Rabu, 15 Maret 2023

IMAM AHMAD MEMBOLEHKAN MEMBACA AL-QURAN DI KUBURAN?

IMAM AHMAD MEMBOLEHKAN MEMBACA AL-QURAN DI KUBURAN? 

Ada suatu riwayat tentang rujuknya Imam Ahmad rahimahullah yang semula melarang membaca alquran di kuburan, kemudian membolehkan, yang dijadikan sebagai dalih pembenaran sebagian kalangan, bolehnya membaca alquran di kuburan. 

Kisah ini disebutkan oleh 
Abu Bakar al-Khallal dalam Kitab al-Amru bil Ma’ruf wan Nahyu anil Munkar. Beliau berkata:

 وأخبرني الحسن بن أحمد الوارق ، قال : حدثني علي بن موسى الحداد ، وكان صدوقا ، وكان ابن حماد المقريء يرشد إليه ، فأخبرني قال : كنت مع أحمد بن حنبل ، ومحمد بن قدامة الجوهري في جنازة ، فلما دفن الميت جلس رجل ضرير يقرأ عند القبر ، فقال له أحمد : يا هذا إن القراءة عند القبر بدعة ، فلما خرجنا من المقابر محمد بن قدامة لأحمد بن حنبل : يا أبا عبد الله ، ما تقول في مبشر الحلبي ؟ قال : ثقة ، قال : كتبت عنه شيئا ؟ قلت : نعم ، قال : فأخبرني مبشر ، عن عبد الرحمن بن العلاء بن اللجلاج ، عن أبيه أنه « أوصى إذا دفن أن يقرأ عند رأسه بفاتحة البقرة ، وخاتمتها ، وقال : سمعت ابن عمر يوصي بذلك ، فقال أحمد : ارجع فقل للرجل يقرأ . . »

“Telah menceritakan kepadaku al-Hasan bin Ahmad al-Warraq, ia berkata: “Telah menceritakan kepadaku Ali bin Musa al-Haddad –dan dia adalah shaduq dan adalah Ibnu Hammad al-Muqri’ membimbing kepadanya-, maka ia menceritakan kepadaku. Ia berkata: “Aku bersama Ahmad bin Hanbal dan Muhammad bin Qudamah al-Jauhari di dalam prosesi jenazah. Ketika mayit dikuburkan, maka seseorang yang buta duduk untuk membaca al-Quran di kuburan. Maka Ahmad berkata: “Wahai Orang ini! Sesungguhnya membaca al-Quran di kuburan itu bid’ah.” Ketika kami keluar dari kuburan, Muhammad bin Qudamah bertanya kepada Ahmad bin Hanbal: “Wahai Abu Abdillah! Apakah pendapatmu tentang Mubasyir al-Halabi?” Beliau menjawab: “Dia tsiqat.” Beliau bertanya: “Kamu menulis darinya?” Aku menjawab: “Iya.” Muhammad bin Qudamah berkata: “Telah menceritakan kepadaku Mubasyir dari Abdurrahman bin al-Ala’ bin al-Lajlaj dari bapaknya bahwa ia berwasiat jika dia dikuburkan agar dibacakan awal dan akhir al-Baqarah di sisi kepalanya. Ia berkata: “Aku mendengar Ibnu Umar berwasiat demikian. Maka Ahmad berkata: “Kembalilah dan katakan kepada orang buta tadi agar menbaca..dst.” (Atsar riwayat al-Khallal dalam al-Amr bil Ma’ruf wan Nahyu anil Munkar: 246 (292)).

Kisah ini syad dan lemah, di sanadnya terdapat al-Hasan bin Muhammad al-Warraq, dimana ulama mengatakan, orang yang majhul. 

Berkata Al-Allamah Nashirudin al-Albani rahimahullah, 

إن في ثبوت هذه القصة عن أحمد نظر، لان شيخ الخلال الحسن بن أحمد الوراق لم أجد ترجمة فيما عندي الان من كتب الرجال، وكذلك شيخه علي بن موسى الحداد لم أعرفه، وإن قيل في هذا السند أنه كان صدوقا، فإن الظاهر أن القائل هو الوارق هذا، وقد عرفت حاله.

“Sesungguhnya kebenaran kisah ini dari Ahmad bin Hanbal, perlu ditinjau lagi. Karena guru al-Khallal, yaitu al-Hasan bin Ahmad al-Warrraq, belum aku temukan biografinya dalam rujukan yang aku punyai sampai sekarang dari kitab-kitab perawi hadits. Demikian pula gurunya, yaitu Ali bin Musa al-Haddad belum aku ketahui tentangnya. Jika dikatakan dalam sanadnya bahwa ia adalah seorang shaduq (jujur, pen), maka yang jelas bahwa orang yang menilainya adalah al-Warraq ini. Dan kamu sudah mengetahui keadaannya.” (Ahkamul Jana’iz wa Bida’uha: 192). Lebih lengkapnya silakan baca disini : https://islamqa.info/ar/209278 قصة رجوع الإمام أحمد عن النهي عن القراءة عند القبر غير صحيحة . - الإسلام سؤال وجواب

Kisah tersebut juga bertentangan dengan pendapat Imam Ahmad, para sahabat dan murid-muridnya Iman Ahmad rahimahullah. 

قال أبو داود في "مسائله" (ص224) : " سمعت أحمد، سئل عن القراءة عند القبر؟ فقال: لا ".

Berkata Abu Daud di kitab Masailnya hal 224 : Aku mendengar, Ahmad ditanya tentang membaca alquran di sisi kubur, maka beliau menjawab : TIDAK (boleh). Sumber : https://islamqa.info/ar/209278 قصة رجوع الإمام أحمد عن النهي عن القراءة عند القبر غير صحيحة . - الإسلام سؤال وجواب

Berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah, 

نَقَلَ الْجَمَاعَةُ عَنْ أَحْمَدَ كَرَاهَةَ الْقُرْآنِ عَلَى الْقُبُورِ. وَهُوَ قَوْلُ جُمْهُورِ السَّلَفِ وَعَلَيْهَا قُدَمَاءُ أَصْحَابِهِ " انتهى من "الفتاوى الكبرى" (5 /362) . 

Beberapa ulama menukilkan dari Ahmad tentang DIBENCINYA membaca AL-QURAN di atas kuburan. Dan ini adalah pendapat mayoritas as-Salaf dan juga pendapat sahabat Ahmad yang mutaqaddimin. (Al Fatawa Kubro 5/362). Sumber :  https://islamqa.info/ar/209278 قصة رجوع الإمام أحمد عن النهي عن القراءة عند القبر غير صحيحة . - الإسلام سؤال وجواب

Dan berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah, 

ونقل الجماعة عن أحمد كراهة القرآن على القبور وهو قول جمهور السلف وعليها قدماء أصحابه ولم يقل أحد من العلماء المعتبرين أن القراءة عند القبر أفضل..الخ

“Beberapa ulama menukilkan dari Ahmad tentang DIBENCINYA membaca al-Quran di atas KUBURAN. Dan ini adalah pendapat mayoritas as-Salaf dan juga pendapat sahabat Ahmad yang mutaqaddimin. Dan tidak ada seorang pun dari kalangan ulama yang mu’tabar yang menyatakan bahwa membaca al-Quran di kuburan itu lebih utama.. dst.” (Al-Ikhtiyarat al-Fiqhiyah: 447).

Berkata Al-Qadhi Abu Ya’la al-Hanbali rahimahullah, 

قال أبو بكر: نقل أبو بكر المروذي وأبو داواد ومهنا وحنبل وأبو طالب وابن بدينا وإسحاق بن إبراهيم وغيرهم: أن القراءة لا تجوز عند القبر. وبعضهم يروي أنها بدعة، وعلى هذا كان مذهبه، ورجع أبو عبد الله رجوعاً أبان عن نفسه فقال: يقرأ، وقال أبو حفص بن مسلم العكبري ـ وقد روي عن أبي عبد الله بضع عشرة نفساً كلهم يقول بدعة ومحدث فأكرهه وبهذه الرواية أقول..الخ

“Abu Bakar berkata: “Abu Bakar al-Marrudzi, Abu Dawud, Muhanna, Hanbal, Abu Thalib, Ibnu Budaina, Ishaq bin Ibrahim dan lainnya menukilkan dari Ahmad bahwa membaca al-Quran di kuburan itu tidak boleh. Sebagian mereka meriwayatkan dari beliau bahwa itu perkara bid’ah. Dan atas demikian (larangan membaca al-Quran di kuburan, pen) madzhab Ahmad dibangun. Kemudian Abu Abdillah (yakni: Ahmad bin Hanbal, pen) rujuk dari pendapat ini dan berkata: “Boleh membaca al-Quran di kuburan.” Sedangkan Abu Hafsh bin Muslim al-Ukbari berkata: “Lebih dari sepuluh orang murid Ahmad yang meriwayatkan dari beliau bahwa MEMBACA AL-QURAN di kuburan itu BID'AH dan perkara baru. Maka aku (Abu Hafsh, pen) membencinya. Dan dengan riwayat ini aku berpendapat.”..dst.” (Al-Masailul Fiqhiyah min Kitab ar-Riwayatain wal Wajhain: 1/213).

Al-Allamah Abul Hasan al-Mirdawi al-Hanbali rahimahullah berkata:

قَوْلُهُ (وَيُكَبِّرُ أَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ، يَقْرَأُ فِي الْأُولَى بِالْفَاتِحَةِ) هَذَا الْمَذْهَبُ مُطْلَقًا، وَعَلَيْهِ الْأَصْحَابُ. وَعَنْهُ لَا يَقْرَأُ الْفَاتِحَةَ إنْ صَلَّى فِي الْمَقْبَرَةِ نَصَّ عَلَيْهِ فِي رِوَايَةِ الْبُزْرَاطِيِّ.

“Ucapan Ibnu Qudamah “Dan melakukan takbir dalam shalat jenazah empat kali takbir dan membaca al-Fatihah setalah takbir yang pertama”, inilah madzhab Ahmad secara mutlak. Dan para sahabatnya berpegang pada ini. Dan diriwayatkan pula dari Ahmad bahwa TIDAK USAH membaca al-Fatihah jika ia melakukan shalat jenazah di kuburan. Ini adalah teks ucapan Ahmad dalam riwayat al-Buzrathi.” (Al-Inshaf fi Ma’rifatir Rajih minal Khilaf: 2/520).

Perkataan-perkataan ulama-ulama madzhab Imam Ahmad di atas menunjukkan bahwa kisah rujuknya Imam Ahmad rahimahullah yang awalnya melarang membaca alquran di kuburan, lantas membolehkan, adalah riwayat yang TIDAK SHAHIH dan bertentangan dengan pendapat madzhab Imam Ahmad, pendapat para sahabat dan murid-murid Imam Ahmad.

Bahkan bertentangan dengan pendapat kebanyakan para ulama. Disebutkan dalam kitab Al Mausu'ah Al Fiqhiyah , 

لا تُشْرَع قراءةُ القرآنِ على القَبرِ، وهو مَذهَب المالِكيَّة، وقَوْلُ أبي حنيفة، وروايةٌ عن أحمد، واختيارُ ابنِ تيمِيَّة، وابنِ بازٍ، وابنِ عثيمينَ

Membaca alquran di kuburan tidak disyariatkan, dan ini adalah madzhab Malikiyah, perkataan Abu Hanifah, riwayat dari Ahmad, pilihan pendapat Ibnu Taimiyyah, Ibnu Baaz dan Ibnu Utsaimin. (Al Mausu'ah Al Fiqhiyah). 

Berkata Al-Allamah al-Mulla Ali al-Qari al-Hanafi rahimahullah, 

ثم القراءة عند القبور مكروهة عند أبي حنيفة ومالك وأحمد رحمهم الله في رواية لأنه مُحدَث لم ترد به السنة.

“Kemudian membaca al-Quran di kuburan itu MAKRUH (dibenci) menurut Abu Hanifah, Malik dan Ahmad rahimahumullah di dalam suatu riwayat, karena perkara tersebut adalah BID'AH dan tidak ada keterangan dari as-Sunnah atasnya.” (Minahur Raudhil Azhar Syarh Fiqhil Akbar: 375-6 dan Ithafus Sadatil Muttaqin Syarh Ihya’ Ulumid Dien: 2/284). 

Berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah, 

ولا يحفظ عن الشافعي نفسه في هذه المسألة كلام، وذلك لان ذلك كان عنده بدعة، وقال مالك: ما عملت أحدا يفعل ذلك، فعلم أن الصحابة، والتابعين ما كانوا يفعلونه
Dan tidak ada dari Syafii sendiri perkataan di dalam masalah ini, yang demikian itu menunjukkan bahwa (membaca alquran) disisi (kuburan) adalah BID'AH. Al-Imam Malik berkata: “Aku tidak mengetahui seorang pun yang melakukannya.” Maka dapat diketahui bahwa para sahabat dan tabi’in tidak pernah melakukannya.” (Iqtidha’ Shirathil Mustaqim Mukhalafata Ahlil Jahim: 380). 

AFM 

Copas dari berbagai sumber