Rabu, 22 Maret 2023

Jumlah Rakaat Tarawih Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab

Jumlah Rakaat Tarawih Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, alangkah baiknya kita banyak membaca kitab, tulisan atau mendengar rekaman seputar fiqih puasa dan amalan yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan, dan jika memungkinkan menulis sesuatu tentang puasa dan amalan yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan, maka menulislah!

Perlu diketahui bahwasanya jumlah raka'at shalat Tarawih berbeda-beda, menurut Imam Abu Hanifah, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad jumlah raka'at shalat Tarawih adalah 20 raka'at ditambah 3 raka'at shalat witir, dan menurut Imam Malik jumlah raka'at shalat Tarawih adalah 36 raka'at, tetapi yang masyhur baik di Indonesia dan Mesir saat ini adalah 11 raka'at dan 23 raka'at.

Lalu, bagaimana pandangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab Rahimahumallah (Semoga Allah merahmati mereka berdua) tentang jumlah raka'at shalat Tarawih?

Saya tidak akan membahas pandang imam 4 mazhab karena sudah masyhur, tetapi saya akan menukilkan pandangan kedua ulama tersebut yang diikuti banyak orang baik di Mesir maupun Indonesia, bahkan ada sebagian yang fanatik dengan mereka berdua dan ada yang menyatakan bahwa kebenaran mutlak pada diri mereka berdua.

Berikut ini pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah tentang jumlah raka'at Shalat Tarawih:

كما أن نفس قيام رمضان لم يُوَقِّتِ النبي صلى الله عليه وسلم فيه عددًا مُعيَّنًا؛ بل كان هو صلى الله عليه وسلم لا يزيدُ في رمضان ولا غيرِه على ثلاث عشرة ركعة، لكن كان يُطيلُ الركعات، فلما جمعهم عمرُ على أُبَيّ بن كعب كان يُصلِّي بهم عشرين ركعة، ثم يُوتِر بثلاث، وكان يخفّ القراءة بقدر ما زاد من الركعات؛ لأن ذلك أخف على المأمومين من تطويل الركعة الواحدة، ثم كان طائفةٌ من السلف يقومون بأربعين ركعة، ويوترون بثلاث، وآخرون قاموا بست وثلاثين وأوتروا بثلاث، وهذا كُلُّه سائغ، فكيفَمَا قام في رمضان من هذه الوجوه فقد أحسن

"Nabi tidak menentukan jumlah rakaat shalat tarawih di bulan Ramadan bahkan Nabi tidak pernah shalat sunnah melebihi 13 rakaat baik di bulan Ramadan atau di lainnya. Namun, Nabi biasanya memperpanjang rakaatnya. Ketika Umar mengumpulkan jamaah untuk bermakmum pada Ubay bin Kaab, Ubay shalat dengan 20 (dua puluh) rakaat karena hal itu lebih meringankan bagi makmum daripada memanjangkan satu rakaat. Ada juga golongan salaf yang shalat tarawih 40 (empat puluh) rakaat dan witir 3 rakaat. Sedangkan yang lain shalat tarawih 36 (tiga puluh enam) rakaat dan shalat witir 3 rakaat. Ini semua sudah maklum. Jadi, berapapun jumlah rakaatnya, itu semua baik." [Majmu Al Fatawa (22/272)]

Dan berikut ini pendapat Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab Rahimahullah:

سئل الشيخ محمد بن عبد الوهاب رحمه الله عن عدد التراويح، فأجاب: "الذي استحبُّ أن تكون عشرين ركعة". وأجاب ابنه الشيخ عبد الله: "الذي ذكره العلماء -رحمهم الله- أن التراويح عِشرُون رَكعة، وأن لا ينقصَ عن هذا العدد، إلا إن أراد أن يزيدَ في القراءة بقدر ما ينقص من الركعات؛ ولهذا اختلف عمل السلف في الزيادة والنقصان، وعمر رضي الله عنه لما جمع الناس على أبي بن كعب صلى بهم عشرين ركعة."

Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab Rahimahullah ditanya tentang jumlah raka'at shalat Tarawih, maka beliau menjawab, "Disunnahkan Shalat Tarawih 20 rakaat." 

Kemudian anaknya Syaikh Abdullah menjawab, "Apa yang disebutkan para ulama Rahimahumullah (Semoga Allah merahmati mereka semua) bahwasanya jumlah raka'at Shalat Tarawih adalah 20 raka'at dan tidak menguranginya, kecuali jika ingin memanjangkan bacaan sesuai dengan jumlah raka'at yang dikurangi. Oleh karena itu para Salaf berbeda dalam menambahi dan mengurangi, Umar Bin Al Khattab Radhiyallahu Anhu ketika mengumpulkan orang-orang dalam satu imam yang dipimpin oleh Ubay Bin Ka'ab shalat 20 rakaat." [Ad Durarus Saniyyah (4/363)]

Demikian penjelasan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab tentang jumlah raka'at shalat Tarawih, jadi silahkan Anda pilih, jika Anda hanya mampu shalat Tarawih 11 rakaat maka lakukanlah tanpa harus menyalahkan orang yang shalat 20 rakaat, begitupula sebaliknya yang pada akhirnya terjadi keributan yang tidak perlu, dan beramal sesuai kemampuan kita, karena perkara ini adalah perkara khilafiyah ijtihadiyah. Semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua.

Allahu A'lam
Ustadz naufal