Minggu, 22 Agustus 2021

Aku pernah menyebutkan keburukan seseorang ketika bersama Iyas bin Mu'awiyah. Beliau lalu memandang tajam ke wajahku dan berkata, 'Pernahkah kau bertempur melawan Romawi?'

Sufyan bin Husain berkata, 

ذكرت رجلًا بسوء عند إياس بن معاوية، فنظر في وجهي، وقال: أغزوت الروم؟ قلت: لا، قال: فالسند والهند والترك؟ قلت: لا، قال: أفتسلم منك الروم والسند والهند والترك، ولم يسلم منك أخوك المسلم؟! قال: فلم أعد بعدها

"Aku pernah menyebutkan keburukan seseorang ketika bersama Iyas bin Mu'awiyah. Beliau lalu memandang tajam ke wajahku dan berkata, 'Pernahkah kau bertempur melawan Romawi?' Aku menjawab, 'Tidak.' Ia melanjutkan, 'Bagaimana dengan as-Sind, India dan Turki?' Aku kembali menjawab, 'Juga tidak.' Beliau pun berkata, 'Apakah kalangan Romawi, as-Sind, India dan Turki selamat darimu, sementara saudaramu sesama muslim tidak selamat darimu?!' Setelah itu, aku pun tidak mengulangi perbuatan tersebut." 

Ref.: al-Bidayah wan-Nihayah, vol. XIII, hlm. 121. 

Romawi, India, as-Sind dan Turki bukanlah negeri hunian kaum muslim pada masa itu. Adapun as-Sind maka saat ini merupakan bagian dari Pakistan daerah tenggara. 

Jika demikian respon Iyas bin Mu'awiyah pada waktu itu, maka bagaimana lagi sekiranya beliau sekarang mendengar seseorang menyebut saudaranya sesama muslim yang sebelumnya tertindas dengan keburukan, sementara agresor penindas justru selamat darinya? 

21/08/2021 
AdniKu