Jumat, 17 November 2023

belajar ilmu hadits

Bagi antum yg belajar ilmu hadits, utk mentashihkan suatu hadits itu tidak cukup hanya melihat kepada selamatnya sanad secara zhohirnya. Namun perhatikan juga, apakah ada illat tersembunyi pada sanad dan matannya atau tidak ? Karena di sana terkadang terdapat kekeliruan dari seorang yg tsiqoh, karena sifat manusianya. Oleh karenanya, hendaknya di perhatikan dengan seksama dan cermat dengan mengikuti langkah² yg telah di tetapkan oleh Ulama hadits utk dapat mengetahui ilat khofiyah (illat tersembunyi) dari suatu hadits yg shohih. 

Berikut kami nukilkan langkah² yg harus di lakukan oleh penuntut ilmu hadits utk dapat mengetahui illal hadits, sebagaimana yg di jelaskan oleh guru kami Abul Hasan Ali Jaaddullah di dalam mudzakkiroh beliau "Ilmu Mustholahul Hadits" :

1. Melakukan takhrij hadits dan mengumpulkan seluruh jalan²nya
2. Menulis sanad dalam bentuk peta (khorithoh).
3. Menentukan perawi yg menjadi sumber porosnya (madar) hadits.
4. Menentukan perbedaan pada matan² dan sanad²nya.
5. Mengetahui keadaan para perawi secara jarh dan ta'dilnya serta kekhususan² padanya.
6. Mengetahui pendapat ahli ilal hadits pada riwayat tersebut.
7. Menggabungkan seluruh riwayat jika memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, maka di ambil jalan tarjih dengan melihat kepada petunjuk dan indikasi yg ada.
8. Mengetahui fiqih perawi pada perkara terkait dan madzhab penduduk negrinya yg semua itu dapat membantu kita utk dapat mengetahui ilal.

Demikian, semoga bermanfaat.

Pesan kami:

Bagi tholib yg belajar ilmu hadits sangat di tekankan sekali utk mempelajari ilmu ilal hadits ini dan memahaminya, agar ia tidak keliru di dalam menshahihkan atau mendho'ifkan suatu hadits. Dan ilmu ini di pelajari setelah ia memahami ilmu mustholah hadits, ilmu takhrij, dan ilmu jarh wa ta'dil. Karena ilmu ilal hadits ini merupakan puncaknya ilmu hadits dan yg paling sulit, yg menjadi penyempurna bagi tingkatan² ilmu hadits sebelumnya. Oleh karenanya, sangatlah tidak etis jika ada seorang tholib yg semangat belajar ilmu hadits, tapi ia melalaikan cabang ilmu yg satu ini.

Semoga Allah mudahkan kita semua utk dapat mempelajari ilmu hadits yg mulia ini...

Gambar di ambil dari muqoddimah kitab al Irsyadaat, karya Syaikh Thoriq Awadhullah.
Ustadz abu yahya tomy