Rabu, 03 Juli 2024

PENGALAMAN PERTAMA

PENGALAMAN PERTAMA 

Lagi cari sesuatu ternyata lihat buku biru ini di atas mesin jahit Ibu Mertua hafizhahallahu. Ternyata beliau masih menyimpan buku lawas ini. 

Seinget ane, ini buku terjemahan pertama yang dicetak. Kalau lihat tahunnya (1426-2005), berarti saat itu masih sekitar semester 4 atau 5 Syariah LIPIA. Dah hampir 20 tahun lalu ternyata. Penerbitnya waktu itu didanai oleh Abu Ammar rahimahullahu, sebagai ownernya dan 'pemilik' Mahad Mar'ah Shalihah Cimanggis. 

Buku ini pernah dibedah sama seorang Ustadz hafizhahullahu di Bekasi waktu itu. Kata seorang informan, Ustadz tersebut mengatakan, "Ada beberapa kekeliruan dan penerjemahnya ndak terkenal." Respon ane, "Bener beliau." Hehee

Pada awal² seorang menerjemahkan tulisan atau buku pasti ada banyak kekeliruan, dan itu wajar. Seiring berlalunya waktu, pasti hasil terjemahan seorang penerjemah akan semakin membaik. Hanya saja, pasti hasilnya tidak akan luput dari kesalahan dan kekeliruan. Selamanya. Abadan. Entah dari sisi ini atau itu-nya. 

Terus awal² saat tiba di Dammam, ane pernah telpon Abu Ammar rahimahullahu langsung dan minta izin untuk dicetak ulang di sana dan beliau pun mengizinkan. Tetapi hingga hari ini -qodarullah- belum terwujudkan niat baik tersebut. Mungkin bagus bila diedit ulang terlebih dahulu lalu dicetak kembali. Terus dibedah sendiri. Heheee. Pengen sih. Semoga Allah mudahkan. Bit-taufiq.