Minggu, 18 Agustus 2024

safar tanpa mahram

Saya nyerah..

Ada jama'ah nenek - nenek temen dari seorang ibu dosen yg belajar sama saya ingin ikut umrah bareng, namun qadarullah anak² dan mahramnya sibuk semua, dan saya bilang maaf bu dosen ga bisa kecuali umrah wajib saja bisanya, namun minta tetap ditanyakan pada saya. 

Alhamdulillah MBS-UMRAH dipercaya 2 orang ibu²  dosen senior yg satu Doktor, yg satu lagi Profesor kedokteran, semoga Allah berikan kemudahan beliau berdua keluarga dan teman²nya.

..

Pendapat yg telah lama saya pegang dalam masalah ini sebagaimana saya katakan hanya jika umrah atau haji wajib saja dengan syarat aman. Ya sudah akhirmya saya diskusi sama ust Ashim Abdurrahman bin Abdul Fattah awalnya, kaget juga kata beliau pendapat banyak ulama membolehkan bahkan ada yg mutlak safar thoat bukan hanya umrah dan haji. Beliau keilmuanya insyaallah telah diakui, dan pernah jadi asisten seorang guru kita DR. yg banyak bukunya tersebar.

Lalu saya cari dan lihat banyak video para masyayikh yg membolehkan salah satunya Syaikh Mustafa Aladawy hafidzahullah bisa cek disini :

https://youtu.be/QkkDF7f2MD4?si=T58iQO0NRf38Ueqj

Beliau berdalil dengan beberapa hal :

1.ini adalah pendapat jumhur madzhab 4:
2.Perbuatan Ibnu Umar bersama para wanita haji tanpa mahram
3.Perbuatan istri² Nabi di zaman Umar haji nafilah dan diizinkan Umar.

-  أَذِنَ عُمَرُ رَضيَ اللهُ عنه لأزْوَاجِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ في آخِرِ حَجَّةٍ حَجَّهَا، فَبَعَثَ معهُنَّ عُثْمَانَ بنَ عَفَّانَ، وعَبْدَ الرَّحْمَنِ بنَ عَوْفٍ..

    الراوي: عبدالرحمن بن عوف
    المحدث: البخاري
  
4.Perbuatan Aisyah safar ke Syam 
5.Secara usul: dalil Nabi melarang safar bagi wanita harus ditentukan ubudiyah atau ada maksud tertentu yg artinya ada illat tertentu? Jawaban yg benar adalah karena illat tertentu yaitu keamanan dan fitnah.
6.Hadits Nabi tentang keamanan di suatu zaman yg menyebabkan wanita safar dari rumahnya hiirah sampai thawaf di ka'bah tanpa rasa takut. Nabi disini sedang menceritakan "keamanan" dan sedang memuji zaman keemasan islam sehingga menguatkan dalil pembolehan, bukan sekedar khabar yg tak mengandung hukum halal haram sebagaimana khabar meninggikan bangunan di akhir zaman sebagai tanda kiamat. (Istidlal alhafidz Ibnu hajar menjawab pendapat Annawawi) :

روى البخاري من طريق عدي بن حاتم، قال: قال صلى الله عليه وسلم: (فإن طالت بك حياةٌ لترين الظعينة ترتحل من الحيرة حتى تطوف بالكعبة، لا تخاف أحداً إلا الله)[30].

قال النووي: ليس في كلِّ شيء أخبر النبي صلى الله عليه وسلم بأنه سيقع يكون محرَّما ولا جائزاً[31].

وأجاب ابن حجر عن هذا بقوله: وهو كما قال، لكن القرينة المذكورة تقوي الاستدلال به على الجواز[32]؛ حيث إنه خبرٌ في سياق المدح، ورفع منار الإسلام، فيحمل على الجواز([33]).

Berikutnya juga :
Ibnu umar adalah perawi yg meriwayatkan hadits tentang haramnya larangan wanita safar tanpa mahram, namun beliau membawa para wanita tanpa mahram berhaji bersama beliau :

Dari jalur Sa’id bin Manshur, ia berkata bahwa Ibnu Wahb, dari ‘Amr bin Al Harits, dari Bukair bin Asyja’, dari Nafi’ (bekas budak Ibnu ‘Umar), beliau berkata,
Dari jalur Sa’id bin Manshur, ia berkata bahwa Ibnu Wahb, dari ‘Amr bin Al Harits, dari Bukair bin Asyja’, dari Nafi’ (bekas budak Ibnu ‘Umar), beliau berkata,

كان يسافر مع عبد الله بن عمر موليات (له) (1) ليس معهن محرم،

Ini menunjukkan beliau memahami larangan Nabi bukan taabudiyyah namun karena maksud atau illat tertentu yaitu keamanan.
Dan sebuah hukum itu berjalan bersama illatnya, ada dan tiada, jika hilang illat maka hilang hukum.

Sebagaimana Aisyah ditanya :

Yunus (Ibnu Yazid), dari Zuhri, ia berkata, “Ada yang menanyakan pada ‘Aisyah—Ummul Mukminin—wanita, apakah betul seorang wanita tidak boleh bersafar kecuali dengan mahramnya?” ‘Aisyah menjawab,

ليس كل النساء تجد محرما

“Tidak setiap wanita memiliki mahram.”

Ana rasa ini sudah lebih dari cukup Wallahu a'lam

Dan ini pilihan syaikhul islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah.. kalo udah beliau aga sulit biasanya menyelisihi beliau - walau tidak maksum tentunya- namun karena kekuatan beliau dari segi ushul dan fiqh madzahib 4. 

واختار شيخ الإسلام ابن تيمية جواز سفر المرأة من دون محرم في كل سفر طاعة، إذا كانت في رفقة مأمونة تمنعها من أي اعتداء، أو إيذاء، واستظهر بعض فقهاء المالكية جواز سفر المرأة من دون محرم مطلقا، إذا كانت في رفقة مأمونة.

Walhamdulillah yg dengan nikmatNyalah sempurna kebaikan-kebaikan tambahan ilmu ini lebih bermanfaat insyaallah daripada tambahan jama'ah itu sendiri. Jazakumullah khairan..

Wabillahit taufiiq 

Mbs~

Seat akhir oktober masih ada 5
Wa.me/6281360599534