Rabu, 22 Maret 2023

CERAMAH TARAWIH

CERAMAH TARAWIH

Merutinkan ceramah tarawih setiap malam bukan ciri amalan salaf. Kalau nasehat singkat, kalau memang ada kebutuhan, boleh-boleh saja, sekali-sekali, tidak terus menerus. Dan waktunya sebaiknya setelah selesai shalat tarawih.

Al-'Allamah Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin ditanya : 

ما حكم الموعظة بين صلاة التراويح أو في وسطها ويكون هذا دائماً ؟

Apa hukum ceramah di antara shalat tarawih atau di pertengahan shalat tarawih yang itu rutin dilakukan ?

Beliau menjawab :

أما الموعظة فلا، لأن هذا ليس من هدي السلف , لكن يعظهم إذا دعت الحاجة أو شاء بعد التراويح، وإذا قصد بهذا التعبد فهو بدعة, وعلامة قصد التعبد أن يداوم عليها كل ليلة. 

Adapun ceramah itu tidak perlu, karena itu bukan termasuk dari petunjuk salaf. Akan tetapi berikanlah nasehat kepada mereka apabila ketika dibutuhkan atau setelah shalat tarawih. 

Dan apabila dimaksudkan padanya ta'abbud (ritual ibadah) maka itu adalah bid'ah dan tanda dari maksud ta'abbud (ritual ibadah) adalah dilakukan secara rutin pada setiap malam." Liqa' Al-Bab Al-Maftuh, no. 118. Sumber :
http://fatawapedia.com/حكم-إلقاء-الموعظة-بين-ركعات-التراويح-5976 

Al-'Allamah Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin ditanya 

عندنا في الكويت موعظة بعد أربع ركعات في صلاة القيام هل تجوز هذه، وإذا جاز كيف تكون هذه الموعظة؟

Di Kuwait tempat kami ada penyampaian ceramah setelah 4 rakaat pada setiap shalat terawih, apakah diperbolehkan hal ini ? Jika diperbolehkan bagaimanakah seharusnya ceramah ini ?

Beliau menjawab :

الذي أرى ألا تفعل، أولاً: أنها ليست من هدي السلف .
ثانياً: أن بعض الناس قد يحب أن يأتي بالتهجد وينصرف إلى بيته، وفي هذا إعاقة وإملال لهم، وإكراه على هذه الموعظة، والموعظة إذا لم تكن متقبلة فضررها أكثر من نفعها، ولهذا كان النبي صلى الله عليه وعلى آله سلم يتخول أصحابه بالموعظة ولا يثقل عليهم ويكرر، فأرى أن تركها أولى، وإذا أراد الإمام أن يعظ الناس فليجعله في آخر شيء، إذا انتهت الصلاة نهائياً .
وسئل الشيخ محمد ابن عثيمين رحمه الله في ( لقاء الباب المفتوح [118] ) عن ذلك : 

"Saya berpendapat untuk tidak melakukan perbuatan demikian. 

Pertama adalah karena itu bukanlah merupakan petunjuk salaf.  

Kedua adalah karena sebagian manusia ingin datang hanya untuk melaksanakan shalat terawih kemudian kembali ke rumahnya. Jika dipaksakan adanya ceramah maka ini menjadi rintangan dan menjadikan mereka bosan serta membenci ceramah ini. 

Sedangkan ceramah ini jika tidak diterima, maka madharatnya lebih banyak daripada manfaatnya. oleh karena itu Nabi shallallahu ’alaihi wasallam selalu memilih waktu yang tepat untuk memberi nasihat kepada para sahabat, karena beliau tidak ingin memberatkan mereka maupun mengulang-ulang nasehatnya. 

Maka saya berpendapat bahwa hal itu (ceramah tarawih) lebih utama untuk ditinggalkan, dan jika imam ingin menyampaikan ceramah kepada jamaah, maka hendaknya menjadikannya di akhir waktu, yaitu apabila shalat telah selesai." (Liqa al-Bab al-Maftuh 118). Sumber : http://fatawapedia.com/حكم-إلقاء-موعظة-بين-ركعات-صلاة-التراويح-5975 

Syekh Al Albani rahimahullah ditanya :

هل يجوز لإمام مسجد في صلاة التراويح أن يلقي بين الركعات موعظة.؟

Apakah boleh bagi imam masjid untuk memberikan ceramah di antara rakaat-rakaat shalat tarawih ?

Beliau menjawab :

يجوز ولا يجوز ، إذا كان التنبيه والتحذير والأمر والنهي لأمر عارض فهذا أمر واجب , أما إذا كان يتخذ نظاما وعادة بين كل أربع ركعات مثلا أو أكثر من ذلك أو  أفل من ذلك يلقي الإمام درسا فهذا خلاف السنة.
سلسلة الهدى والنور-656"

Boleh dan tidak boleh. Apabila peringatan, perintah dan larangan disebabkan adanya perkara penting yang tiba-tiba maka ini perkara wajib untuk segera disampaikan. Adapun apabila dijadikan sebagai sebuah aturan dan kebiasan, seperti dilakukan di antara 4 rakaat tarawih atau lebih banyak dari itu atau kurang dari itu, dimana imam menyampaikan ceramah di dalamnya, maka ini menyelisihi sunah." (Silsilah Huda wan Nur: 656). Sumber : https://www.al-albany.com/audios/content/6560/هل-يجوز-لإمام-مسجد-في-صلاة-التراويح-أن-يلقي-بين-الركعات-موعظة

Beliau juga berkata :

"قيام رمضان شُرع فقط لزيادة التقرب إلى الله عز وجل بصلاة القيام , ولذلك فلا نرى نحن أن نجعل صلاة التراويح يخالطها شيء من العلم والتعليم ونحو ذلك , وإنما ينبغي أن تكون صلاة القيام محض العبادة , 

Qiyam Ramadhan disyariatkan semata untuk meningkatkan taqarrub kita kepada Allah Ta’ala dengan shalat Tarawih, oleh karena itu maka kami tidak berpendapat untuk mencampuradukkan antara shalat tarawih dengan hal yang berkaitan dengan ilmu dan taklim dan semacamnya, seharusnya hanya diisi dengan shalat Tarawih yang merupakan ibadah murni, 

أما العلم فله زمن , لا يحدد بزمن , وإنما يراعي فيه مصلحة المتعلمين , وهذا هو الأصل وأريد من هذا أن من إتخذ عادة أن يعلم الناس ما بين كل أربع ركعات مثلا في صلاة القيام , إتخذ ذلك عادة , فتلك محدثة مخالفة للسنة ".
مفرغ من شريط سلسلة الهدى والنور رقم 693 ـ الدقيقة 28 ـ

Adapun ilmu maka ada waktunya, tidak dibatasi dengan waktu, hanya perlu diperhatikan maslahat orang yang belajar, ini aslinya dan saya inginkan dari sini bahwa siapa yang membuat kebiasaan mengajarkan manusia diantara setiap raka’at seperti dalam shalat Tarawih dan itu dijadikan kebiasaan, maka itu termasuk perkara baru yang menyelisihi sunah”. (Silsilah Huda wan Nur nomer: 693 menit ke 28 ). Sumber : https://al-maktaba.org/book/31616/46078

AFM

Copas dari berbagai sumber
https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2021/04/ceramah-tarawih.html