Minggu, 08 September 2024

Salah satu ulama yang berpendapat tidak disyariatkannya umrah berkali-kali dalam satu safar - Ibnu 'Utsaimin rahimahullaah

Salah satu ulama yang berpendapat tidak disyariatkannya umrah berkali-kali dalam satu safar - Ibnu 'Utsaimin rahimahullaah 

وسئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله :

بعض الناس يأتي من مكان بعيد لهدف العمرة إلى مكة ، ثم يعتمرون ويحلون ، ثم يذهبون إلى التنعيم ثم يؤدون العمرة ، يعني : في سفره عدة عمرات ، فكيف هذا ؟

فأجاب :

"هذا بارك الله فيك من البدع في دين الله ؛ لأنه ليس أحرص من الرسول صلى الله عليه وسلم ولا من الصحابة ، والرسول صلى الله عليه وسلم كما نعلم جميعاً دخل مكة فاتحاً في آخر رمضان ، وبقي تسعة عشر يوماً في مكة ولم يخرج إلى التنعيم ليحرم بعمرة ، وكذلك الصحابة ، فتكرار العمرة في سفر واحد من البدع" انتهى .

لقاء الباب المفتوح - (121 / 28) .

Syaikh Ibnu 'Utsaimin -rahimahullah- ditanya:

Sebagian orang datang dari tempat yang jauh dengan tujuan umrah ke Mekah, lalu mereka melakukan umrah dan tahallul, kemudian pergi ke Tan'im untuk melakukan umrah lagi, sehingga dalam satu perjalanan mereka melakukan beberapa umrah. Bagaimana hal ini?

Beliau menjawab:

"Ini, semoga Allah memberkatimu, termasuk bid'ah dalam agama Allah. Sebab, mereka tidak lebih bersemangat daripada Rasulullah ﷺ atau para sahabat. Rasulullah ﷺ, seperti yang kita semua ketahui, memasuki Mekah sebagai penakluk pada akhir Ramadan, dan beliau tinggal selama 19 hari di Mekah, tetapi tidak keluar ke Tan'im untuk berihram melakukan umrah. Begitu pula para sahabat. Jadi, mengulangi umrah dalam satu perjalanan adalah bid'ah."

(Liqa' Al-Bab Al-Maftuh, 121/28).
Ustadz noor akhmad setiawan