Rabu, 04 September 2024

Saya seorang Hambali selama aku hidup dan selama aku mati *** maka wasiatku kepada manusia adalah menjadi seorang HambaliCatatan:Hambali yang dimaksud adalah mengikuti akidah Imam Ahmad bin Hanbal.

Syaikhul Islam Abu Isma'il al-Harawi berkata,

أنا حنبلي ما حييت وإن أمت  *** فوصيتي للناس أن يتحنبلوا

Saya seorang Hambali selama aku hidup dan selama aku mati *** maka wasiatku kepada manusia adalah menjadi seorang Hambali

Catatan:
Hambali yang dimaksud adalah mengikuti akidah Imam Ahmad bin Hanbal.

Pada tempat lain beliau berkata,

كُنْ إذا ما حادَ عن حدِ الهدى ** أَشْعَرِيُّ الرأي، شيطانُ البَشَر
=شافعيَّ الشرعِ، سُنِّيَّ الحُلى ** حنبليَّ العَقْدِ صوفيَّ السِّيَر

Makna perkataannya:
Jadilah seorang Sunni, mengikut mazhab Syafi'i secara syariat (fikih), Hambali secara akidah, dan Shufi secara suluk; jangan menjadi seorang Asy'ari [beliau menjulukinya sebagai setan] sehingga keluar dari petunjuk/hidayah.