Jumat, 26 Juli 2024

Syaikh al-Albaniy rahimahullah berkata,الغاية تبرر الوسيلة قاعدة يهودية" 'Tujuan membolehkan wasilah' itu adalah kaidah Yahudi."

Tidak boleh bagi antum untuk mengundang pengisi kajian yang tidak bermanhaj salaf, walaupun antum berargumen bahwa: "Ini kita lihat ada manfaatnya juga, yaitu pengisi kajian lainnya yang bermanhaj salaf yang kami undang akhirnya jama'ah kajiannya menjadi lebih banyak setelah kami mengundang pengisi kajian yang tidak bermanhaj salaf tersebut."

- Inilah prinsip harokiyyin: "Yang penting banyak manusia bersama kita, tidak peduli akidah dan manhajnya seperti apa."

- Inilah penerapan prinsip "Tujuan membolehkan wasilah." Sehingga walaupun wasilah atau cara yang ditempuh tersebut tidak sesuai dengan rambu-rambu syari'at, maka mereka akan mencari 1000 dalih untuk membenarkan wasilah tersebut. Syaikh al-Albaniy rahimahullah berkata,

الغاية تبرر الوسيلة قاعدة يهودية

"'Tujuan membolehkan wasilah' itu adalah kaidah Yahudi."

- Inilah bukti bahwa niat baik saja itu tidak cukup. Harus dilihat juga apakah tata cara dalam berdakwah tersebut sudah benar atau tidak menurut syari'at. Tidak hanya niat saja yang diperhatikan.

Dan bagaimana caranya agar kita mengetahui tata cara yang benar dalam berdakwah? Ya belajar yang benar terlebih dahulu sebelum berdakwah!

- Inilah contoh dakwah yang tidak sesuai dengan manhaj dakwahnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

قُلْ هَٰذِهِۦ سَبِيلِىٓ أَدْعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا۠ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِى

"Katakanlah (wahai Rasul), 'Ini adalah jalanku. Aku berdakwah kepada Allah di atas bashirah (ilmu), aku dan orang-orang yang mengikutiku.'" [Surat Yusuf: 108]

Dakwah di atas ilmu, itulah jalannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan orang-orang yang mengikuti beliau.

Dakwah itu harus dibangun di atas ilmu agar dakwah tersebut berkah. Kalau kita berdakwah kemudian melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syari'at Allah dalam metode dakwah kita tersebut, lalu keridhaan siapa yang kita harapkan?

Mengharapkan keridhaan Allah sembari melakukan hal yang diharamkan oleh Allah? Atau yang sebenarnya kita harapkan adalah keridhaan manusia?

Menyelenggarakan kajian "lintas manhaj" jelas bukan merupakan dakwah yang dibangun di atas ilmu.

Menyelenggarakan kajian dengan banyaknya ikhtilath antara laki-laki dan perempuan dalam satu ruangan tanpa pembatas yang layak, jelas bukan merupakan dakwah yang dibangun di atas ilmu.

Menyelenggarakan kajian dan menampilkan akhawat dalam poster dan video promosi kajiannya, jelas bukan merupakan dakwah yang dibangun di atas ilmu.