Kamis, 23 Maret 2023

Pada salah satu ceramahnya, Syaikh Sulaiman Ar-Ruhailiy ditanya tentang bagaimana program ramadhan untuk seorang wanita, beliau menjawab:

Pada salah satu ceramahnya, Syaikh Sulaiman Ar-Ruhailiy ditanya tentang bagaimana program ramadhan untuk seorang wanita, beliau menjawab:

برنامج المرأة المسلمة هو برنامج الرجل لكن المرأة المسلمة تزيد بعبادة وهي أن المرأة إذا اجتهدت في خدمة زوجها وأهل بيتها وأعدت لهم الطعام الذي يكفيهم فإنها في عبادة الله عز وجل إذا احتسبت ذلك 
عند الله

Program seorang wanita sama dengan laki-laki, hanya saja wanita muslimah dapat bertambah dalam ibadah. Yakni ketika ia bersungguh-sungguh melayani suami dan keluarganya, ia menyiapkan untuk mereka makanan yang mencukupi mereka maka dia berada dalam ibadah kepada Allah jika dia mengharapkan pahala di sisi Allah dengan perbuatannya itu.

فهذا فيه أجرها وفيه تكثير لحسناتها وينبغي للمرأة المسلمة إذا كانت تعد الطعام أن تشغل لسانها بذكر الله

Maka pada hal ini terdapat pahala sekaligus akan memperbanyak kebaikan-kebaikannya. Dan sebaiknya bagi wanita muslimah dikala ia menyiapkan makan, ia juga menyibukkan lisannya dengan dzikirullah.

فتطبخ وهي تسبح وتطبخ وهي تهلل وتطبخ وهي تذكر 
ولها في ذلك أجر عظيم ولن يصرفها إعداد الطعام عن عبادة ربها سبحانه في نهار رمضان 

Ia memasak sembari bertasbih (subhanallah), bertahlil (laa ilaaha illaallaah), jadi ia memasak sambil berdzikir dan baginya pahala yang amat besar, sehingga kegiatan menyiapkan makan tidak memalingkannya dari beribadah kepada Allah di siang hari ramadhan.

فهنيئا للمرأة المسلمة التي تخدم زوجها وأهل بيتها وهي تحتسب الأجر عند الله عز وجل ومع ذلك لا تغفل عن ذكر الله وتقوم بما تستطيع من العبادات في نهار رمضان فإنها قد فازت فوزا عظيمًا

Berbahagialah seorang wanita muslimah yang melayani suami dan keluarganya sembari mengharap pahala di sisi Allah, bersamaan dengan itu ia juga tidak lalai dari dzikrullah, ia menegakkan ibadah sesuai kesanggupannya di siang hari ramadhan maka sungguh ia telah mendapatkan kemenangan yang besar.

t.me/halaqohrumahmengaji