Kamis, 04 April 2024

Tentang Ibnu Taimiyah rahimahullah

Tentang Ibnu Taimiyah rahimahullah 
===
Intinya, mayoritas karya tulis beliau berkutat dalam permasalahan aqidah dan memuat bantahan atas para pengekor hawa nafsu dan kebid'ahan. Setiap argumentasi dan bantahan beliau adalah bukti nyata akan keluasan wawasan beliau tentang aqidah Islam yang murni dan juga tentang asas pemikiran akidah sesat yang menyelisihi metode dan aqidah para salaf.

Al Bazzar mengatakan, "Beliau berhasil menjelaskan kebenaran kepada setiap orang yang berakal sehat dalam berbagai karyanya dan Allah mendukungnya dengan taufikNya sehingga mampu membantah berbagai kebidahan, ideologi sesat, tipu daya serta hawa nafsu mereka. Tentunya semua didasari dengan dalil naqli dan metode penalaran yang logis. Bahkan beliau mampu mematahkan setiap syubhat mereka dengan berbagai bantahan ilmiah dan jelas yang mudah dipahami dan diakui kebenarannya oleh setiap orang yang berakal sehat dan cerdas." (Al A'lam Al 'Aliyyah: 37)

Dan seringkali didapati bahwa beliau justru lebih menguasai landasan pokok suatu kebidahan daripada para penganutnya sendiri. (Materi Dauroh Du'at Jogja, Muqaddimah Aqidah Wasithiyah hal 6, Ust. Dr. Firanda Andirja)
===
Kami pun pernah mendapatkan pelajaran dari kajian salah seorang Masyayikh agar seorang da'i menjadikan fokus utama dakwahnya sebagaimana yang difokuskan Al Qur'an. Banyaklah berbicara menyampaikan apa yang banyak dibicarakan oleh Al Qur'an: perkara akidah.
Ustadz amrullah akhadinta