Kamis, 01 Agustus 2024

ITU NAMANYA SYAFAAT BUKAN MEMINTA-MINTA AKHI

ITU NAMANYA SYAFAAT BUKAN MEMINTA-MINTA AKHI

Para pengurus mesjid/mushalla, pondok/mahad buka donasi untuk pembangunan mesjid atau Pondoknya, tetiba Dengan lantang ada yang mencerca dan mencela dengan ucapan :  tukang minta-minta ..! serta kalimat negatif lain nya. 

Maka Kita katakan kepada mereka : sebentar  anda jangan terlalu buru-buru. 

anda perlu tahu orang yang membuka donasi untuk masjid/mushalla ma'had/pondok berpegang dengan fatwa ulama. 

Syaikh bin baaz adalah seorang mufti saudi Arabia semasa beliau hidup, pernah ditanya mengenai hal ini. 

*Pertanyaan : *
_Jika seseorang meminta akan tetapi untuk dakwah seperti membangun masjid atau…?_

*Jawaban:*
_Ini adalah merupakan syafaat/ perantara kepada ahlul khair (orang berharta) untuk mengajak mereka kepada kebaikan,  untuk membangun mesjid atau kepada orang-orang  untuk membeli kitab agar dibagikan kepada penuntut ilmu atau membangun sekolah, ini masuk ke dalam firman Allah : 

مَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً [النساء:85].

“barang siapa yang memberikan syafaat(perantara ) yang baik”. (An Nisa 85).

Pokok fikiran :
- dari sini orang-orang yang mencela dan memaki pengurus yang membuka donasi bagusnya yang ia maki-maki dan cela terlebih dulu adalah syaikh binbaz karena dengan fatwanya tersebut menyebabkan para pengurus mesjid atau pondok membuka donasi untuk kebutuhan masjid dan pondoknya, ayo caci Syaikh bin baz berani ga ...? 

- Kalau dibandingkan untuk kita yang awam ini mana yang selamat ikut pendapat 'alim seperti syaikh bin BAZ atau ikut pendapat antum yang suka mencela dan memaki. . ? 

- kalau sekiranya ada dua 'alim yang berbeda dalam masalah ini (membuka donasi untuk masjid, pondok atau amal kebaikan lainnya) apakah halal orang yang memilih pendapat yang berlawanan dengan pendapat ulama yang anda pilih untuk anda cela dan maki-maki.. ? 

- Syaikh bin baaz membedakan antara meminta untuk pribadi dengan meminta untuk dakwah, dimana beliau menyebutkan meminta untuk dakwah adalah bentuk syafaat atau mengajak orang utk berbuat kebaikankebaikan, yang mana hal itu dianjurkan dalam syariat. 

Waffaqanaallahu wwaiyyakum likulli maa yuhibbu wayardha. 

Oiya ini Naskah asli nya kami SS juga sekalian biar gampang baca nya barangkali internet disan lelet. Waffaqanaallahu waiyyakum. 

هذه شفاعة لأهل الخير يدعوهم فيها إلى الخير، فيشفع لمَن يعمرون مسجدًا، أو للذين يشترون كتبًا ليُوزِّعوها على الطلبة، أو في بناء مدرسة، فهذا داخلٌ في قوله: مَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً [النساء:85].

mau baca langsung ke Sumber web nya Syaikh bin baaz juga bisa ada rekaman suara beliau juga : https://binbaz.org.sa/fatwas/28828/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D9%85%D9%86-%D9%8A%D8%B3%D8%A7%D9%84-%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%A7%D9%84-%D9%85%D9%86-%D8%A7%D8%AC%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%AF%D8%B9%D9%88%D8%A9-%D9%88%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%B3%D8%A7%D8%AC%D8%AF
https://www.facebook.com/share/p/QMjQKzUNEKfHRnVz/?mibextid=oFDknk