Senin, 19 Agustus 2024

Maka, apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), bersungguh-sungguhlah (untuk urusan yang lain).” (Surah al-Insyirah: 7)

“Maka, apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), bersungguh-sungguhlah (untuk urusan yang lain).” (Surah al-Insyirah: 7)

Maksudnya, apabila telah selesai suatu pekerjaan, atau telah berakhir suatu urusan, atau suatu rencana telah menjadi kenyataan, maka fanshob. Bangkitlah segera, dan bersungguh-sungguhlah untuk menyelesaikan pekerjaan, urusan, atau rencana yang lain pula. Dengan tetap menyadari bahwasannya segala pekerjaan yang telah selesai atau yang akan dimulai tidaklah terlepas dari kesulitan. Hanya saja, dalam kesulitan itu pasti ada kemudahan yang akan menyertainya, asalkan seseorang senantiasa berprasangka baik kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bertakwa dan bertawakkal kepada-Nya.

Ayat ini mengingatkan kita agar senantiasa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dalam keadaan tidur ataupun terjaga, dalam keadaan sibuk ataupun tidak melakukan apa-apa, waktu itu terus berjalan, dan tidak ada seorang pun yang mampu menahan. Sekalipun seluruh makhluk berkumpul untuk menghentikan matahari agar siang memanjang, niscaya mereka tidak akan mampu melakukannya. 

Maka, maksimalkanlah waktumu, dan jadikanlah kehidupanmu di dunia ini kehidupan yang penuh dengan kesungguhan dalam beramal, berbuat, bergerak untuk hal-hal yang bermanfaat bagi duniamu, lebih-lebih akhiratmu. 

Beginilah kehidupan insan yang berakal.

Ahmad Remanda 
Dikutip dari buku terbarunya, insya Allah.