Jumat, 30 Agustus 2024

Di Masjid Nabawi ada 4 Kajian yang membahas kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimy Rahimahullahu Ta'ala secara rutin,

Di Masjid Nabawi ada 4 Kajian yang membahas kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimy Rahimahullahu Ta'ala secara rutin,

1. Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad  (Terbaru - Setiap Jumat dan Sabtu Ba'da Magrib) usia beliau 91 tahun
 2. Syaikh Sholeh Al-Hudaitsy (Setiap Kamis dan Jumat Ba'da Magrib) usia beliau 89 tahun
3. Syaikh Sholeh Al-Abud  (Membahas Fathul Majid Syarh Kitab Tauhid, Setiap Ahad - Rabu Ba'da Magrib) usia beliau 86 tahun
4. Syaikh Sholeh As-Suhaimy (Setiap Ahad dan Senin Ba'da Magrib) usia beliau 78 tahun
 

Sedangkan di kampus UIM, rutin dibahas oleh Syaikhuna Gholib Ash-Shoidy setiap hari Ahad, Ba'da Magrib di Kuliah Syariah. 

Lihatlah para ulama kita, di usia mereka yang sudah Sepuh masih terus perhatian terhadap  kajian Kitab Tauhid, dan ana yakin mereka sudah berkali-kali mengkhatamkan kitab Tauhid, ini menunjukkan keberkahan kitab Tauhid dan juga menunjukkan akan pentingnya tauhid dalam kehidupan, dengan Tauhid akan diraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Syaikh Muhammad At-Tamimy Rahimahullahu di dalam Kitabnya membawakan sebuah ayat tentang Bab Keutamaan Tauhid,

Allah Ta’ala berfirman :
الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk" (QS. Al-An'am : 82)

Beliau juga membawakan Sabda Nabi Muhammad salallahu alaihissalam,
فإن الله حرم على النار من قال: لا إله إلا الله يبتغي بذلك وجه الله

"Sesungguhnya Allah mengharamkan atas neraka untuk membakar orang yang mengucapkan laa ilaaha illallaah, yang dengan itu ia mencari wajah Allah". (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikhuna Abdul Muhsin Al Abbad Hafidzahullahu berkata : Apa yang Syaikh Muhammad At-Tamimy tulis di Kitab Tauhid hampir mirip dengan apa yang ditulis oleh Imam Bukhari di bagian akhir Kitab Shahih Bukhari, yaitu Kitab Tauhid.

Kitab Tauhid Imam Bukhari ada 58 Bab
Kitab Tauhid Syaikh Muhammad At-Tamimy ada 66 Bab. 

Walaupun kajian tidak harus dengan kitab Tauhid untuk menyampaikan pembahasan Tauhid, karena pembahasan Tauhid bisa di masukkan di setiap bab.

Mari kita semangat untuk duduk di salah satu majelis mereka, sebagai bekal kita pulang untuk berdakwah di kampung halaman tercinta, atau bekal pulang ke kampung akhirat, berjumpa dengan Allah Ta'ala. 

Semoga hidup dan mati kita di atas Tauhid.

✍️Abu Yusuf Akhmad Ja'far, Lc

Kota Madinah, 13 Rabiul Awwal 1444 H