Rabu, 11 September 2024

KISAH AL-ALLAMAH Syaikh MUQBIL BIN HADI AL-WADI'I DAN SAHABAT BELIAU AL-ALLAMAH Syaikh MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB AL-WUSHOBI -رحمهما الله-

KISAH AL-ALLAMAH Syaikh MUQBIL BIN HADI AL-WADI'I DAN SAHABAT BELIAU AL-ALLAMAH Syaikh MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB AL-WUSHOBI -رحمهما الله-

Dalam muqoddimah Kitab Al-mufiid syarah Al-Qoulul Mufiid karya Al-Allamah Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushobi رحمه الله تعالى  

Syaikhuna Muhammad bin Sholah Al-Yafi'i حفظه الله تعالى menceritakan kisah sang penulis kitab yaitu guru beliau Al-Allamah Muhammad bin Abdul Wahab Al-Wushobi رحمه الله تعالى. 

Syaikh Al-wushobi رحمه الله termasuk diantara ulama nya negeri Yaman, beliau dahulunya belajar kepada para ulama zaman ini seperti Syaikh Ibnu Baz, Syaikh Al-Utsaimin, Syaikh Al-Albani, Syaikh Al-Wadi'i, Syaikh Al-Fauzan dan selain nya.

Bahkan Al-Imam Muqbil Al-Wadi'i رحمه الله tidak menganggap beliau seperti murid/penuntut ilmu yang lainnya. Beliau rahimahullah menganggap Syaikh Al-Wushobi sebagai seorang Sahabat. Sampai² beliau mengatakan: 

"Tidak ada yang boleh mengisi Dars(pelajaran) antara maghrib dan Isya kecuali Al-Wushobi"

Subhanallah, dan diceritakan oleh Syaikhuna Muhammad Sholah bahwa di darul hadits dammaj ketika itu Guru beliau Syaikh Muqbil biasa mengajar para thullab antara maghrib dan Isya di Maktabah 'Aam (perpustakaan) dan Syaikh Al-Wushobi mengajar di Sakan Tullab (asrama) Al-Mutazawwijin.

📌"APAKAH AKU TETAP DUDUK MENUNTUT ILMU ATAU KEMBALI KE KAMPUNG ?"

Kemudian Syaikh Muhammad Sholah Al-Yafi'i beliau menceritakan suatu kisah dan beliau sangat ingat kisah ini.

Suatu ketika Syaikh Al-Wushobi bertanya kepada Syaikh Muqbil:

"Yaa Syaikh. Para penduduk dikampungku Hudaidah memintaku untuk balik ke kampung, dikarenakan orang² dari Ashab Jam'iyyat akan mengambil alih dan menguasai masjid² disana. Apakah saya kembali saja atau tetap duduk disini menuntut ilmu?"

Apa kata Syaikh muqbil: "Ijlis wathlubul ilm" (duduk dan tetaplah menuntut ilmu)

Kemudian Al-Wushobi berkata kembali: "lantas bagaimana dengan masjid² yang akan diambil alih oleh mereka (ashab jam'iyyah)?

Syaikh Muqbil menjawab: "Biarlah Masjid² itu diambil oleh mereka, bahkan sekalipun Para Syaithon yang mengambilnya tidak masalah. Itu masjid punya Allah, bukan punyamu !"

Subhanallah. Kemudian Tinggal lah Syaikh Al-Wushobi di Markiz Dammaj bersama Syaikh Muqbil kurang lebih 4 tahun, kemudian beliau kembali ke kampung beliau di Hudaidah. Dan Masjid² disana Sudah dikuasai oleh orang² tersebut. Hingga Syaikh Al-Wushobi terus berdakwah dan berdakwah menyebarkan ilmu hingga kembalilah masjid² tersebut ketangan Ahlus Sunnah wal-Jamaah. Bahkan dikatakan tidak ada satupun masjid disana kecuali masjid tersebut diatas Manhaj Ahlus sunnah wal jamaah. Walhamdulillah.

📌Diantara pujian ulama kepada Syaikh Al-Wushobi rahimahullah 

¹. Berkata Syaikh Al-Allamah Ubaid Al-Jabiri rahimahullah: "Syaikh Muhammad (Al-Wushobi) adalah seorang yang berilmu, ahlus sunnah dan beliau orang yang berakal"

². Syaikh Al-Allamah Robi' bin Hadi Al-Madkholi Hafizhahullah: "Al-Wushobi termasuk diantara kibar ulama negeri yaman"

نحسبه كذالك والله حسيبه رحمه الله رحمة واسعة 

Begitu juga dengan guru kami Syaikhuna Al-Allamah Abdullah bin Mar'i Al-Adeni حفظه الله تعالى (pimpinan Markiz Fuyusy & Syihr) 

 sebagaimana yang beliau ceritakan kisah rihlah beliau bersama saudara beliau Al-Allamah Abdurrahman bin Mar'i rahimahullah di Markiz Dammaj beliau juga belajar dan duduk dimajelis Syaikh Al-Wushobi rahimahullah, seperti Aqidah Thohawiyah dan durus Aqidah yang lain nya.
Wallahu a’lam_____//

✍️أخوكم الفقير محمد رافع الإندونيسي 
هذا السبت من دار الحديث بالفيوش حرسها الله
Ustadz ihsan abu abdillah