Sabtu, 17 Juli 2021

Bismillah sore ini ada yg datang ke saya menanyakan ttg hewan kurban yg luka, kadarullah sapinya sudah ditawar oleh pengurus masjid ternyata ada tangan jahil yg melukainya. Utk menjawab pertanyaan itu saya cari fatwa ulama, saya temukan fatwa guru saya syekh abdul muhsin abbad ?

Bismillah sore ini ada yg datang ke saya menanyakan ttg hewan kurban yg luka, kadarullah sapinya sudah ditawar oleh pengurus masjid ternyata ada tangan jahil yg melukainya.  
Utk menjawab pertanyaan itu saya cari fatwa ulama, saya temukan fatwa guru saya syekh abdul muhsin abbad, : 
حكم الأضحية المجروحة منذ 2009-06-13 السؤال: انتشر بين الناس عندنا أن الأضحية إذا كان بها جرح فإنها لا تجزئ، فهل هذا صحيح؟ الإجابة: ========================= .. نص الإجابة: ليس بصحيح، فإذا كان هذا الجرح لم يترتب عليه مرض بين، فإنه لا بأس بها، وأما إذا كان ترتب على هذا الجرح أنها مرضت مرضاً بيناً فلا تجزئ؛ للحديث الذي مر: "المريضة البين مرضها".

رابط المادة: http://iswy.co/e42gv
Pertanyaan ; tersebar di kalangan masyarakat di kampung kami bahwa hewan qurban jika luka tidak sah (jadikan qurban) apakah ini benar : 
Jawaban syekh : 
Tidak benar. Apabila lukanya tidak mengakibatkan sakit yg nyata, maka tidak apa apa, adapun jika luka itu mengakibatkan sakit yg jelas sakitnya maka tidak sah. Berdasarkan hadis yg telah berlalu: hewan sakit yg jelas sakitnya. 

Semoga bermanfaat .
Ustadz Muhammad Elvi Syam