FAWAID_DAURAH_ILMIYAH_SOLO
PONPES_IMAM_BUKHARI_SOLO
TABARUK – MENGAMBIL KEBERKAHAN DARI SELAIN NABI ﷺ
Dalam sesi soal jawab setelah selesai sesi kedua dari penjelasan kitab Ushul Sunnah lil Humaidy rahimahullah, Syaikh Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaily hafizhahullah ditanya:
يقول السائل: هل تحريم التبرك بغير النبي صلى الله عليه وسلم عام أم مقيد؟
Pertanyaan: Apakah larangan mengambil berkah dari selain Nabi Muhammad ﷺ bersifat umum atau khusus?
في التبرك بالأشخاص هو خاص بالنبي صلى الله عليه وسلم، وهو أنه يجوز التبرك بآثاره المتصلة به كريقه وفضل وضوئه وجبته وشعره عليه الصلاة والسلام. وهذا معروف من السنة وفعله بعض الصحابة رضي الله عنهم. ويوم حج النبي صلى الله عليه وسلم وحلق الحلاق شعره أعطاه جابر بن عبد الله وأمره أن يوزعه على المسلمين، وهذا للتبرك به.
Jawaban: Syaikh hafizhahullah berkata, “Mengambil berkah dari seseorang adalah khusus untuk Nabi Muhammad ﷺ . Diperbolehkan mengambil berkah dari hal-hal yang berhubungan dengan beliau ﷺ, seperti air liurnya, sisa wudhunya, jubahnya, dan rambutnya ﷺ . Hal ini diketahui dari as-sunnah dan telah dilakukan oleh beberapa sahabat radhiallahu’anhum. Ketika Nabi Muhammad ﷺ melakukan haji dan rambutnya dicukur, beliau ﷺ memberikan rambutnya kepada Jabir bin Abdullah radhiallahu’anhu dan memerintahkan untuk membagikannya kepada umat Islam, sebagai bentuk pengambilan berkah.
وأما غير النبي صلى الله عليه وسلم فلا يجوز التبرك بما اتصل بهم في التبرك بالريق والجبة والشعر؛ لأن هذا خاص بالنبي صلى الله عليه وسلم. وما عُرف أن أحدًا تبرك بأبي بكر أو بعمر أو عثمان أو علي أو أحدًا من الصحابة، بل كانوا يعلمون أن هذا خاص بالنبي صلى الله عليه وسلم. وقد ذكرت أحكام التبرك في فصل مستقل من كتاب "سبيل الرشاد في التبرك النافع"، وهو بركة العلم من العلماء ومن غيرهم.
Namun, selain Nabi ﷺ , tidak diperbolehkan mengambil berkah dari hal-hal yang berhubungan dengan orang lain, seperti air liur, jubah, atau rambut. Ini khusus untuk Nabi ﷺ . Tidak diketahui ada yang mengambil berkah dari Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, atau shahabat lainnya radhiallahu’anhum, karena mereka tahu bahwa ini khusus untuk Nabi ﷺ . Saya telah membahas hukum mengambil berkah dalam bab khusus dari buku "Sabīl ar-Rashād fī at-Tabaruk an-Nāfi'" (Telah dibahas dalam Daurah as-Syar’iyyah sebelumnya), yang menjelaskan tentang berkah ilmu dari para ulama dan lainnya.
والتبرك بعد موت النبي صلى الله عليه وسلم هو التبرك بهذا الدين؛ لأن هذا الدين فيه بركة وخير، والسنة فيها بركة. فيعمل بالأعمال الصالحة التي دلت النصوص على أنها خير وبركة، كذلك بعض الأوقات التي فيها بركة كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: "بورك لأمتي في بكورها". أوقات الصباح وقت الصباح فيه خير وبركة، لكن لا يقال تبركت في الصباح، بل هو هذا وقت مبارك ينتفع الإنسان بالعمل في هذا الوقت أكثر من الانتفاع بغيره من الأوقات.
Setelah wafatnya Nabi ﷺ , pengambilan berkah adalah melalui agama ini, karena agama ini memiliki berkah dan kebaikan, begitu pula as-sunnah. Maka, seseorang melakukan amalan sholih yang ditunjukkan dalam nash-nash dalil syar’i sebagai amalan yang baik dan berkah. Beberapa waktu juga memiliki keberkahan, seperti yang dikatakan Nabi ﷺ :
بُورِكَ لأُمَّتِي في بُكورِها
"Diberkati umatku dalam waktu paginya." (Shohih Abi Dawud no. 2606, Shohih al-Jami’ no. 2841)
Waktu pagi memiliki kebaikan dan berkah, tetapi tidak disebutkan sebagai mengambil berkah, melainkan sebagai waktu yang diberkati di mana seseorang mendapat manfaat lebih dari bekerja pada waktu ini dibandingkan waktu lainnya.
فإذا كان التبرك بالأشخاص وبآثارهم هو خاص بالنبي صلى الله عليه وسلم، وأما غيره فلا يتبرك بشيء من آثاره بعد موت النبي صلى الله عليه وسلم خاصة بعد هذه العصور بعد هذه القرون، فإنه لا يوثق بشيء مما هو في أيدي الناس اليوم. ويقولون: هذه شعرة النبي صلى الله عليه وسلم، وهذه سُبَّة النبي صلى الله عليه وسلم.
Jika pengambilan berkah dari orang dan hal-hal yang berhubungan dengan mereka khusus untuk Nabi ﷺ , maka tidak diperbolehkan mengambil berkah dari hal-hal yang berhubungan dengan orang lain setelah wafatnya Nabi ﷺ , terutama setelah berlalunya zaman dan abad ini, karena tidak dapat dipercaya bahwa hal-hal yang ada di tangan orang sekarang benar-benar berasal dari Nabi ﷺ . Beberapa orang mengklaim memiliki rambut Nabi ﷺ dan meletakkannya di dalam air, lalu menjual air tersebut dengan harga tinggi, mengatakan: "Ini telah disentuh oleh rambut Nabi ﷺ ."
ولهذا منع العلماء من التبرك بما ادُّعي أنه من النبي صلى الله عليه وسلم؛ لأنه لا يُتصور بقاء هذه الآثار إلى هذه المدة، أما في زمن النبي صلى الله عليه وسلم أو قريبًا منه، مما كان يُعلم بقاء الجبة وبقاء فكانوا يتبركون بذلك. لكن بعد هذه العصور لا يطمئن الإنسان بشيء مما يدعيه الناس اليوم خاصة أن بعض الناس أصبح يتكسب بما أنه من آثار النبي صلى الله عليه وسلم. فيأتي من يزعم أن لديه شعرة من شعر النبي صلى الله عليه وسلم ويضعها في ماء ويبيع الماء بغالية الثمن، يقول: هذا ما وُضع إشارة النبي صلى الله عليه وسلم. هذا أمر،
Para ulama melarang mengambil berkah dari hal-hal yang diklaim berasal dari Nabi ﷺ karena tidak dapat dipercaya bahwa hal tersebut masih ada hingga saat ini. Di zaman Nabi ﷺ atau tak lama setelahnya, masih diketahui keberadaan jubah dan hal-hal lain sehingga mereka mengambil berkah darinya. Namun, setelah berlalunya zaman ini, seseorang tidak bisa memastikan keaslian benda-benda tersebut, terutama karena beberapa orang mencari keuntungan dengan mengklaim memiliki benda-benda yang berhubungan dengan Nabi ﷺ .
الأمر الآخر أن التبرك بغيره أولى منه، وهو العمل بالسنة. ولهذا ما يُعرف عن أبي بكر الصديق، وهو أقرب الناس للنبي صلى الله عليه وسلم، أنه تبرك بآثار النبي صلى الله عليه وسلم أو بشعره أو بريقه أو بفضل وضوئه. هذا لا يُعرف أيضًا عن عمر ولا عن عثمان ولا عن علي مع كثرة مخالطتهم للنبي صلى الله عليه وسلم، بل ولا يُعرف عن إحدى أمهات المؤمنين. إنما ورد عن عائشة رضي الله عنها في مرض موت صلى الله عليه وسلم أنها أخذت سواك النبي صلى الله عليه وسلم ولينته له بريقها. فكانت تقول: مات النبي صلى الله عليه وسلم في دولتي وبين سحري ونحري؛ لأنه كان في حجرها عندما توفي عليه الصلاة والسلام وخالط ريقها ريقه. فهذا الذي ذُكر، وما سواه لا يُعرف أن أمهات المؤمنين كن يتبركن بفضل وضوئه أو بفضل غسله أو ببساطه أو بغير ذلك، دل على أن التبرك أولى منه.
Poin lainnya adalah pengambilan berkah yang lebih utama adalah dengan mengikuti sunnah Nabi ﷺ. Sebagaimana tidak diketahui bahwa Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallahu’anhu, yang paling dekat dengan Nabi ﷺ , mengambil berkah dari hal-hal yang berhubungan dengan Nabi ﷺ seperti rambutnya atau sisa wudhunya. Ini juga tidak diketahui dari Umar, Utsman, atau Ali radhiallahu’anhum, meskipun mereka sering bersama Nabi ﷺ , bahkan tidak dari istri-istri Nabi ﷺ .
Hanya disebutkan dari Aisyah radhiallahu’anha bahwa saat Nabi ﷺ sakit menjelang wafatnya, dia mengambil siwak Nabi ﷺ dan melembutkannya dengan air liurnya. Dia berkata: "Nabi ﷺ wafat dalam keadaan berada di rumahku dan di antara dadaku dan leherku," karena beliau ﷺ berada di pangkuannya saat wafat dan air liur Nabi ﷺ bercampur dengan air liurnya. Ini adalah yang disebutkan, selain itu tidak diketahui bahwa istri-istri Nabi ﷺ mengambil berkah dari sisa wudunya, sisa mandinya, atau lainnya, menunjukkan bahwa pengambilan berkah yang lebih utama adalah mengikuti sunnah.
فإذا كان هذا بالنبي صلى الله عليه وسلم فمن باب أولى أن لا يُلتفت إلى ما يُدعى الآن أنه من بركة الصالحين. بركات الصالحين في الانتفاع علمي إذا كانوا من العلماء وبالتأسي بهم في العبادة إذا كانوا من الصالحين. وكنا مرة في مجلس الشيخ ابن عثيمين رحمه الله في المسجد الحرام، وكان بعض الزوار من أهل الجهل، إذا انصرف الشيخ من الدرس تكالبوا عليه، وهذا يمسح بيده على شمال الشيخ وعلى ثوبه. كان الشيخ ينهاهم عن هذا الأمر. في درس من الدروس تكلم عن هذا الموضوع، قال: إن بعض الناس يفعل كذا وكذا، وهذا لا يجوز. فقال أحدهم: يا شيخ، نريد البركة. فقال له الشيخ ابن عثيمين: البركة في العلم ليست في شماغي، البركة في العلم ليست في شماغي، هذا الشماغ ما فيه بركة، البركة أصل العلم. لا يجوز التبرك بلباس أحد أو بريقه بعد النبي صلى الله عليه وسلم حتى في تحنيك الصغار. كان النبي صلى الله عليه وسلم كالصبيان كما حنك عبد الله بن الزبير وأخذ تمرة ومضغها ثم وضعها في فيه. فقال بعض العلماء: التحنيك خاص بالنبي صلى الله عليه وسلم لأن في ريقه بركة. أما بعد ذلك فلا يُحنك الصغار. هذا قول لبعض أهل العلم، وإن كان فريق آخر من أهل العلم قالوا: يجوز التحنيك لأن المقصود بالتحريك ليس هو التبرك، وإنما هو كانت التمرة للصبي حتى توضع في فيه. فالشاهد أن من أهل العلم من منع من هذا الأمر حتى لا يأتي من يقول: أنا نفرك الصغار بريق بعض الصالحين. فهذا مما يتفق عليه العلماء أنه لا يجوز التبرك بأحد من الصالحين، لا في لباسه ولا في بساطه ولا بفضل وضوئه. لأن الناس بعد النبي صلى الله عليه وسلم يذنبون ويطيعون، فكما أنك أنت تذنب فهذا الذي تتبرك به يذنب. أما الذي كان عمله كله خير، قد اصطفاه الله عز وجل فهو رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Jika ini berlaku untuk Nabi ﷺ , maka lebih utama lagi untuk tidak memperhatikan apa yang diklaim sebagai berkah dari orang-orang saleh. Berkah dari orang-orang shalih adalah melalui manfaat ilmu mereka jika mereka adalah ulama, dan mencontoh ibadah mereka jika mereka adalah orang shalih.
Pernah suatu kali di majelis Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah di Masjidil Haram, beberapa pengunjung yang tidak berpengetahuan, setelah majelis selesai, mereka berdesakan mendekati Syaikh, ada yang menyentuh tangannya, ada yang menyentuh jubahnya. Syaikh melarang mereka melakukan hal tersebut. Dalam salah satu pelajaran, beliau rahimahullah berbicara tentang masalah ini dan berkata: "Beberapa orang melakukan ini dan itu, dan ini tidak diperbolehkan." Salah seorang berkata: "Ya Syaikh, kami ingin berkah." Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata: "Berkah itu ada pada ilmu, bukan pada syal saya. Syal ini tidak memiliki berkah, berkah ada pada ilmu."
Tidak diperbolehkan mengambil berkah dari pakaian seseorang atau air liurnya setelah Nabi ﷺ , bahkan dalam mengunyah makanan untuk bayi. Nabi ﷺ mengunyah kurma untuk Abdullah bin Zubair dan meletakkannya di mulutnya. Beberapa ulama mengatakan bahwa mengunyah makanan untuk bayi khusus bagi Nabi ﷺ karena air liurnya membawa berkah. Setelah itu, tidak diperbolehkan mengunyah makanan untuk bayi. Ini adalah pendapat sebagian ulama, meskipun sebagian lainnya mengatakan bahwa mengunyah makanan diperbolehkan karena tujuannya bukan untuk mengambil berkah, melainkan untuk memberikan makanan yang telah dilunakkan kepada bayi.
Intinya, sebagian ulama melarang hal ini agar tidak ada yang mengatakan bahwa mereka mengunyah makanan bayi dengan air liur orang-orang saleh. Para ulama sepakat bahwa tidak diperbolehkan mengambil berkah dari seseorang setelah Nabi ﷺ , tidak dari pakaian mereka, tidak dari karpet mereka, atau dari sisa wudu mereka. Karena setelah Nabi ﷺ , manusia berdosa dan taat, sebagaimana kamu berdosa, begitu juga mereka yang kamu ambil berkah darinya. Sementara itu, Nabi ﷺ , seluruh amalnya adalah kebaikan, Allah telah memilihnya dan dia adalah Rasulullah ﷺ .
Lajnah Tafrigh Faedah Daurah - Mahad Imam Al-Bukhari Solo
#Daurah_Al_Ilmiyyah_Solo_Mahad_Imam_Al_Bukhari_Muharram1446H
Ustadz Zaki rakhmawan