Rabu, 22 Maret 2023

Tafsir Surat Al Kautsar ayat 3

Tafsir Surat Al Kautsar ayat 3

Allah ta'ala berfirman:

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

“Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu merekalah yang terputus”.

1. Syani’aka artinya: musuhmu dan orang-orang yang membencimu wahai Muhammad. Ini ijma’ para ahli tafsir.

2. As Suddi dan Ibnu Zaid mengatakan bahwa ayat ini turun tentang Abu Jahal yang mengatakan: “Muhamamd telah terputus, karena tidak ada orang yang membantunya dan membelanya” ( Al Qurthubi)

2. Ibnu Abbas, Mujahid dan Sa’id bin Jubair mengatakan bahwa ayat ini turun dimaksudkan kepada Al Ash bin Wail As Sahmi yang mencela Nabi, dan mengatakan bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam abtar (orang yang terputus keturunannya), karena telah wafat anak laki-lakinya yaitu Al Qasim (Al Baghawy dan Jalalain).

3. Ikrimah dan Ibnu Abbas juga mengatakan bahwa ayat ini turun dimaksudkan kepada Ka’ab bin al-Asyraf dan sekelompok orang kafir Quraisya yang menyombongkan diri mereka dan mengatakan: “Ka’ab, engkau adalah orang terpandang di Madinah dan kami adalah pemimpin orang Arab. Maka mana mungkin kita lebih rendah daripada orang yang abtar ini (yaitu Rasulullah)”. Maksud mereka abtar di sini adalah terputus dari segala kebaikan (Al Baghawy).

4. Allah ta’ala menegaskan bahwa justru orang-orang yang kufur kepada Allah, merekalah yang terputus dari kebaikan dan terputus dari hidayah (As Sa’di).

5. Ayat ini juga menegaskan kesempurnaan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dari segi akidah, ibadah, akhlak, dan semua kebaikan (As Sa'di). 

6. Semua yang mendakwahkan tauhid pasti akan menghadapi celaan-celaan, maka wajib bersabar

Join channel telegram @fawaidquran