Selasa, 23 Juli 2024

Taubatnya Syeikh Ali Tanthawi dari aqidah Asya'irah

Taubatnya Syeikh Ali Tanthawi dari aqidah Asya'irah®

Setelah beberapa tahun lalu saya mengisahkan tentang taubatnya Syeikh Khalil Haras dari aqidah Asya'irah kemudian rujuk kepada aqidah ahlis sunnah. 

Kali ini mari kita simak bersama apa yang ditorehkan oleh  Syeikh Ali Tanthawi, 

" لقد وجدت أن الذي أسمعه منه يصدم كل ما نشأت عليه ، فقد كنت في العقائــد على ما قرره الأشاعرة والماتريدية ، وهو شيء يعتمد في تثبيت التوحيـد من قريب أو بعيد على الفلسفة اليونانية ، وكنت موقناً بما ألقوه علينا ، وهو أن طريقة السلف في توحيد الصفات أسلم ، وطريقة الخلف أحكم ، فجاء الشيخ بهجة يقول: (بأن ما عليه السلف هو الأسلم ، وهو الأحكم) ... وكنت نشأت على النفرة من ابن تيمية والهرب منه ؛ بل وبغضه ، فجاء يعظمه لي ، ويحببه إليّ ، وكنت حنفياً متعصباً للمذهب الحنفي ، وهو يريد أن أجاوز حدود التعصب المذهبي ، وأن اعتمد على الدليل ، لا على ما قيل ... وتأثرت به ، وذهبت مع الأيام مذهبه مقتنعاً به ، بعد عشرات من الجلسات والسهرات في المجادلات والمناظرات."

"Aku mendapati ajaran yang aku dengar dari beliau (Syeikh Muhammad Bahjat Al Baithar) telah meruntuhkan semua yang telah aku pelajari sejak kecil.

Dalam masalah aqidah aku mengikuti apa yang ditetapkan oleh Asya'irah dan Maturidiyah. Ia adalah sebuah doktrin yang didalam penetapan tauhid, sedikit ataupun banyak, sangat bersandar kepada filsafat Yunani.

Dahulu kami sangat meyakini apa yang diajarkan kepada kami. Yaitu bahwa metode salaf di salam asma' was sifat itu aslam/ lebih selamat. Dan metode khalaf lebih ahkam/ lebih bijak.

Lantas datanglah Syeikh Bahjat Al Baithar menyatakan bahwa metode salaf itu aslam dan ahkam.

Dulu aku tumbuh diatas doktrin yang memerintahkan untuk menjauhi dan menghindari Ibnu Taimiyyah, bahkan membencinya. Lantas datanglah Syeikh Bahjat Al Baithar mengagungkan beliau di hadapanku dan menanamkan rasa cinta dalam diriku kepada Ibnu Taimiyyah.

Dahulu aku adalah seorang Hanafi yang fanatik terhadap madzhab Hanafi. Lantas beliau menginginkan agar aku melewati batasan fanatik madzhab. Dan agar aku senantiasa bersandar kepada dalil, bukan bersandar kepada ucapan yang disampaikan.

Akupun terpengaruh oleh beliau, seiring hari berlalu aku mengikuti madzhab beliau dan merasa mantap dengannya. Setelah melewati puluhan majlis, puluhan perdebatan serta diskusi."

(Rijalun Minat Tarikh : 414 oleh Syeikh Ali Tanthawi).

NB : Syeikh Muhammad Bahjat Al Baithar adalah salah seorang ulama ahlis sunnah dari negri Syam yang sering dipuji oleh Syeikh Al Albani rahimahumullah.
https://www.facebook.com/share/sKQgxEtVzEtS1Ho5/?mibextid=oFDknk