Rabu, 17 Juni 2020

BIOGRAFI RINGKAS AL-IMAM IBNU ABI ZAID AL-QAIRAWÂNIY

BIOGRAFI RINGKAS AL-IMAM IBNU ABI ZAID AL-QAIRAWÂNIY

Beliau adalah Imam dan panutan dalam mazhab Malikiyyah pada zamannya. Beliau mengumpulkan pendapat-pendapatnya al-Imam Malik bin Anas rahimahullah, lalu menjelaskan mazhab beliau.

Nama lengkap beliau adalah Abu Muhammad Abdullah bin Abi Zaid. Nama asli bapak beliau yaitu Abu Zaid Abdur Rahman. Beliau tinggal di Qairawân, sekarang masuk wilayah negara Tunisia, di benua Afrika. Beliau dilahirkan pada tahun 310 H dan wafat pada tahun 386 H.

Beliau sangat pakar dengan mazhabnya Imam Malik, sehingga beliau sampai dijuluki Malik Shaghîr (Imam Malik junior). Selain dalam masalah fiqih beliau mengikuti Imam Malik, dalam masalah akidah atau ushuluddin beliau juga mengikutinya. Al-Imam adz-Dzahabi dalam kitabnya "as-Siyar" berkata tentang akidahnya :
وَكَانَ -رَحِمَهُ اللهُ- عَلَى طَريقَةِ السَّلَفِ فِي الأُصُوْلِ، لاَ يَدْرِي الكَلاَمَ، وَلاَ يتَأَوَّلُ، فَنسأَلُ اللهَ التوفيق
"Al-Imam rahimahullah diatas jalannya para salaf dalam masalah pokok agama, beliau tidak mengetahui ilmu Kalam, kami memohon kepada Allah taufiq."

Salah satu yang menunjukkan aqidah salaf yang beliau pegangi adalah beliau menulis sebuah kitab yang dikenal dengan nama "ar-Risâlah" yang isinya adalah fiqih berdasarkan mazhab Maliki, kemudian didalam mukadimahnya, beliau menyebutkan secara ringkas pokok-pokok akidah yang beliau yakini dan isinya sesuai dengan akidahnya Salafunâ Shâlih.

Al-'Allâmah Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah tatkala mensifati kitab ar-Risâlahnya, beliau berkata :
"Mukadimah risalahnya berdasarkan metode Salaf yang sangat ringkas namun berfaedah, mengumpulkan antara pembahasan ushul dan furu' dalam satu kitab dan ini jarang sekali ulama yang melakukan seperti ini. Hal ini membuat orang yang berkonsentrasi dalam fiqih ibadah dan muamalah tidak lupa juga untuk konsen dalam masalah fiqih akbar, yaitu akidah diatas jalannya as-Salaf."

Asy-Syaikh Abdul Muhsin telah menulis penjelasan secara khusus mukadimah Risalahnya Ibnu Abi Zaid al-Qairawâniy dalam sebuah kitab yang berjudul "Qathf al-Janâ ad-Dâniy Syarh Muqaddimah Risâlah Ibni Abi Zaid al-Qairawâniy".

Alhamdulillah, kami sempat mendengarkan kajian syarah beliau diatas yang diterangkan oleh sebagian ustadz kami, yang hal ini menunjukkan bahwa akidah Salaf senantiasa diajarkan dari generasi ke generasi, sekalipun mereka berbeda aliran fiqihnya dan berjauhan tempat tinggalnya. Wa Fadhlu minallah.

Abu Sa'id Neno Triyono