya orang-orang sekarang kurang dalam hal ini, yaitu mereka meninggalkan takbir". (📘Fathul-Bari: 6/87-88).

🔖 *Ibnu Rojab* berkata:
ومن الناس من بالغ، وعدّه من البدع، ولم يبلغه ما في ذلك من السنة
"sebagian orang berlebihan dan menganggapnya bagian dari bid'ah, dan sunnah takbir ini belum sampai kepada mereka". (📘Fathul-Bari: 6/88).

🔖 *Ibnu Rojab* berkata: 
ومراده: أن التكبير يشرع في أيام العشر وأيام التشريق جميعاً
"maksud *Al-Bukhari* (membawakan atsar-atsar ini yang berkaitan dengan takbir sepuluh pertama Dzul-Hijjah dan hari Tasyriq) ialah: bahwa takbir disyariatkan di sepuluh hari pertama Dzul-Hijjah dan hari-hari tasyriq". (📘Fathul-Bari: 6/88).

📅 1 Dzul-Hijjah 1439 
✍🏕https://t.me/irsyadhasanabuabdan