Selasa, 23 Juni 2020

Aku Tidak Tahu

🌕 Aku Tidak Tahu

💧 Imam Asysya'bi rohimahulloh ditanya tentang suatu permasalahan,kemudian beliau berkata:
"Aku Tidak Tahu"..

Kemudian dikatakan kepadanya:
"Tidak kah engkau malu dari pernyataan mu "Aku Tidak Tahu",sedangkan engkau adalah Faqih nya orang 'Iraq?

Kemudian beliau berkata:
"Akan tetapi Malaikat pun tidak malu ketika mengatakan:
لا علم لنا إلا ما علمتنا..
"Kami tidak memiliki ilmu kecuali apa yang Engkau ajarkan kepada kami.."(Q.S Albaqoroh ayat 32)
📚'Ilaamulmuwaqqi'iin(4/167-168)

💧 Imam Maalik rohimahulloh ditanya tentang suatu permasalahan,kemudian beliau berkata:
"Aku Tidak Tahu"

Kemudian dikatakan kepada beliau:
Sesungguhnya permasalahan ini ringan dan mudah.

Maka Imam Malik pun marah,kemudian berkata:
"Tidak ada didalam 'ilmu sesuatu yang disebut ringan,tidak kah engkau mendengar Firman Alloh:
إنا سنلقي عليك قولا ثقيلا
Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat(Q.S Almuzammil ayat 5)"
📚 'Ilaamulmuwaqqi'iin (4/167)

💧 'Ibnu 'Umar rodhiyallohu 'anhumaa ditanya tentang suatu perkara,kemudian beliau berkata:
"Aku Tidak Tahu"

Kemudian beliau pun diikuti terus(*untuk mau menjawab),maka beliau pun berkata:

"Apakah kalian ingin Punggung ku menjadi jembatan bagi kalian melewati jembatan dineraka Jahannam?
Kalian mengatakan: "Bahwa Ibnu 'Umar telah berfatwa untuk kami?"
📚 Azzuhd li Ibn-Almubaarok (52)

💧 'Utbah Ibn Muslim rohimahulloh berkata:
"Aku mendampingi 'Abdulloh ibn 'Umar rodhiyallohu 'anhumaa 34 bulan,beliau ketika ditanyai mengenai berbagai permasalahan,sangat banyak sekali mengatakan "Aku Tidak Tahu".
📚 'Ilaamulmuwaqqi'iin(4/168)
منقول

🖊 ucapan "Aku Tidak Tahu" bukanlah sesuatu yang tercela bahkan disebut setengah dari 'ilmu,Janglah malu untuk berkata "Aku Tidak Tahu",dari pada harus menjawab sesuatu tanpa 'ilmu.
Ustadz Ghasim Al ba'daani