Syaikh Dr. Sulthan al-'Umairi dan Syaikh 'Adil al-Basya dalam Polemik "Uzur Kejahilan"
* * * * *
Pasca Syaikh Dr. Sulthan al-'Umairi mengeluarkan karya ilmiahnya "Isykaliyyah al-'Udzr bil-Jahl" (Problematika Uzur Kejahilan), sejumlah kritik pun datang menghampiri beliau dan karyanya tersebut. Hal semacam itu tentunya bukan fenomena yang asing dalam suatu isu ilmiah yang polemis.
Di antara kritik yang cukup sering dinukil adalah yang bersumber dari paparan Syaikh 'Adil al-Basya, sebagaimana dapat dibaca pada official blog beliau:
https://basha.one/node/90
Di sini saya tidak mengomparasikan dan mengulas detail kedua tulisan ilmiah tersebut. Saya hanya ingin menampilkan bagian yang menurut saya menarik dari pemaparan Syaikh 'Adil al-Basya, sebelum beliau masuk ke pembahasan inti.
Syaikh 'Adil al-Basya menyatakan:
وبادئ ذي بدء ..فليس الخلاف مع الدكتور العميري في خصوص مسألة العذر بالجهل، فإني قد نقلت في غير موضع كلام أهل العلم - من يعذرون ومن لا يعذرون- أنها مسألة خلافية اجتهادية لا يشدد فيها النكير على المخالف، وبينت حدود ذلك في موضعه، والأمر فيها بين الخطأ والصواب، لا البدعة والسنة، أو الكفر والإيمان كما يذهب إليه كثير من الغلاة ومن سلك طريقهم.
...
فقد قال بالعذر بعض مشايخنا، وما أنكر عليهم، ولا اتُهم أحدهم بالغلو أو الإرجاء، فمسألة العذر بالجهل تحتمل الخلاف بحسب ما يورد كل طرف من أدلة، فليست إجماعية من أي طرف، بل كل طرف لديه جملة من أهل العلم يقولون بقوله، لا سيما المعاصرين، ولكن البعض يتخذ من المسألة سبيلاً يقرر من خلاله أصولًا مخالفة لمنهج السنة، فطرف إلى غلو، وطرف إلى تفريط
"Pertama-tama, polemik saya dengan Dr. (Sulthan) al-'Umairi bukanlah spesifik tentang isu "Uzur Kejahilan". Saya sendiri, pada lebih dari satu kesempatan, telah menukil ucapan para ahli ilmu, baik yang menguzur maupun tidak. Itu adalah MASALAH KHILAFIAH IJTIHADIAH. Pihak yang berseberangan tidak (seharusnya) diingkari secara keras. Saya telah menjelaskan batasan-batasannya pada kesempatan lain tersebut.
Pekara dimaksud berkisar antara KELIRU ATAU BENAR, BUKAN BIDAH ATAU SUNNAH, BUKAN PULA KEKUFURAN ATAU IMAN, sebagaimana pandangan kalangan yang eksesif dan yang sejalan dengan mereka."
Selanjutnya beliau juga menegaskan:
"Sungguh, sebagian guru kami telah menetapkan "Uzur Kejahilan". Tidaklah padangan mereka itu diingkari. TIDAK pula sebagian mereka dituduh dengan paham EKSESIVISME (ghuluw) maupun IRJA`.
Isu "Uzur Kejahilan" memuat perbedaan pandangan sesuai dalil-dalil yang disajikan oleh masing-masing pihak. Itu BUKAN PERKARA IJMAK pada pendapat kalangan tertentu. Bahkan, pada masing-masing kalangan terdapat ahli ilmu yang pendapatnya sejalan dengan mereka. Terlebih lagi untuk kalangan ulama kontemporer.
Namun demikian, terdapat sebagian orang yang dalam membahas masalah ini malah menetapkan pokok-pokok pemahaman yang justru menyelisihi metode Ahli Sunnah. Sebagian cenderung eksesif (ghuluw) dan sebagian lainnya inatensi (tafrith, inattentiveness)."
Sekian pengutipan dari beliau terhadap poin yang ingin disampaikan.
Pada blog beliau tersebut, beliau juga membuat artikel lain berisi pengingkaran terhadap pandangan eksesif yang mengafirkan kalangan yang menetapkan "Uzur Kejahilan" (lihat SS):
https://basha.one/node/129
Pandangan ekstrem yang sampai pada level pengafiran ini tampaknya mulai dihidupkan kembali oleh sejumlah kalangan. Meski sebagian mereka masih "malu-malu" dengan menggunakan diksi bersayap: "Jahmi" (sebagai implisit eufemisme pengganti kata: kafir. Perlu diingat, dahulu Salaf menyatakan sekte Jahmiyyah telah keluar dari ranah kaum muslim).
Alasan mereka untuk itu adalah aspek maslahat. Maksudnya tentu saja kemaslahatan mereka, karena mereka belum pada posisi yang cukup kuat, di samping bahwa umumnya kaum muslim pun resisten dengan pengafiran semacam itu. Adapun jika mereka dalam kondisi kuat, maka barulah pengafiran secara eksplisit diaplikasikan. Demikianlah kira-kira hasil diskusi yang saya tangkap ketika dahulu sempat berdialog dengan sebagian kalangan ekstrem yang eksesif tersebut. Allahu a'lam.
06/05/2020
Ustadz Adni Abu Faris