Sabtu, 28 September 2024

Jangan sekali kali meninggalkan sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam

Jangan sekali kali meninggalkan sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam 

Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu berkata:

"Tidaklah ada suatu hal yang pernah dilakukan oleh Rasulullah ﷺ, kecuali aku akan melakukannya, tidak akan aku tinggalkan. Sesungguhnya aku khawatir jika aku meninggalkan sesuatu dari perintahnya, aku akan menyimpang (tersesat)"

[Minhaj as-Sunnah (4/233)]

Pelajaran Berharga dari atsar diatas :

1. Siapapun yang meninggalkan sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam atau bahkan Menyelisihi nya, maka ia terancam akan tersesat dan menyimpang

2. Ketika disampaikan ayat atau hadits maka kita harus 'sami'naa wa atho'naa', bukan malah menolak dengan akal, perasaan, dan hawa nafsu

Dengar lah peringatan Allah berikut ini :

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

"Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih." (QS. An-Nur: 63)

--------------------
Diizinkan copas, edit, merubah, dan share dengan nama pribadi
ustadz lutfi setiawan