๐๐๐ง๐ก๐๐ฃ ๐
๐ข๐ค๐ข๐ก ๐๐ฒ๐๐ข๐ค๐ก ๐๐ฎ๐ก๐๐ฆ๐ฆ๐๐ ๐ข๐๐ง โ๐๐๐ ๐๐ฅ-๐๐๐ก๐ก๐๐.
๐ถ๐๐๐: ๐ท๐๐๐. ๐ซ๐. ๐ฏ. ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฐ๐๐๐๐, ๐ณ๐., ๐ด.๐จ.
( ๐ฒ๐๐๐๐ ๐ท๐ท ๐ด๐๐๐๐๐๐๐
๐๐๐๐)
Syeikh Muhammad ibn โAbd al- Wahhab (selanjutnya ditulis Muhammad โAbd al-Wahhab). (1115-1206 H) adalah seorang Mujaddid besar abad XII H yang luas pengaruhnya di dunia Islam, terutama dalam pemurnian Tauhid. Jika disebut namanya, orang akan segera ingat Kitab at-Tauhid alladzi Huwa Haqqullah โala al- โAbid (Judul lengkapnya Kitab at-Tauhid alladzi Huwa Haqqullah โala al- โAbid, tetapi popular dengan judul awalnya saja, yaitu Kitab at-Tauhid) dan perjuangannya membersihkan akidah umat Islam pada masa ituโterutama wilayah Nejd Jazirah Arabiaโ dari segala macam bentuk kemusyrikan, apalagi setelah beliau bekerja sama bahu membahu dengan Imam Muhammad ibn Suโud.
Selain Kitab at-Tauhid, dalam bidang akidah, beliau juga menulis buku-buku atau risalah lain, seperti: Kasyf asy-Syubuhat, Mufid al-Mustqfidfi Kufr Tarik at-Tauhid, al-Ushul ats-Tsalatsah wa Adillatuha, Kalimat fi Bayan Syahadah an La Ilaha Illallah wa Bayan at-Tauhid, Kalimat fi Maโrifah Syahadah an Lailaha illallah wa anna Muhammadan Rasulullah, Arbaโ Qaw.a โid liddin, Arbaโ Qawa โid dzakarahallahu fi Muhkam Kitabih, al-Masailal-Khamsal-Wajib Maโrifatuha dan Tafsir Kalimah at-Tauhid (Lihat โAbdullah ash-Shalih al-โUtsaimin, asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab, Hayatuhu wa Fikruhu (Riyadh: Dar al-โUlum, 1993), h. 73-84.) Di samping buku-buku dan risalah tentang akidah Islam, Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab juga memiliki banyak karya tulis dalam bidang Tafsir, Hadits, Fiqh, dan Sirah Nabawiyyah.
Khusus dalam bidang Fikih, beliau meringkas kitab Zad al-Ma โadfi Huda Khair al- โJbad, karya Imam Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah, kemudian diberinya judul Mukhtashar Zad al-Ma โad. Beliau juga menulis ringkasan dua kitab Fikih terkenal dari madzhab Hanbali, pertama, kitab al-Inshaffi Ma โrifah ar-Rajih min al-Khilaf, karya al-โAlamah al-Faqih โAla ad-Din โAli ibn Sulaiman al-Mardawi al-Hanbali (817-885 H).
Kedua, kitab asy-Syarh al-Kabir, karya Syams ad-Din Abu al-Faraj โAbd ar-Rahman ibn Abi โUmar Ibn Qudamah al-Maqdasy (597-682 H). Kedua kitab ini adalah syarah kitab al-Muqniโ karya Muwaffiq ad-Din โAbdullah ibn Qudamah al-Maqdasy (541-620 H). Ringkasan dua kitab fikih Hanbali tersebut beliau beri nama Mukhtashar al-Inshafwa asy-Syarh al-Kabir. Dari keseluruhan karya beliau, kitab ringkasan inilah yang paling panjang. (Lihat โAbd al-โAziz Zaid ar-Rumy dkk, Muallqfah asy-Syaikh al-Imam Muhammad ibn โAbd al-Wahab (Riyadh: Jamiah al-Imam Muhammad ibn Suโud al-Islamiyah, 1398 H), jilid II: 4. Kitab Muallqfah jilid II ini hanya memuat kitab Mukhtashar al-Inshafwa asy-Syarh al-Kabir sebanyak 789 halaman.) Karya fikih Muhammad โAbd al-Wahhab lainnya adalah Majmuโ al-Hadits โala Abwab al-Fiqh, Adab al-Masyyi ila ash-Shalah, Ibthal Waqaf al-Jinfโwal-ltsmi, dan Ahham ash-Shalah.
Tulisan ini khusus membahas tentang Manhaj Fikih Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab, tetapi sebelumnya diungkapkan secara ringkas perjalanan beliau menuntut ilmu untuk mengetahui latar belakang keilmuan tokoh pembaru ini. Tulisan ini lebih banyak bersifat deskriptif daripada analisis.
๐ฅ๐ถ๐ต๐น๐ฎ๐ต โ๐๐น๐บ๐ถ๐๐๐ฎ๐ต ๐ฆ๐๐ฒ๐ถ๐ธ๐ต ๐ ๐๐ต๐ฎ๐บ๐บ๐ฎ๐ฑ โ๐๐ฏ๐ฑ ๐ฎ๐น-๐ช๐ฎ๐ต๐ต๐ฎ๐ฏ
Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab dilahirkan di โUyainah, Nejd, Jazirah Arabia, tahun 1115 H/1703 M dari keluarga ulama. Bapaknya, Abd al-Wahhab ibn Sulaiman (w 1153 H), adalah seorang yang punya pengalaman panjang dalam fiqh karena pernah menjabat sebagai Qadhi โUyainah dan Huraimalaโ dalam waktu yang lama.
Kakeknya, Sulaiman ibn โAli, termasuk salah seorang ulama terkenal pada masanya, beliau menulis kitab yang terkenal tentang manasik haji yang sering menjadi rujukan para pengikut mazhab Hanbali. Pamannya, Ibrahim ibn Sulaiman, juga seorang ulama yang disegani pada masa itu. (Masโud an-Nadwi, Muhammad ibn โAbd al-Wahhab, Mushlih Mazhlum wa Muftara โalaih (Riyadh: Jamiโah al-Imam Muhammad ibn Suโud al-Islamiyah, 1411), h.31).
Muhammad โAbd al-Wahhab sejak kecil sudah menunjukkan kecerdasan dan kekuatan hafalan yang luar biasa. Belum genap umur 10 tahun beliau sudah hafal Al-Qurโan. Muhammad โAbd al-Wahhab kecil belajar kitab-kitab fiqh Hanbali dari bapaknya, dan juga banyak membaca kitab-kitab hadits dan tafsir. Kecerdasan dan bakatnya yang luar biasa itu membuat kagum bapaknya sendiri. Sering dia meminta anaknya menjadi imam shalat walaupun masih kecil.
Beliau menikah pada waktu masih sangat muda, kemudian pergi melaksanakan ibadah haji dan bermukim di Madinah Munawwarah, kemudian kembali ke โUyainah untuk meneruskan menuntut ilmu dari orang tuanya. Sejak awal beliau sudah rajin menulis, hingga dalam satu kali duduk dapat menulis dua puluh halaman. (Ibid, h. 31-32.)
Hidup di tengah-tengah kelurga besar ulama, kondisi ekonomi yang mendukung, ditambah kecerdasan dan kemauan pribadi yang kuat menyebabkan Muhammad โAbd al-Wahhab dapat secara tekun dan penuh mendalami ajaran Islam, baik melalui orang tuanya sendiri maupun melalui ulama-ulama yang lain. Tidak cukup hanya di โUyainah, beliau menuntut ilmu ke beberapa pusat ilmu waktu itu. Mula-mula beliau pergi ke Bashrah, terus ke Disaโ, kembali lagi ke Bashrah, kemudian ke Madinah Munawwarah, kemudian kembali ke Nejd.
Tatkala berada di Madinah, beliau banyak belajar dari beberapa ulama di Masjid Nabawi, termasuk dua orang ulama yang banyak berpengaruh kepada beliauโ tidak banyak dari segi keilmuan tetapi juga dari segi pembaruan atau ishlahโyaitu Abdullah ibn Saif dan Muhammad Hayah as-Sanadi. Ibn Saif adalah seorang ahli fiqh Hanbali dan juga ahli hadits. Gurunya inilah, sebagai seorang pengagum Ibn Taimiyyah, yang mendorong Muhammad โAbd al-Wahhab untuk mempelajari kitab-kitab ulama besar tersebut.
Sedangkan Muhammad Hayah as-Sanadi adalah seorang โalim dalam hadits dan โulum al-hadits. As-Sanadi banyak menulis buku tentang hadits. Semangat pembaruan dan tidak fanatik mazhab didapatkankan juga oleh Muhammad โAbd al-Wahhab dari gurunya ini. (โAbdullah ash-Shalih al-โUtsaimin, asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab, Hayatuhu \va Fikruhu (Riyadh: Bar al-โUlum, 1993), hlm. 29-32).
Waktu di Bashrah, Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab belajar fiqh, hadits, dan bahasa Arab dari beberapa ulama, di antaranya dari Syeikh Muhammad al-Majmuโi. Berbeda dengan โUyainah, Bashrah adalah kota besar dengan penduduk yang heterogen pemahaman dan pengamalan agamanya. Banyak persoalan muncul, apalagi di kota itu tinggal banyak orang Syiโah.
Bashrah tidak jauh dari tempat-tempat suci Syiโah, seperti Najaf dan Karbala. Sudah bukan rahasia lagi antara Syiโah dan Ahl as-Sunnah banyak terjadi perbedaan. Tinggal di kota seperti itu, Muhammad โAbd al-Wahhab tidak hanya belajar, tapi mulai meluruskan dan menentang apa yang menurut beliau bertentangan dengan kebenaran. Beliau sering berdiskusi dan berdebat dengan para penentang dakwahnya, terutama dalam masalah akidah.
Sedangkan di Ihsaโ, Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab belajar dari beberapa ulama, seperti Abdullah ibn Fairuz, Abdullah ibn Abd al-Lathif, dan Muhammad ibn โAfaliq dan banyak berdiskusi tentang masalah akidah, terutama tauhid. Ihsaโ adalah kota terakhir tempat Muhammad โAbd al-Wahhab belajar di luar โUyainah setelah Hijaz dan Bashrah sebelum kemudian menetap kembali di โUyainah. (Abdullah ash-Shalih al-โUtsaimin, asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab, Hayatuhu wa Fikruhu (Riyadh: Dar al-โUlum, 1993), hlm. 34-36.)
๐ ๐ฎ๐ฑ๐๐ต๐ฎ๐ฏ ๐๐ถ๐ธ๐ถ๐ต ๐ฆ๐๐ฒ๐ถ๐ธ๐ต ๐ ๐๐ต๐ฎ๐บ๐บ๐ฎ๐ฑ โ๐๐ฏ๐ฑ ๐ฎ๐น-๐ช๐ฎ๐ต๐ต๐ฎ๐ฏ
Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab, tidak diragukan lagi, adalah seorang ulama pembaru yang mengembalikan segala persoalan agama kepada dua sumber utamanya, yaitu Al-Qurโan dan as-Sunnah. Beliau ingin melihat Islam tampil dalam bentuknya yang asli, murni, tidak bercampur dengan ajaran agama dan kepercayaan lain. Seluruh persoalan, sedapat mungkin, dikembalikan kepada Al-Qurโan dan as-Sunnah.
Berangkat dari cara berpikir seperti itulah, sekalipun dalam fiqh, beliau mengikuti madzhab Imam Ahmad ibn Hanbal (w. 246 H), tetapi beliau tidak taโashub atau fanatik terhadap mazhab Hanbali.
Dalam suatu kesempatan beliau menyatakan: "๐ด๐๐๐๐ข๐ ๐๐๐ง๐๐๐ ๐๐๐ก๐, ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ง๐๐๐ ๐ผ๐๐๐ ๐ด๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ป๐๐๐๐๐, ๐ผ๐๐๐ ๐ด๐๐ ๐๐ -๐๐ข๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ข๐๐ขโ, ๐ก๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ข ๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐ ๐๐๐๐๐๐ข๐๐๐ ๐๐๐ก๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐. ๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐ ๐ ๐ข๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐
๐๐ ๐ข๐๐ข๐๐๐๐ ๐ ๐๐ค ๐๐๐ก๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ฆ๐. ๐พ๐๐ก๐ ๐ก๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ข๐๐ข๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ก ๐ ๐๐๐๐๐๐ข๐ ๐๐ ๐๐ข๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ก๐๐ ๐๐ -๐๐ข๐๐๐๐ ๐ก๐๐๐ ๐๐๐ข๐ก.โ (๐ด๐๐โ๐๐
๐๐-๐ต๐๐
๐๐, ๐ด๐๐๐๐๐๐๐
๐๐๐ โ๐จ๐๐
๐๐-๐พ๐๐๐๐๐, ๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐ โ๐๐๐๐๐ (๐น๐๐๐๐
๐: ๐ฑ๐๐๐โ๐๐ ๐๐-๐ฐ๐๐๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐๐
๐๐๐ ๐บ๐โ๐๐
๐๐-๐ฐ๐๐๐๐๐๐๐๐๐, 1411), ๐๐๐. 148.)
Dalam kesempatan lain, Muhammad โAbd al-Wahhab menyatakan:
โ๐พ๐๐ก๐ ๐๐๐๐ข๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐ข๐๐ก๐๐๐๐ ๐๐ข๐ก๐๐๐๐, ๐ก๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐ข๐ ๐๐ ๐๐๐ก๐๐๐ ๐๐๐ก๐ ๐ฆ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ข ๐๐๐๐๐ก ๐๐๐๐๐๐ข๐๐๐๐๐ฆ๐. ๐ด๐๐๐ ๐ก๐๐ก๐๐๐, ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ข๐๐ข๐ก ๐๐๐ก๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ก ๐ฆ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ -๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ด๐-๐๐ข๐โ๐๐ ๐๐๐ข๐๐ข๐ ๐๐ -๐๐ข๐๐๐๐ ๐ฆ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ข๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐-๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ฆ๐๐๐ ๐๐๐๐, ๐ก๐๐๐ก๐ข ๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐ ๐๐๐๐๐, ๐ค๐๐๐๐ข๐๐ข๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐ ๐๐๐๐ข๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ก ๐ป๐๐๐๐๐๐๐๐.โ (๐ด๐๐โ๐๐
๐๐-๐ต๐๐
๐๐, ๐ด๐๐๐๐๐๐๐
๐๐๐ โ๐จ๐๐
๐๐-๐พ๐๐๐๐๐, ๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐ โ๐๐๐๐๐ (๐น๐๐๐๐
๐: ๐ฑ๐๐๐โ๐๐ ๐๐-๐ฐ๐๐๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐๐
๐๐๐ ๐บ๐โ๐๐
๐๐-๐ฐ๐๐๐๐๐๐๐๐๐, 1411), ๐. 149).
Adakalanya, dalam beberapa hal, beliau berhujjah dengan mengutip pendapat Imam Ibn Taimiyyah dan Imam Ibn al-Qayyim, tanpa harus taklid kepada keduanya. Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab hanya mengikuti Ibn Taimiyyah dan Ibn al-Qayyim, jika menurut pengetahuannya, pendapat kedua imam besar tersebut sesuai dengan Al-Qurโan dan as-Sunnah.
Beliau menyukai dua tokoh besar ini, karena komitmen mereka berdua yang sangat kuat untuk berpegang teguh kepada Al-Qurโan dan as-Sunnah. Muhammad โAbd al-Wahhab menyatakan: โImam Ibn al-Qayyim dan gurunya adalah dua orang imam kebenaran dan Ahlus Sunnah, kitab-kitab mereka, bagi kami, termasuk kitab-kitab yang bemilai tinggi, namun demikian kita tidak taklid mengikuti mereka berdua dalam setiap persoalan.โ (ibid.)
Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab, dalam persoalan furuโfiqhiyyah memang seorang Hanbali, tetapi beliau tidak memaksa orang lain untuk mengikutinya. Beliau meminta kepada seorang pengikuti Syafii untuk tetap menjadi Syafiiyan, pengikuti Hanafi tetap menjadi seorang Hanafiyan, karena tidak seorang pun imam-imam fikih yang membenarkan perbuatan bidโah dan taqlid. Dalam hal ini, Muhammad โAbd al-Wahhab menyatakan: โKami juga dalam masalah furuโ mengikuti mazhab Imam Ahmad ibn Hanbal, tetapi kami tidak menolak kalau ada yang bertaklid kepada salah satu dari empat mazhab yang ada, karena mazhab-mazhab yang lain seperti Rafidhah tidak dapat dipercayaโฆโ. (Masโud an-Nadwi, Muhammad ibn โAbd al-Wahhab, Mushlih Mazhlum wa Muftara โalaih (Riyadh: Jamiโah al-Imam Muhammad ibn Suโud al-Islamiyyah, 1411), hlm. 149.)
Seperti sudah dijelaskan di atas, di samping memang tidak taโashub dengan mazhab Hanbali, Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab juga tidak menjadi penganjur orang untuk mengikuti mazhab yang dianutnya sebagaimana banyak dilakukan oleh para pengikuti mazhab fiqih lainnya. Beliau hanya mengambil dari mazhab Hanbali apa-apa yang sesuai dengan dalil, dan mengambil pendapat imam-imam fiqh lain mana yang menurut beliau dalilnya kuat. (Lihat juga Mannaโ al-Qathan, โIโtimad Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab โala al-Kitab wa as-Sunnahโ dalam Buhuts Nadwah Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab rahimahullah (Riyadh: Jamiโah Imam Muhammad ibn Suโud al-Islamiyyah, 1991), jilid I, hlm. 239-241).
๐๐ฒ๐ฟ๐ฝ๐ฒ๐ด๐ฎ๐ป๐ด ๐ง๐ฒ๐ด๐๐ต ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ฎ๐น-๐ค๐๐ฟโ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฎ๐-๐ฆ๐๐ป๐ป๐ฎ๐ต
Dalam berbagai kesempatan, baik melalui buku-buku, risalah-risalah, fatwa-fatwa, dan pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada murid-muridnya, Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab, berulang-ulang menegaskan pentingnya kembali kepada al-Qurโan dan as-Sunnah. Tidak hanya dalam masalah akidah, dalam persoalan fikih pun sikap ini tetap beliau ikuti dengan konsisten.
Kita akan lihat dalam tulisan-tulisannya tentang berbagai persoalan fikih, beliau konsisten mengemukakan dalil dari al-Qurโan dan as-Sunnah, salah satu atau kedua-duanya. Sebagai contoh, tentang tayyamum, dalam Kitab Thaharah, Muhammad โAbd al-Wahhab menulis: โTayammum termasuk kekhususan umat ini, Allah tidak menjadikan tanah suci bagi umat lainnya, dia juga merupakan ganti bersuci dengan air untuk segala sesuatu yang menggunakan air tetapi tidak dapat ditemukan. Syarat tayamum ada empat: 1) Tidak sanggup menggunakan air, bisa karena tidak ada air berdasarkan firman Allah: โโฆlalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik..โ(Q.s. Al-Maidah: 6), atau karena khawatir penggunaan air akan mendatangkan mudharat karena sakit tertentu, atau karena sangat dingin atau karena luka, berdasarkan firman Allah: โโฆdan jika kamu sakitโฆโ (Q.s. Al-Maidah: 6).
Dan juga berdasarkan hadits โAmru bin al-โAsh, diriwayatkan oleh Abu Daud. Atau takut kehabisan air untuk minum, berdasarkan ijmaโ yang diriwayatkan oleh Ibn Al-Mundzir, atau dia harus membelinya dengan harga yang mahal lebih dari harga biasa. Jika dia mungkin menggunakan air untuk sebagian badan, harus dia gunakan dan bertayammum untuk bagian badan yang lain, berdasarkan hadits Abu Hurairah yang di dalamnya ada teks: โJika aku memerintahkan kamu untuk melakukan sesuatu, maka lakukanlah sebatas kemampuanmu.โ
2) Telah masuk waktu. Berkata Syeikh Taqiyuddin: โTayammum menghilangkan hadats. Ini adalah mazhab Abu Hanifah, dan riwayat dari Ahmad. Dia berkata dalam al-Fatawa al-Mishriyyah: Tayammum untuk setiap waktu shalat sampai masuk waktu shalat lain adalah pendapat yang paling baik.โ (Mannaโ al-Qathan, โIโtimad Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab โala al-Kitab wa as-Sunnahโ dalam Buhuts Nadwah Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab rahimahullah (Riyadh: JamPah Imam Muhammad ibn Suโud al-Islamiyyah, 1991), jilid I, hlm. 239-240.)
Contoh lain tentang shalat berjamaโah beliau menulis: โPaling sedikit shalat berjamaโah dua orang, kecuali Jumโat dan Shalat โled. Hukumnya wajib atas setiap orang, baik yang muqim, maupun yang musafir, bahkan tetap wajib dalam keadaan takut, berdasarkan firman Allah Taโala: โDan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka, lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka...โ (Q.s. An-Nisaโ: 102).
Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibandingkan shalat sendiri. Lebih utama dikerjakan di Masjid, apalagi di Masjid Haram, dan begitu juga lebih utama jika jamaโahnya lebih banyak, dan masjidnya lebih jauh, janganlah seseorang mengimami shalat di sebuah masjid sebelum imam tetap, kecuali atas izinnya, atau imam ratibnya terlambat, maka tidak makruh, berdasarkan perbuatan Abu Bakar dan Abd ar-Rahman ibn โ Auf.โ (Abd al-Muhsin ibn Hamad al-Badar, Syarh Kitab Adah al-Masyi ila ash-Shalah (al-Musytamil โala Ahkam ash-Shalah, wa az-Zakah wa ash-Shiyam), karya Syaikh al-Islam Muhammad ibn โAbd al-Wahhab (Riyadh: t.p., 1426), hlm 108-110).
Sekalipun Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab selalu merujuk kepada Al-Qurโan dan as-Sunnah, tetapi secara teknis adakalanya beliau tidak mengutip sama sekali teks Hadits yang dimaksud, malah kadangkala tidak menyebut sama sekali dalil yang dirujuknya. Misalnya, tentang menentukan awal Ramadlan, beliau menulis: โDisunahkan mengamati munculnya hilal malam tiga puluh bulan Syaโban, diwajibkan puasa Ramadhan apabila hilal sudah terlihat, maka apabila tidak dapat dilihat hilal, maka sempurnakanlah Syaโban tiga puluh hari, barulah kemudian berpuasa tanpa ada perbedaan pendapatโ(Abd al-Muhsin ibn Hamad al-Badar, Syarh Kitab Adab al-Masyi ila ash-Shalah (al-Musytamil โala Ahkam ash-Shalah, wa az-Zakah wa ash-Shiyam), karya Syaikh al-Islam Muhammad ibn โAbd al-Wahhab (Riyadh: t.p., 1426) hlm. 215).
Dalam masalah ini, Muhammad โAbd al-Wahhab tidak mengutip hadits riwayat Bukhari dan Muslim tentang menentukan awal Ramadhan dan awal Syawal dengan melihat hilal, apabila hilal tidak terlihat karena mendung, jumlah hari dalam bulan itu dipenuhkan tiga puluh.
Boleh jadi, teks hadits tersebut tidak dikutip karena sudah sangat populer atau sudah ditulis pada buku atau risalah lain. Penulis Syarah, seperti โAbd al-Muhsin al-Badr, kemudian menelusuri dan mengutipnya dengan menyebut sumbernya.
๐๐บ๐ฝ๐ฎ๐ ๐๐ฎ๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ต ๐ฃ๐ผ๐ธ๐ผ๐ธ
Menurut Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab, ada empat kaidah pokok yang menjadi landasan memahami agama Islam, baik dalam ilmu tafsir, ilmu ushul, atau ilmu amalan hati atau yang dinamai ilmu suluk, ilmu halal dan haram atau ahkam atau yang dinamai dengan fiqh, atau ilmu waโd dan waโid atau ilmu-ilmu agama yang lainnya. Empat kaidah itu adalah:
Pertama, tidak boleh berbicara tentang Allah tanpa ilmu. Berdasarkan firman Allah S WT yang artinya: โKatakanlah: โTuhanku Hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang Nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.โ (Q.s. Al-Aโraf: 33).
Kedua, segala sesuatu yang Asy-Syariโ mendiamkannya maka dia termasuk yang dimaafkan, tidak boleh seorang pun mengharamkan, atau mewajibkan, atau mengistihabkan, atau memakruhkannya. Berdasarkan firman Allah SWTโ: โHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantunโ. (Q.s. Al-Maidah: 101).
Nabi Muhammad saw bersabda: โSegala sesuatu yang Allah mendiamkannya adalah rahmat bagi kalian, bukan karena lupa, oleh sebab itu jangan bertanya tentang hal ituโ (H.R. ad-Daruquthni, menurut Imam Nawawi hadits ini hasan).
Ketiga, meninggalkan dalil yang jelas, kemudian beristidlal dengan lafzh mutasyabih adalah jalan orang yang menyimpang seperti Rafidhah dan Khawarij. Allah SwT berfirman yang artinya: โDia-lah yang menurunkan Al-Kitab (al-Qurโan) kepada kamu, di antara (isi)-nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, Itulah pokok-pokok isi Al-Qurโan dan yang lain (ayat-ayat) mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyabihat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari taโwil-nya (Q.s. Ali Imran: 7).
Adalah wajib bagi seorang Muslim mengikuti yang muhkam. Jika dia mengetahui makna mutasyabih, boleh diikuti jika tidak bertentang dengan yang muhkam, kalau tidak, wajib baginya mengikuti apa yang dikatakan oleh orang-orang yang mendalam ilmunya, yaitu: โKami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami.โ (Bagian dari Q.s. Ali Imran: 7.)
Keempat, Nabi Muhammad saw menyebutkan bahwa yang halal sudah jelas, dan yang haram juga sudah jelas, sedangkan antara keduanya ada perkara-perkara yang mutasyabihat, maka barangsiapa yang tidak mengikuti kaidah ini, lalu ingin berbicara tentang segala sesuatu tentang panjang lebar, maka dia telah sesat dan menyesatkan(Shalih ibn Abd ar-Rahman al-Athram, โIโtimad Fiqh Dakwah Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahab โala al-Kitab wa as-Sunnahโ, dalam Buhuts Nadwah Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โAbd al-Wahhab rahimahullah (Riyadh: Jamiโah Imam Muhammad ibn Suโud al-Islamiyyah, 1991), jilid I, hlm. 272-273).
๐ฃ๐ฒ๐ป๐๐๐๐ฝ
Dari uraian ringkas di atas jelaslah bagi kita bahwa Syeikh Muhammad โAbd al-Wahhab, dalam bidang fikih โsebagaimana bidang-bidang yang lainโ selalu berpegang teguh dengan al-Qurโan dan as-Sunnah. Beliau berangkat dan mengembalikan segala sesuatunya kepada kedua sumber utama ajaran Islam ini.
Sekalipun beliau dididik sejak kecil dalam mazhab Hanbali dan kemudian menjadi pengikutnya, tetapi beliau tidaklah memiliki sikap fanatik atau taโashub dengan mazhab ini, dan tidak ada hambatan bagi beliau mengambil pendapat mazhab yang lainnya jika menurutnya sesuai dengan al-Qurโan dan as-Sunnah.