Kamis, 26 Agustus 2021

Ijin brtnya , mengenai arwah seseorng yg bru mninggal. Slma 7 - 40hr. Wktu itu mmg ada kerabat ana yg tahlilan dan d stu sya mghormati mreka nmun ada satu kjdian yg dmna mmbuat ana bngung ada mkanan dan mnuman di tempat tdurnya. Sya tnya ini buat apa ?

Bismillah 
Assalamualaikum smoga ustadz dan kluarga senantiasa di berkahi oleh Allah 

Ijin brtnya , mengenai arwah seseorng yg bru mninggal. Slma 7 - 40hr. Wktu itu mmg ada kerabat ana yg tahlilan dan d stu sya mghormati mreka nmun ada satu kjdian yg dmna mmbuat ana bngung ada mkanan dan mnuman di tempat tdurnya. Sya tnya ini buat apa ? Jwb nya "buat mbahku kalau pgn mkan" tpi ana di stu diam sja dan msih bngung. Se pendek yg ana tau yg berkaitan dgn hal ghaib hrs ada pnjalsan dr Quran & Hadist Nabi. Apkha ada pnjelasannya ustadz mengenai hal tsb ? Barakallahu fiikum
Jawaban : 
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته 

Tidak benar menyediakan makanan seperti itu untuk mayit. Karena mayit sudah tidak makan dari makanan dunia. Di antaranya adalah berdasarkan hadis Rasulullah shalallahu alaihi wassalam 

إنَّ رُوحَ القُدُسِ نفثَ في رُوعِي ، أنَّ نفسًا لَن تموتَ حتَّى تستكمِلَ أجلَها ، وتستوعِبَ رزقَها
*Sesungguhnya Malaikat Jibril alaihi salam membisikkan ke hatiku bahwa suatu jiwa tidak akan mati sampai dia tiba pada ajalnya dan telah menghabiskan semua rezekinya di dunia.*

Adapun kumpul-kumpul pada hari kesekian pada keluarga mayit maka tidak boleh menurut madzhab Syafi'i rahimahullohu ta'ala, bahkan dianggap termasuk bid'ah.

Dalam kitab Fikih Manhaji ala Madzhabil Imam Syafi'i rahimahullohu ta'ala disebutkan:

ومن البدع ما يفعله أهل الميت من جمع الناس على الطعام بمناسبة ما يسمونه بمرور الأربعين ونحوه. وإذا كانت نفقة هذه الأطعمة من مال الورثة وفيهم قاصرون - أي غير بالغين - كان هذا الفعل من أشد المحرمات؛ لأنه أكل لمال اليتيم وإضاعة له في غير مصلحته
*Dan termasuk bid'ah juga adalah yang dilakukan keluarga mayit berupa mengumpulkan orang untuk diberi makanan pada acara yang mereka sebut berlalunya 40 hari atau semisalnya. Dan jika biaya makanan itu dari harta ahli waris yang di antara mereka ada anak-anak yang belum baligh (atau sudah baligh tapi akalnya kurang) maka perbuatan itu termasuk keharaman yang sangat, karena termasuk makan harta anak yatim dan menyia-nyiakannya tanpa maslahat.*

Imam Nawawi rahimahulloh menyebutkan dalam Minhajut Tholibin

ويحرم تهيئته للنائحات
*Dan diharamkan mempersiapkan makanan untuk orang yang berniyahah (orang yang datang berkumpul ke rumah keluarga mayit setelah mayit dikuburkan)*.

Wallohu a'lam
Grup usroh keluarga fiqh syafii