Ucapan beliau ini fakta adanya kalau 'ulamâ' khilâf, bahkan jumhûr ulamâ' mengatakan isbâl tidak haram jika tidak sombong.
Tapi perlu diingat ikhtilâf 'ulamâ' bukanlah hujjah.
. قال ابن عبد البر: الاختلاف ليس بحجة
Ibnu 'Abdil Bar berkata: Ikhtilâf ulamâ' bukanlah hujjah.
Ingat
Al-Adillatus Syar'iyyah ada 4:
- Al-Kitâb
- As-Sunnah
- Al-Ijmâ'
- Al-Qiyâs
Ikhtilâf bukanlah ijmâ'. Jika telah shahîh sebuah hadîts maka itulah madzhab yang harus dipegang. Jumhûr 'ulamâ' ditinggalkan qaulnya jika menyelisihi dalîl.
Dan bilâ jumhûr menyelisihi dalîl maka ditinggalkan.
Ibnul Qayyim rahimahullâh berkata:
ومن تأمل مذاهب العلماء قديما وحديثا من عهد الصحابة وإلى الآن، واستقرأ أحوالهم: وجدهم مجمعين على تسويغ خلاف الجمهور، ووجد لكل منهم أقوالا عديدة انفرد بها عن الجمهور، ولا يستثنى من ذلك أحد قط" انتهى من" زاد المعاد" (5/214).
"Dan barangsiapa merenungi madzhab-madzhab para 'ulamâ' terdahulu dan sekarang, dari zaman sahabat dan sampai sekarang, dan telah diselidiki ahwâl mereka, dan telah didapatkan mereka bersepakat di atas taswîgh khilâfil jumhûr (bolehnya menyelisihi jumhûr), dan telah ditemukan bagi setiap orang di antara mereka beberapa perkataan yang banyak bersendirian dengan ucapannya dari para jumhûr, dan sama sekali tidak ada seorangpun yang dikecualikan dari itu."
[Zâdul Ma'âd 5/214]
Ustadz dihyah abdusalam