Selasa, 27 Juli 2021

Ilmu itu hakikatnya dengan mengulang-ulang".

Untuk mendapatkan ilmu tidaklah cukup dengan sekedar membaca sekilas atau mendengarkan faidah seadanya, akan tetapi hendaknya ilmu yang telah dipelajari perlu terus diulang-ulang.

Imam al-Muzani rahimahullah, murid Imam Syafi'i (264 H), beliau berkata :

"Saya membaca kitab"ar-Risalah"(karya Imam Syafi'i) sebanyak 500 kali, setiap kali saya mengulangi pasti mendapatkan faidah ilmu yang belum saya dapati sebelumnya".

Beliau juga berkata : saya mengamati kitab ar-Risalah karya as-Syafi'i semenjak 50 tahun silam, setiap kali saya amati pasti ada sesuatu yang baru belum aku ketahui sebelumnya".

[Lihat kitab Syarah Waroqot hal. 23, karya Syaikh Masyhur Hasan Salman].

Sungguh benar sebuah ungkapan yang mengatakan:

إنما العلم المراجعة

"Ilmu itu hakikatnya dengan mengulang-ulang".

Dan ungkapan yang berbunyi :

وفي الإعادة فائدة
 
" Pada pengulangan pasti menemukan faidah".

Oleh karenanya, bacalah Alquran berulangkali,  pelajarilah Hadits Nabi shallahu 'alaihi wa sallam berulang kali, pelajarilah bahasa arab berulangkali, pelajarilah tauhid berulangkali, bacalah fikih ibadah berulangkali...dst.

Setiap pengulangan pasti ada tambahan faidah.
ilmu bertambah, pemahaman bertambah, hafalan bertambah, ketakwaan juga bertambah, insyaallah.

Jangan lupa, Ulangi...ulangi...dan ulangi.


oleh: Ustadz Abdurrahman Hadi, Lc حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى


via :Group WA Suara Al-Iman