Minggu, 04 Agustus 2024

SYARAH USHUL AS-SUNNAHLIL IMAM AL-HUMAIDY rahimahullah(bagian 03)

FAWAID_DAURAH_ILMIYAH_SOLO
PONPES_IMAM_BUKHARI_SOLO

شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى

SYARAH USHUL AS-SUNNAH
LIL IMAM AL-HUMAIDY rahimahullah
(bagian 03)

Dijelaskan oleh Fadhilah Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaily hafizhahullah

Pondok Pesantren Imam al-Bukhari – Solo

ولو قيل إن هناك تشبيهًا لكان تشبيه بالموجودات أعظم تنزيهاً من تشبيه بالمعدومات. لكن نحن ننفي عن الله المشابهة، مشابهة المخلوقين في كل شيء. فإن ركب المكابرة وقال: أنا لا أقول إنه لا موجود ولا معدوم. قلنا: إن قلت إنه ليس بموجود ولا معدوم فهذا هو الممتنع، لأنه يمتنع أن يكون الشيء هو موجود معدوم. فالأشياء إما أن تكون موجودة أو معدومة. ففررت من تشبيهه بالموجودات والمعدومات وشبهته بالممتنعات. وفي النهاية سلم الخصم في هذه المحاجة المتدرجة التي تدل على صحة معتقد أهل السنة في هذا الباب. الشاهد أن هؤلاء لم يعرفوا الله. من لجأ في حاجته إلى غير الله لم يعرف ربه، ومن عطل صفات الله لم يعرف ربه، ومن شبه الله بخلقه لم يعرف ربه، ومن توجه لمخلوق يريد نصره ويريد أن يمده بشيء لا يملكه إلا الله فقد أشرك مع الله.

Jika dikatakan bahwa ada perumpamaan, maka perumpamaan dengan hal-hal yang ada lebih mulia daripada perumpamaan dengan hal-hal yang tidak ada. Namun, kami menolak adanya keserupaan pada Allah, keserupaan dengan makhluk-Nya dalam segala hal. Jika seseorang bersikukuh dan berkata: Saya tidak mengatakan bahwa Dia tidak ada atau tidak ada. Kami berkata: Jika Anda mengatakan bahwa Dia bukan ada atau tidak ada, maka itu adalah hal yang mustahil, karena mustahil sesuatu bisa menjadi ada dan tidak ada pada saat yang sama. Segala sesuatu baik ada atau tidak ada. Jadi, Anda lari dari menyamakannya dengan yang ada dan yang tidak ada, tetapi malah menyamakannya dengan hal yang mustahil. Pada akhirnya, lawan mengakui dalam argumen berjenjang ini yang menunjukkan kebenaran keyakinan Ahlus Sunnah dalam hal ini. Faktanya adalah mereka tidak mengenal Allah. Barang siapa yang memohon kebutuhannya kepada selain Allah, maka dia tidak mengenal Rabbnya. Barang siapa yang menafikan sifat-sifat Allah, maka dia tidak mengenal Rabbnya. Barang siapa yang menyamakan Allah dengan ciptaan-Nya, maka dia tidak mengenal Rabbnya. Barang siapa yang menghadap kepada makhluk untuk meminta pertolongan dan sesuatu yang hanya dimiliki oleh Allah, maka dia telah mempersekutukan Allah.

وإن رجع إلى المخلوق في شيء يملكه المخلوق، فإن كان يعتقد أن المخلوق يستقل بهذا النفع فقد وقع في الشرك، لأنه ما من مخلوق يؤدي إليك شيئاً من المعروف إلا وهو من الله، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم لابن عباس: "واعلم أن الأمة لو اجتمعوا على أن ينفعوك بشيء لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك، وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك، رفعت الأقلام وجفت الصحف". فهذا العلم العظيم العزيز، وهو أشرف علم يثمر التوحيد، ويسبر الإخلاص، ويثمر التوكل، ويثمر قوة اليقين، ويثمر الثبات على دين الله عز وجل حتى الممات.

Jika dia kembali kepada makhluk dalam sesuatu yang dimiliki oleh makhluk, dan dia meyakini bahwa makhluk itu memiliki manfaat tersebut secara mandiri, maka dia telah jatuh dalam kesyirikan, karena tidak ada makhluk yang memberikanmu sesuatu kebaikan kecuali itu dari Allah, seperti yang dikatakan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم kepada Ibnu Abbas: "Ketahuilah bahwa umat ini, jika mereka bersatu untuk memberikanmu manfaat dengan sesuatu, mereka tidak akan bisa memberimu manfaat kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tuliskan untukmu. Dan jika mereka bersatu untuk merugikanmu dengan sesuatu, mereka tidak akan bisa merugikanmu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tuliskan atasmu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering." Ilmu yang agung dan mulia ini, adalah ilmu yang paling mulia yang menghasilkan tauhid, mengukuhkan ikhlas, menumbuhkan tawakal, menguatkan keyakinan, dan meneguhkan keteguhan pada agama Allah عز وجل sampai mati.

والنوع الثاني: النوعية العلم، العلم بالشرع، وهو العلم بما شرع الله لنا من الأعمال الظاهرة والباطنة، نعلم حقائقها، وما تصح بها العبادات وما يبطلها من الأعمال. فنحقق الشروط والأركان والواجبات لكل العبادات، ونتجنب ما يفسد هذه العبادات مما يخل بشروطها وأركانها وواجباتها. وبهذا يتبين أن العلم الممدوح هو هذا العلم، علم بالرب، وعلم بالشرع. وما سوى ذلك من العلوم إما أن تكون من علوم الآلة التي هي وسيلة لفهم الشرع كعلم اللغة وعلم أصول الفقه وعلم أصول التحفيظ والمصطلح الحديث وسائر العلوم الآن التي تقرر على الطلاب هي من علوم الوسائل.

Jenis kedua: ilmu syar'i, yaitu ilmu tentang apa yang telah Allah syariatkan kepada kita dari amal-amal yang lahir dan batin, kita mengetahui hakikatnya, apa yang sah dengan amal tersebut dan apa yang membatalkannya. Kita melaksanakan syarat-syarat, rukun-rukun, dan kewajiban-kewajiban setiap ibadah, serta menghindari apa yang merusak ibadah ini dengan tidak memenuhi syarat-syarat, rukun-rukun, dan kewajiban-kewajibannya. Dengan demikian, terlihat bahwa ilmu yang terpuji adalah ilmu ini, ilmu tentang Allah, dan ilmu tentang syariat. Adapun selain itu dari ilmu-ilmu, mungkin itu adalah ilmu alat yang merupakan sarana untuk memahami syariat seperti ilmu bahasa, ilmu usul fiqh, ilmu usul tahfizh, ilmu musthalah hadits, dan ilmu-ilmu lainnya yang sekarang diajarkan kepada para siswa, itu adalah ilmu alat.

وأما العبادة فهي مقصودة لذاتها. ولهذا فيجب على طلاب العلم أن يعرفوا فضل طلب العلم ومقاصد العلم. ما هو المقصد الشرعي من طلب العلم؟ هو رفع الجهل عن النفس، وتحقيق عبادة الله تبارك وتعالى. ولابد أن تعين العلم المطلوب، وإلا سيأتي الإنسان في قراءة الكتب والتنقل بين التخصصات ولم يحصل العلم المطلوب. لابد من تحقيق الهدف. ما هو العلم الذي نطلبه؟ علم للرب تبارك وتعالى أو علم بالشرع. ولا تشغل الأمة ويشغل الطلبة بما يصرفهم عن هذا القصد. الآن الذين يشغلون الطلاب بالسياسة ومتابعة الأخبار، انشغل الطلاب بما حصل في البلد الفلاني وما حصل من الرئيس الفلاني والحرب التي وقعت في كذا. يشغلون الطلبة بهذه الأمور. ما هو نفع الطلاب؟ وانتفائهم بهذا؟ لا شيء إلا ضياع الأوقات.

Adapun ibadah, ia ditujukan untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, siswa ilmu harus mengetahui keutamaan mencari ilmu dan tujuan-tujuan ilmu. Apa tujuan syar'i dari mencari ilmu? Tujuannya adalah menghilangkan kebodohan dari diri sendiri dan melaksanakan ibadah kepada Allah تبارك وتعالى. Dan harus menentukan ilmu yang diinginkan, jika tidak, seseorang akan sibuk membaca buku-buku dan berpindah-pindah antara spesialisasi dan tidak mendapatkan ilmu yang diinginkan. Harus mencapai tujuan. Apa ilmu yang kita cari? Ilmu tentang Tuhan تبارك وتعالى atau ilmu tentang syariat. Jangan membuat umat sibuk dan siswa sibuk dengan apa yang mengalihkan mereka dari tujuan ini. Sekarang orang-orang yang membuat siswa sibuk dengan politik dan mengikuti berita, siswa sibuk dengan apa yang terjadi di negara tertentu dan apa yang terjadi dengan presiden tertentu dan perang yang terjadi di tempat tertentu. Mereka membuat siswa sibuk dengan hal-hal ini. Apa manfaat siswa? Dan apa manfaat mereka dari ini? Tidak ada kecuali membuang-buang waktu.

فينبغي لطلاب العلم أن يقبلوا على هذا العلم الشرعي، العلم الذي به تتحقق النجاة. وأما هذه الأمور الأخرى فلها أهلها. السياسة لها ولاة الأمر ومن يقوم بسياسة الأمة. في سائر الأمور الأخرى، كل مجال له أهله الذين يعنون به. سنتناول في هذه الدورة أصول السنة للإمام الجليل الحافظ الفقيه أبي بكر عبد الله بن الزبير بن عيسى بن عبد الله بن أسامة بن عبد الله بن حميد القرشي الأسدي الحميدي المكي. والإمام الحميدي من أجلة العلماء الذين أخذوا العلم عن كبار أئمة السلف، تلقى العلم عن سفيان بن عيينة، وغير ابن عياض، ومحمد بن إدريس الشافعي، ووكيع، وإبراهيم بن سعد، إلى غير ذلك من أئمة السلف. وروى عن الحميدي جماعة منهم الإمام البخاري في صحيحه، ومحمد بن يحيى الذهلي، وأبو حاتم وغيرهم. صنف الحميدي عدة مصنفات منها المسند والدلائل والرد على النعمان وكتاب التفسير. أثنى العلماء على الحميدي وأشادوا بمكانته العلمية وبمنزلته في العلم والفضل، فقال أبو حامد: "أثبت الناس في ابن عيينة الحميدي، وهو رئيس أصحاب ابن عيينة، وهو ثقة الإمام". وقال محمد بن إسحاق المروزي: "سمعت إسحاق بن راهويه يقول الأئمة في زماننا الشافعي والحميدي وأبو عبيد". وقال الحاكم: "كان البخاري إذا وجد الحديث عند الحميدي لا يعدوه إلى غيره". وقال ابن حبان: "كان صاحب السنة وفضل ودين". وقال يعقوب بن شيبة: "ما لقيت أنصح للإسلام وأهله منه". وقال الذهبي: "له جلالة في الإسلام". توفي الحميدي رحمه الله في مكة سنة تسعة مئتين، وقيل سنة عشرين ومئتين. ومن كتبه المشهورة أصول السنة، وهو هذا الكتاب الذي هو موضوع درسنا. 

Maka selayaknya bagi para penuntut ilmu harus menerima ilmu syar'i ini, ilmu yang dengannya keselamatan tercapai. Adapun hal-hal lainnya, itu ada ahlinya. Politik ada pada para penguasa dan yang mengurus urusan umat. Dalam hal-hal lainnya, setiap bidang ada ahlinya yang mengurusnya. Kami akan membahas dalam kursus ini tentang Usul Sunnah oleh imam besar, hafizh, dan faqih Abu Bakar Abdullah bin Zubair bin Isa bin Abdullah bin Usama bin Abdullah bin Humaid Al-Qurashi Al-Asadi Al-Al-Humaidi Al-Makki. Imam Al-Al-Humaidi adalah salah satu ulama besar yang mengambil ilmu dari para imam besar salaf, menerima ilmu dari Sufyan bin 'Uyainah, selain Ibn 'Ayyad, Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i, Waki', Ibrahim bin Sa'd, dan lain-lain dari para imam salaf. Ada ulama yang mengambil hadits yang diriwayatkan dari Al-Humaidi oleh sekelompok orang, di antaranya Imam al-Bukhari dalam shahihnya, Muhammad bin Yahya Ad-Dzahli, Abu Hatim, dan lainnya. Al-Humaidi menulis beberapa karya termasuk Musnad, Dalail, Rad 'ala An-Nu'man, dan Kitab At-Tafsir. Para ulama memuji Al-Humaidi dan memuji kedudukannya dalam ilmu dan kebajikan, Abu Hamid berkata: "Orang paling teguh di Ibn 'Uyainah adalah Al-Humaidi, dan dia adalah pemimpin para sahabat Ibn 'Uyainah, dia adalah imam yang tepercaya." Muhammad bin Ishaq Al-Marwazi berkata: "Aku mendengar Ishaq bin Rahawayh berkata: Para imam di zaman kita adalah Asy-Syafi'i, Al-Humaidi, dan Abu 'Ubaid." Al-Hakim berkata: "Jika Al-Bukhari menemukan hadits dari Al-Humaidi, maka beliau tidak akan beralih ke orang lain." Ibn Hibban berkata: "Dia adalah ahli sunnah dan kebajikan serta agama." Ya'qub bin Syaibah berkata: "Aku tidak pernah bertemu orang yang lebih jujur dalam Islam dan pengikutnya daripada dia." Adz-Dzahabi berkata: "Dia memiliki kedudukan tinggi dalam Islam." Al-Humaidi meninggal di Mekkah tahun 209 H, dan dikatakan tahun 220 H. 

وهذا الكتاب على وجازة عبارته واختصارها إلا أنه اشتمل على أصول عظيمة بينها الإمام الحميدي في هذا الكتاب. وعن الحميدي أخذ كثير من أهل العلم الذين صنفوا في كتب الاعتقاد في سرد أصول أهل السنة. فنبدأ بقراءة الكتاب ثم في التعليق عليه بما يفتح الله تبارك وتعالى به.

Di antara kitab-kitabnya yang terkenal adalah Usul Sunnah, yang merupakan subjek pelajaran kita. Kitab ini meskipun singkat dan ringkas, tetapi mencakup prinsip-prinsip besar yang dijelaskan oleh Imam Al-Humaidi dalam kitab ini. Dan dari Al-Humaidi banyak ahli ilmu yang menulis dalam kitab-kitab keyakinan tentang prinsip-prinsip Ahlus Sunnah. Kami akan memulai dengan membaca kitab ini kemudian berkomentar atasnya sesuai dengan apa yang Allah تبارك وتعالى berikan taufiq.

Lajnah Tafrigh Faedah Daurah - Mahad Imam Al-Bukhari Solo

#Daurah_Al_Ilmiyyah_Solo_Mahad_Imam_Al_Bukhari_Muharram1446H
Ustadz Zaki rakhmawan