Minggu, 21 Juli 2024

SEGERA MENIKAH!

SEGERA MENIKAH!

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

"Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka hendaklah ia menikah, karena hal itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu akan menjadi perisai baginya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Nasihat dari hadits ini adalah:

1. Segera Menikah Jika Mampu: Jika kamu sudah memiliki kemampuan secara fisik, finansial, dan emosional, segeralah menikah. Menikah dapat membantu menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan dari perbuatan yang tidak diinginkan.

2. Berpuasa Jika Belum Mampu: Jika belum mampu menikah, Rasulullah menganjurkan untuk berpuasa. Puasa bisa membantu menahan diri dari hawa nafsu dan menjaga diri dari godaan.

Semoga hadits ini bisa menjadi pengingat dan dorongan untuk segera menikah bagi yang sudah mampu, serta menjaga diri dengan cara yang dianjurkan oleh Rasulullah bagi yang belum mampu.

Foto: Pantai Gesing pagi ini bersama sahib kami Dr. Saifudin Hakim dan para Mas Joko yang mengikuti dauroh jomlo 20-21 Juli 2024 ini.
Ustadz Dr Muhammad Abduh tuasikal