Minggu, 14 Juni 2020

Belajar Sirah An Nabawiyyah Ringkas (8)

📚 Belajar Sirah An Nabawiyyah Ringkas (8)
(Diambil dan diringkas dari kitab Risalah fi As Sirah al Mubarakah karangan Al Hafizh Abdul Ghani Al Maqdisi-رحمه الله- dengan sedikit penambahan)

بسم الله الرحمن الرحيم
Hendaknya setiap muslim dan muslimah mempelajari sirah atau sejarah kehidupan Nabi Muhammad ﷺ. Agar bertambah kecintaannya, kasih sayangnya, dan kerinduannya kepada Rasulullah, serta dapat mengenal sunnah-sunnah beliau dan meneladani akhlak beliau ﷺ.

وبالله التوفيق
_____________________________

PASAL: Haji & Umroh Nabi ﷺ

• Hammam bin Yahya meriwayatkan: dari Qatadah,   bahwa Anas bin Malik mengabarkan kepadanya ia berkata:

اعْتَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ عُمَرٍ كُلَّهُنَّ فِي ذِي الْقَعْدَةِ إِلَّا الَّتِي كَانَتْ مَعَ حَجَّتِهِ عُمْرَةً مِنْ الْحُدَيْبِيَةِ فِي ذِي الْقَعْدَةِ وَعُمْرَةً مِنْ الْعَامِ الْمُقْبِلِ فِي ذِي الْقَعْدَةِ وَعُمْرَةً مِنْ الْجِعْرَانَةِ حَيْثُ قَسَمَ غَنَائِمَ حُنَيْنٍ فِي ذِي الْقَعْدَةِ وَعُمْرَةً مَعَ حَجَّتِهِ
"Rasulullah ﷺ melaksanakan 'umrah sebanyak empat kali, semuanya pada bulan Dzul Qa'dah kecuali 'umrah yang beliau laksanakan bersama haji beliau, yaitu 'umrah beliau dari Hudaibiyyah pada bulan Dzul Qa'dah dan 'umrah pada tahun berikutnya pada bulan Dzul Qa'dah dan 'umrah dari Al Ji'ranah ketika beliau membagi-bagikan harta rampasan perang (ghanimah) Hunain pada bulan Dzul Qa'dah dan 'Umrah bersama haji yang beliau." (HR. Al Bukhari 4148)

• Rasulullah berhaji hanya sekali saja, yaitu pada tahun 10 Hijriyah. Haji yang beliau laksanakan ini dikenal dengan nama Hajjatul Wada' atau Haji perpisahan.

• Beliau ﷺ berumroh sebanyak 4 kali:
- Umroh ketika kaum Musyrikin menghalangi beliau
- Umroh pada tahun berikutnya setelah adanya sulhul Hudaibiyah (perjanjian Hudaibiyah).
- Umroh dari Ji'ranah pada bulan Dzulqa'dah ketika beliau membagi-bagikan harta rampasan perang (Ghanimah) Hunain.
- Umroh yang beliau laksanakan bersamaan dengan hajinya ﷺ.

• Semua yang disebutkan diatas adalah haji dan umroh beliau ﷺ yang dilakukan setelah beliau menetap di Madinah. Adapun haji dan umroh yang beliau ﷺ lakukan selama di Makkah, maka hal tersebut tidak bisa dipastikan/diketahui, wallahu a'lam.

Wallahu A'lam

Madinah An Nabawiyyah 
✒Yami Amanda Cahyanto