Rabu, 24 April 2024

๐Œ๐š๐ง๐ก๐š๐ฃ ๐…๐ข๐ค๐ข๐ก ๐’๐ฒ๐ž๐ข๐ค๐ก ๐Œ๐ฎ๐ก๐š๐ฆ๐ฆ๐š๐ ๐ข๐›๐ง โ€˜๐€๐›๐ ๐š๐ฅ-๐–๐š๐ก๐ก๐š๐›.๐‘ถ๐’๐’†๐’‰: ๐‘ท๐’“๐’๐’‡. ๐‘ซ๐’“. ๐‘ฏ. ๐’€๐’–๐’๐’‚๐’‰๐’‚๐’“ ๐‘ฐ๐’๐’š๐’‚๐’”, ๐‘ณ๐’„., ๐‘ด.๐‘จ.( ๐‘ฒ๐’†๐’•๐’–๐’‚ ๐‘ท๐‘ท ๐‘ด๐’–๐’‰๐’‚๐’Ž๐’Ž๐’‚๐’…๐’Š๐’š๐’‚๐’‰)

๐Œ๐š๐ง๐ก๐š๐ฃ ๐…๐ข๐ค๐ข๐ก ๐’๐ฒ๐ž๐ข๐ค๐ก ๐Œ๐ฎ๐ก๐š๐ฆ๐ฆ๐š๐ ๐ข๐›๐ง โ€˜๐€๐›๐ ๐š๐ฅ-๐–๐š๐ก๐ก๐š๐›.

๐‘ถ๐’๐’†๐’‰: ๐‘ท๐’“๐’๐’‡. ๐‘ซ๐’“. ๐‘ฏ. ๐’€๐’–๐’๐’‚๐’‰๐’‚๐’“ ๐‘ฐ๐’๐’š๐’‚๐’”, ๐‘ณ๐’„., ๐‘ด.๐‘จ.
( ๐‘ฒ๐’†๐’•๐’–๐’‚ ๐‘ท๐‘ท ๐‘ด๐’–๐’‰๐’‚๐’Ž๐’Ž๐’‚๐’…๐’Š๐’š๐’‚๐’‰)

Syeikh Muhammad ibn โ€˜Abd al- Wahhab (selanjutnya ditulis Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab). (1115-1206 H) adalah seorang Mujaddid besar abad XII H yang luas pengaruhnya di dunia Islam, terutama dalam pemurnian Tauhid. Jika disebut namanya, orang akan segera ingat Kitab at-Tauhid alladzi Huwa Haqqullah โ€˜ala al- โ€˜Abid (Judul lengkapnya Kitab at-Tauhid alladzi Huwa Haqqullah โ€˜ala al- โ€˜Abid, tetapi popular dengan judul awalnya saja, yaitu Kitab at-Tauhid) dan perjuangannya membersihkan akidah umat Islam pada masa ituโ€“terutama wilayah Nejd Jazirah Arabiaโ€” dari segala macam bentuk kemusyrikan, apalagi setelah beliau bekerja sama bahu membahu dengan Imam Muhammad ibn Suโ€™ud. 

Selain Kitab at-Tauhid, dalam bidang akidah, beliau juga menulis buku-buku atau risalah lain, seperti: Kasyf asy-Syubuhat, Mufid al-Mustqfidfi Kufr Tarik at-Tauhid, al-Ushul ats-Tsalatsah wa Adillatuha, Kalimat fi Bayan Syahadah an La Ilaha Illallah wa Bayan at-Tauhid, Kalimat fi Maโ€™rifah Syahadah an Lailaha illallah wa anna Muhammadan Rasulullah, Arbaโ€™ Qaw.a โ€˜id liddin, Arbaโ€™ Qawa โ€˜id dzakarahallahu fi Muhkam Kitabih, al-Masailal-Khamsal-Wajib Maโ€™rifatuha dan Tafsir Kalimah at-Tauhid  (Lihat โ€˜Abdullah ash-Shalih al-โ€˜Utsaimin, asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab, Hayatuhu wa Fikruhu (Riyadh: Dar al-โ€˜Ulum, 1993), h. 73-84.) Di samping buku-buku dan risalah tentang akidah Islam, Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab juga memiliki banyak karya tulis dalam bidang Tafsir, Hadits, Fiqh, dan Sirah Nabawiyyah. 

Khusus dalam bidang Fikih, beliau meringkas kitab Zad al-Ma โ€˜adfi Huda Khair al- โ€˜Jbad, karya Imam Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah, kemudian diberinya judul Mukhtashar Zad al-Ma โ€˜ad. Beliau juga menulis ringkasan dua kitab Fikih terkenal dari madzhab Hanbali, pertama, kitab al-Inshaffi Ma โ€˜rifah ar-Rajih min al-Khilaf, karya al-โ€˜Alamah al-Faqih โ€˜Ala ad-Din โ€˜Ali ibn Sulaiman al-Mardawi al-Hanbali (817-885 H). 

Kedua, kitab asy-Syarh al-Kabir, karya Syams ad-Din Abu al-Faraj โ€˜Abd ar-Rahman ibn Abi โ€˜Umar Ibn Qudamah al-Maqdasy (597-682 H). Kedua kitab ini adalah syarah kitab al-Muqniโ€™ karya Muwaffiq ad-Din โ€˜Abdullah ibn Qudamah al-Maqdasy (541-620 H). Ringkasan dua kitab fikih Hanbali tersebut beliau beri nama Mukhtashar al-Inshafwa asy-Syarh al-Kabir. Dari keseluruhan karya beliau, kitab ringkasan inilah yang paling panjang. (Lihat โ€˜Abd al-โ€˜Aziz Zaid ar-Rumy dkk, Muallqfah asy-Syaikh al-Imam Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahab (Riyadh: Jamiah al-Imam Muhammad ibn Suโ€™ud al-Islamiyah, 1398 H), jilid II: 4. Kitab Muallqfah jilid II ini hanya memuat kitab Mukhtashar al-Inshafwa asy-Syarh al-Kabir sebanyak 789 halaman.) Karya fikih Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab lainnya adalah Majmuโ€™ al-Hadits โ€˜ala Abwab al-Fiqh, Adab al-Masyyi ila ash-Shalah, Ibthal Waqaf al-Jinfโ€™wal-ltsmi, dan Ahham ash-Shalah. 

Tulisan ini khusus membahas tentang Manhaj Fikih Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab, tetapi sebelumnya diungkapkan secara ringkas perjalanan beliau menuntut ilmu untuk mengetahui latar belakang keilmuan tokoh pembaru ini. Tulisan ini lebih banyak bersifat deskriptif daripada analisis.  

๐—ฅ๐—ถ๐—ต๐—น๐—ฎ๐—ต โ€˜๐—œ๐—น๐—บ๐—ถ๐˜†๐˜†๐—ฎ๐—ต ๐—ฆ๐˜†๐—ฒ๐—ถ๐—ธ๐—ต ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ โ€˜๐—”๐—ฏ๐—ฑ ๐—ฎ๐—น-๐—ช๐—ฎ๐—ต๐—ต๐—ฎ๐—ฏ  

Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab dilahirkan di โ€˜Uyainah, Nejd, Jazirah Arabia, tahun 1115 H/1703 M dari keluarga ulama. Bapaknya, Abd al-Wahhab ibn Sulaiman (w 1153 H), adalah seorang yang punya pengalaman panjang dalam fiqh karena pernah menjabat sebagai Qadhi โ€˜Uyainah dan Huraimalaโ€™ dalam waktu yang lama. 

Kakeknya, Sulaiman ibn โ€˜Ali, termasuk salah seorang ulama terkenal pada masanya, beliau menulis kitab yang terkenal tentang manasik haji yang sering menjadi rujukan para pengikut mazhab Hanbali. Pamannya, Ibrahim ibn Sulaiman, juga seorang ulama yang disegani pada masa itu. (Masโ€™ud an-Nadwi, Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab, Mushlih Mazhlum wa Muftara โ€˜alaih (Riyadh: Jamiโ€™ah al-Imam Muhammad ibn Suโ€™ud al-Islamiyah, 1411), h.31).

Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab sejak kecil sudah menunjukkan kecerdasan dan kekuatan hafalan yang luar biasa. Belum genap umur 10 tahun beliau sudah hafal Al-Qurโ€™an. Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab kecil belajar kitab-kitab fiqh Hanbali dari bapaknya, dan juga banyak membaca kitab-kitab hadits dan tafsir. Kecerdasan dan bakatnya yang luar biasa itu membuat kagum bapaknya sendiri. Sering dia meminta anaknya menjadi imam shalat walaupun masih kecil. 

Beliau menikah pada waktu masih sangat muda, kemudian pergi melaksanakan ibadah haji dan bermukim di Madinah Munawwarah, kemudian kembali ke โ€˜Uyainah untuk meneruskan menuntut ilmu dari orang tuanya. Sejak awal beliau sudah rajin menulis, hingga dalam satu kali duduk dapat menulis dua puluh halaman. (Ibid, h. 31-32.) 

Hidup di tengah-tengah kelurga besar ulama, kondisi ekonomi yang mendukung, ditambah kecerdasan dan kemauan pribadi yang kuat menyebabkan Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab dapat secara tekun dan penuh mendalami ajaran Islam, baik melalui orang tuanya sendiri maupun melalui ulama-ulama yang lain. Tidak cukup hanya di โ€˜Uyainah, beliau menuntut ilmu ke beberapa pusat ilmu waktu itu. Mula-mula beliau pergi ke Bashrah, terus ke Disaโ€™, kembali lagi ke Bashrah, kemudian ke Madinah Munawwarah, kemudian kembali ke Nejd. 

Tatkala berada di Madinah, beliau banyak belajar dari beberapa ulama di Masjid Nabawi, termasuk dua orang ulama yang banyak berpengaruh kepada beliauโ€“ tidak banyak dari segi keilmuan tetapi juga dari segi pembaruan atau ishlahโ€”yaitu Abdullah ibn Saif dan Muhammad Hayah as-Sanadi. Ibn Saif adalah seorang ahli fiqh Hanbali dan juga ahli hadits. Gurunya inilah, sebagai seorang pengagum Ibn Taimiyyah, yang mendorong Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab untuk mempelajari kitab-kitab ulama besar tersebut. 

Sedangkan Muhammad Hayah as-Sanadi adalah seorang โ€˜alim dalam hadits dan โ€˜ulum al-hadits. As-Sanadi banyak menulis buku tentang hadits. Semangat pembaruan dan tidak fanatik mazhab didapatkankan juga oleh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab dari gurunya ini. (โ€˜Abdullah ash-Shalih al-โ€˜Utsaimin, asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab, Hayatuhu \va Fikruhu (Riyadh: Bar al-โ€˜Ulum, 1993), hlm. 29-32). 

Waktu di Bashrah, Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab belajar fiqh, hadits, dan bahasa Arab dari beberapa ulama, di antaranya dari Syeikh Muhammad al-Majmuโ€™i. Berbeda dengan โ€˜Uyainah, Bashrah adalah kota besar dengan penduduk yang heterogen pemahaman dan pengamalan agamanya. Banyak persoalan muncul, apalagi di kota itu tinggal banyak orang Syiโ€™ah. 

Bashrah tidak jauh dari tempat-tempat suci Syiโ€™ah, seperti Najaf dan Karbala. Sudah bukan rahasia lagi antara Syiโ€™ah dan Ahl as-Sunnah banyak terjadi perbedaan. Tinggal di kota seperti itu, Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab tidak hanya belajar, tapi mulai meluruskan dan menentang apa yang menurut beliau bertentangan dengan kebenaran. Beliau sering berdiskusi dan berdebat dengan para penentang dakwahnya, terutama dalam masalah akidah. 

Sedangkan di Ihsaโ€™, Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab belajar dari beberapa ulama, seperti Abdullah ibn Fairuz, Abdullah ibn Abd al-Lathif, dan Muhammad ibn โ€˜Afaliq dan banyak berdiskusi tentang masalah akidah, terutama tauhid. Ihsaโ€™ adalah kota terakhir tempat Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab belajar di luar โ€˜Uyainah setelah Hijaz dan Bashrah sebelum kemudian menetap kembali di โ€˜Uyainah. (Abdullah ash-Shalih al-โ€˜Utsaimin, asy-Syaikh Muhammad ibn  โ€˜Abd al-Wahhab, Hayatuhu wa Fikruhu (Riyadh: Dar al-โ€˜Ulum, 1993), hlm. 34-36.) 

๐— ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‡๐—ต๐—ฎ๐—ฏ ๐—™๐—ถ๐—ธ๐—ถ๐—ต ๐—ฆ๐˜†๐—ฒ๐—ถ๐—ธ๐—ต ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ โ€˜๐—”๐—ฏ๐—ฑ ๐—ฎ๐—น-๐—ช๐—ฎ๐—ต๐—ต๐—ฎ๐—ฏ 

Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab, tidak diragukan lagi, adalah seorang ulama pembaru yang mengembalikan segala persoalan agama kepada dua sumber utamanya, yaitu Al-Qurโ€™an dan as-Sunnah. Beliau ingin melihat Islam tampil dalam bentuknya yang asli, murni, tidak bercampur dengan ajaran agama dan kepercayaan lain. Seluruh persoalan, sedapat mungkin, dikembalikan kepada Al-Qurโ€™an dan as-Sunnah. 

Berangkat dari cara berpikir seperti itulah, sekalipun dalam fiqh, beliau mengikuti madzhab Imam Ahmad ibn Hanbal (w. 246 H), tetapi beliau tidak taโ€™ashub atau fanatik terhadap mazhab Hanbali. 

Dalam suatu kesempatan beliau menyatakan: "๐ด๐‘‘๐‘Ž๐‘๐‘ข๐‘› ๐‘š๐‘Ž๐‘ง๐’‰๐‘Ž๐‘ ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž, ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐’‰ ๐‘š๐‘Ž๐‘ง๐’‰๐‘Ž๐‘ ๐ผ๐‘š๐‘Ž๐‘š ๐ด๐’‰๐‘š๐‘Ž๐‘‘ ๐‘–๐‘๐‘› ๐ป๐‘Ž๐‘›๐‘๐‘Ž๐‘™, ๐ผ๐‘š๐‘Ž๐‘š ๐ด๐’‰๐‘™ ๐‘Ž๐‘ -๐‘†๐‘ข๐‘›๐‘›๐‘Ž๐’‰ ๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘š ๐‘š๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐’‰ ๐‘“๐‘ข๐‘Ÿ๐‘ขโ€™, ๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜ ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘™๐‘ข ๐‘™๐‘Ž๐‘”๐‘– ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘š๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘˜๐‘ข๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘—๐‘ก๐‘–๐’‰๐‘Ž๐‘‘ ๐‘ ๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘Ÿ๐‘–. ๐ด๐‘๐‘Ž๐‘๐‘–๐‘™๐‘Ž ๐‘—๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘  ๐‘๐‘Ž๐‘”๐‘– ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘ ๐‘ข๐‘›๐‘›๐‘Ž๐’‰ ๐‘ ๐’‰๐‘Ž๐’‰๐‘–๐’‰๐‘Ž๐’‰ ๐‘‘๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘– ๐‘…๐‘Ž๐‘ ๐‘ข๐‘™๐‘ข๐‘™๐‘™๐‘Ž๐’‰ ๐‘ ๐‘Ž๐‘ค ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘š๐‘Ž๐‘™๐‘˜๐‘Ž๐‘›๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž. ๐พ๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜ ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘Ž๐’‰๐‘ข๐‘™๐‘ข๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘ก ๐‘ ๐‘–๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘๐‘ข๐‘› ๐‘‘๐‘– ๐‘‘๐‘ข๐‘›๐‘–๐‘Ž ๐‘–๐‘›๐‘– ๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘  ๐‘Ž๐‘ -๐‘†๐‘ข๐‘›๐‘›๐‘Ž๐’‰ ๐‘ก๐‘’๐‘Ÿ๐‘ ๐‘’๐‘๐‘ข๐‘ก.โ€ (๐‘ด๐’‚๐’”โ€™๐’–๐’… ๐’‚๐’-๐‘ต๐’‚๐’…๐’˜๐’Š, ๐‘ด๐’–๐’‰๐’‚๐’Ž๐’Ž๐’‚๐’… ๐’Š๐’ƒ๐’ โ€˜๐‘จ๐’ƒ๐’… ๐’‚๐’-๐‘พ๐’‚๐’‰๐’‰๐’‚๐’ƒ, ๐‘ด๐’–๐’”๐’‰๐’๐’Š๐’‰ ๐‘ด๐’‚๐’›๐’‰๐’๐’–๐’Ž ๐’˜๐’‚ ๐‘ด๐’–๐’‡๐’•๐’‚๐’“๐’‚ โ€˜๐’‚๐’๐’‚๐’Š๐’‰ (๐‘น๐’Š๐’š๐’‚๐’…๐’‰: ๐‘ฑ๐’‚๐’Ž๐’Šโ€™๐’‚๐’‰ ๐’‚๐’-๐‘ฐ๐’Ž๐’‚๐’Ž ๐‘ด๐’–๐’‰๐’‚๐’Ž๐’Ž๐’‚๐’… ๐’Š๐’ƒ๐’ ๐‘บ๐’–โ€™๐’–๐’… ๐’‚๐’-๐‘ฐ๐’”๐’๐’‚๐’Ž๐’Š๐’š๐’š๐’‚๐’‰, 1411), ๐’‰๐’๐’Ž. 148.) 

Dalam kesempatan lain, Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab menyatakan: 

โ€œ๐พ๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘๐‘’๐‘™๐‘ข๐‘š ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐’‰๐‘Ž๐‘˜ ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘—๐‘Ž๐‘‘๐‘– ๐‘š๐‘ข๐‘—๐‘ก๐‘Ž๐’‰๐‘–๐‘‘ ๐‘š๐‘ข๐‘ก๐’‰๐‘™๐‘Ž๐‘˜, ๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜ ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž ๐‘ ๐‘’๐‘œ๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘๐‘ข๐‘› ๐‘‘๐‘– ๐‘Ž๐‘›๐‘ก๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘˜๐‘ข ๐‘‘๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘ก ๐‘š๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘˜๐‘ข๐‘˜๐‘Ž๐‘›๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž. ๐ด๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘ก๐‘’๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘–, ๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘š ๐‘๐‘’๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘๐‘Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐’‰, ๐‘—๐‘–๐‘˜๐‘Ž ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘ข๐‘Ÿ๐‘ข๐‘ก ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž ๐‘๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘ก ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘—๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘ -๐‘—๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘  ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘‘๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐ด๐‘™-๐‘„๐‘ข๐‘Ÿโ€™๐‘Ž๐‘› ๐‘š๐‘Ž๐‘ข๐‘๐‘ข๐‘› ๐‘Ž๐‘ -๐‘†๐‘ข๐‘›๐‘›๐‘Ž๐’‰ ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘‘๐‘–๐‘˜๐‘’๐‘š๐‘ข๐‘˜๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘š๐‘Ž๐‘š-๐‘–๐‘š๐‘Ž๐‘š ๐‘“๐‘–๐‘ž๐’‰ ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘™๐‘Ž๐‘–๐‘›, ๐‘ก๐‘’๐‘›๐‘ก๐‘ข ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘Ž๐‘š๐‘๐‘–๐‘™, ๐‘ค๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘ข๐‘๐‘ข๐‘› ๐‘‘๐‘’๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘› ๐‘‘๐‘’๐‘š๐‘–๐‘˜๐‘–๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐’‰๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘ข๐‘  ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘–๐‘›๐‘”๐‘”๐‘Ž๐‘™๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘ก ๐ป๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘๐‘–๐‘™๐‘Ž๐’‰.โ€ (๐‘ด๐’‚๐’”โ€™๐’–๐’… ๐’‚๐’-๐‘ต๐’‚๐’…๐’˜๐’Š, ๐‘ด๐’–๐’‰๐’‚๐’Ž๐’Ž๐’‚๐’… ๐’Š๐’ƒ๐’ โ€˜๐‘จ๐’ƒ๐’… ๐’‚๐’-๐‘พ๐’‚๐’‰๐’‰๐’‚๐’ƒ, ๐‘ด๐’–๐’”๐’‰๐’๐’Š๐’‰ ๐‘ด๐’‚๐’›๐’‰๐’๐’–๐’Ž ๐’˜๐’‚ ๐‘ด๐’–๐’‡๐’•๐’‚๐’“๐’‚ โ€˜๐’‚๐’๐’‚๐’Š๐’‰ (๐‘น๐’Š๐’š๐’‚๐’…๐’‰: ๐‘ฑ๐’‚๐’Ž๐’Šโ€™๐’‚๐’‰ ๐’‚๐’-๐‘ฐ๐’Ž๐’‚๐’Ž ๐‘ด๐’–๐’‰๐’‚๐’Ž๐’Ž๐’‚๐’… ๐’Š๐’ƒ๐’ ๐‘บ๐’–โ€™๐’–๐’… ๐’‚๐’-๐‘ฐ๐’”๐’๐’‚๐’Ž๐’Š๐’š๐’š๐’‚๐’‰, 1411), ๐’‰. 149).

Adakalanya, dalam beberapa hal, beliau berhujjah dengan mengutip pendapat Imam Ibn Taimiyyah dan Imam Ibn al-Qayyim, tanpa harus taklid kepada keduanya. Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab hanya mengikuti Ibn Taimiyyah dan Ibn al-Qayyim, jika menurut pengetahuannya, pendapat kedua imam besar tersebut sesuai dengan Al-Qurโ€™an dan as-Sunnah. 

Beliau menyukai dua tokoh besar ini, karena komitmen mereka berdua yang sangat kuat untuk berpegang teguh kepada Al-Qurโ€™an dan as-Sunnah. Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab menyatakan: โ€œImam Ibn al-Qayyim dan gurunya adalah dua orang imam kebenaran dan Ahlus Sunnah, kitab-kitab mereka, bagi kami, termasuk kitab-kitab yang bemilai tinggi, namun demikian kita tidak taklid mengikuti mereka berdua dalam setiap persoalan.โ€ (ibid.)

Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab, dalam persoalan furuโ€™fiqhiyyah memang seorang Hanbali, tetapi beliau tidak memaksa orang lain untuk mengikutinya. Beliau meminta kepada seorang pengikuti Syafii untuk tetap menjadi Syafiiyan, pengikuti Hanafi tetap menjadi seorang Hanafiyan, karena tidak seorang pun imam-imam fikih yang membenarkan perbuatan bidโ€™ah dan taqlid. Dalam hal ini, Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab menyatakan: โ€œKami juga dalam masalah furuโ€™ mengikuti mazhab Imam Ahmad ibn Hanbal, tetapi kami tidak menolak kalau ada yang bertaklid kepada salah satu dari empat mazhab yang ada, karena mazhab-mazhab yang lain seperti Rafidhah tidak dapat dipercayaโ€ฆโ€. (Masโ€™ud an-Nadwi, Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab, Mushlih Mazhlum wa Muftara โ€˜alaih (Riyadh: Jamiโ€™ah al-Imam Muhammad ibn Suโ€™ud al-Islamiyyah, 1411), hlm. 149.)

Seperti sudah dijelaskan di atas, di samping memang tidak taโ€™ashub dengan mazhab Hanbali, Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab juga tidak menjadi penganjur orang untuk mengikuti mazhab yang dianutnya sebagaimana banyak dilakukan oleh para pengikuti mazhab fiqih lainnya. Beliau hanya mengambil dari mazhab Hanbali apa-apa yang sesuai dengan dalil, dan mengambil pendapat imam-imam fiqh lain mana yang menurut beliau dalilnya kuat. (Lihat juga Mannaโ€™ al-Qathan, โ€œIโ€™timad Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab โ€˜ala al-Kitab wa as-Sunnahโ€ dalam Buhuts Nadwah Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab rahimahullah (Riyadh: Jamiโ€™ah Imam Muhammad ibn Suโ€™ud al-Islamiyyah, 1991), jilid I, hlm. 239-241). 

๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ฝ๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ง๐—ฒ๐—ด๐˜‚๐—ต ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—น-๐—ค๐˜‚๐—ฟโ€™๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐˜€-๐—ฆ๐˜‚๐—ป๐—ป๐—ฎ๐—ต

Dalam berbagai kesempatan, baik melalui buku-buku, risalah-risalah, fatwa-fatwa, dan pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada murid-muridnya, Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab, berulang-ulang menegaskan pentingnya kembali kepada al-Qurโ€™an dan as-Sunnah. Tidak hanya dalam masalah akidah, dalam persoalan fikih pun sikap ini tetap beliau ikuti dengan konsisten.

Kita akan lihat dalam tulisan-tulisannya tentang berbagai persoalan fikih, beliau konsisten mengemukakan dalil dari al-Qurโ€™an dan as-Sunnah, salah satu atau kedua-duanya. Sebagai contoh, tentang tayyamum, dalam Kitab Thaharah, Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab menulis: โ€œTayammum termasuk kekhususan umat ini, Allah tidak menjadikan tanah suci bagi umat lainnya, dia juga merupakan ganti bersuci dengan air untuk segala sesuatu yang menggunakan air tetapi tidak dapat ditemukan. Syarat tayamum ada empat: 1) Tidak sanggup menggunakan air, bisa karena tidak ada air berdasarkan firman Allah: โ€œโ€ฆlalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik..โ€(Q.s. Al-Maidah: 6), atau karena khawatir penggunaan air akan mendatangkan mudharat karena sakit tertentu, atau karena sangat dingin atau karena luka, berdasarkan firman Allah: โ€œโ€ฆdan jika kamu sakitโ€ฆโ€ (Q.s. Al-Maidah: 6). 

Dan juga berdasarkan hadits โ€˜Amru bin al-โ€˜Ash, diriwayatkan oleh Abu Daud. Atau takut kehabisan air untuk minum, berdasarkan ijmaโ€™ yang diriwayatkan oleh Ibn Al-Mundzir, atau dia harus membelinya dengan harga yang mahal lebih dari harga biasa. Jika dia mungkin menggunakan air untuk sebagian badan, harus dia gunakan dan bertayammum untuk bagian badan yang lain, berdasarkan hadits Abu Hurairah yang di dalamnya ada teks: โ€œJika aku memerintahkan kamu untuk melakukan sesuatu, maka lakukanlah sebatas kemampuanmu.โ€

2) Telah masuk waktu. Berkata Syeikh Taqiyuddin: โ€œTayammum menghilangkan hadats. Ini adalah mazhab Abu Hanifah, dan riwayat dari Ahmad. Dia berkata dalam al-Fatawa al-Mishriyyah: Tayammum untuk setiap waktu shalat sampai masuk waktu shalat lain adalah pendapat yang paling baik.โ€  (Mannaโ€™ al-Qathan, โ€œIโ€™timad Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab โ€˜ala al-Kitab wa as-Sunnahโ€ dalam Buhuts Nadwah Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab rahimahullah (Riyadh: JamPah Imam Muhammad ibn Suโ€™ud al-Islamiyyah, 1991), jilid I, hlm. 239-240.) 

Contoh lain tentang shalat berjamaโ€™ah beliau menulis: โ€œPaling sedikit shalat berjamaโ€™ah dua orang, kecuali Jumโ€™at dan Shalat โ€˜led. Hukumnya wajib atas setiap orang, baik yang muqim, maupun yang musafir, bahkan tetap wajib dalam keadaan takut, berdasarkan firman Allah Taโ€™ala: โ€œDan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka, lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka...โ€ (Q.s. An-Nisaโ€™: 102). 

Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibandingkan shalat sendiri. Lebih utama dikerjakan di Masjid, apalagi di Masjid Haram, dan begitu juga lebih utama jika jamaโ€™ahnya lebih banyak, dan masjidnya lebih jauh, janganlah seseorang mengimami shalat di sebuah masjid sebelum imam tetap, kecuali atas  izinnya, atau imam ratibnya terlambat, maka tidak makruh, berdasarkan perbuatan Abu Bakar dan Abd ar-Rahman ibn โ€˜ Auf.โ€  (Abd al-Muhsin ibn Hamad al-Badar, Syarh Kitab Adah al-Masyi ila ash-Shalah (al-Musytamil โ€˜ala Ahkam ash-Shalah, wa az-Zakah wa ash-Shiyam), karya Syaikh al-Islam Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab (Riyadh: t.p., 1426), hlm 108-110). 

Sekalipun Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab selalu merujuk kepada Al-Qurโ€™an dan as-Sunnah, tetapi secara teknis adakalanya beliau tidak mengutip sama sekali teks Hadits yang dimaksud, malah kadangkala tidak menyebut sama sekali dalil yang dirujuknya. Misalnya, tentang menentukan awal Ramadlan, beliau menulis: โ€œDisunahkan mengamati munculnya hilal malam tiga puluh bulan Syaโ€™ban, diwajibkan puasa Ramadhan apabila hilal sudah terlihat, maka apabila tidak dapat dilihat hilal, maka sempurnakanlah Syaโ€™ban tiga puluh hari, barulah kemudian berpuasa tanpa ada perbedaan pendapatโ€(Abd al-Muhsin ibn Hamad al-Badar, Syarh Kitab Adab al-Masyi ila ash-Shalah (al-Musytamil โ€˜ala Ahkam ash-Shalah, wa az-Zakah wa ash-Shiyam), karya Syaikh al-Islam Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab (Riyadh: t.p., 1426) hlm. 215). 

Dalam masalah ini, Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab tidak mengutip hadits riwayat Bukhari dan Muslim tentang menentukan awal Ramadhan dan awal Syawal dengan melihat hilal, apabila hilal tidak terlihat karena mendung, jumlah hari dalam bulan itu dipenuhkan tiga puluh. 

Boleh jadi, teks hadits tersebut tidak dikutip karena sudah sangat populer atau sudah ditulis pada buku atau risalah lain. Penulis Syarah, seperti โ€˜Abd al-Muhsin al-Badr, kemudian menelusuri dan mengutipnya dengan menyebut sumbernya. 

๐—˜๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—ž๐—ฎ๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—ฃ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ 

Menurut Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab, ada empat kaidah pokok yang menjadi landasan memahami agama Islam, baik dalam ilmu tafsir, ilmu ushul, atau ilmu amalan hati atau yang dinamai ilmu suluk, ilmu halal dan haram atau ahkam atau yang dinamai dengan fiqh, atau ilmu waโ€™d dan waโ€™id atau ilmu-ilmu agama yang lainnya. Empat kaidah itu adalah: 

Pertama, tidak boleh berbicara tentang Allah tanpa ilmu. Berdasarkan firman Allah S WT yang artinya: โ€œKatakanlah: โ€œTuhanku Hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang Nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.โ€ (Q.s. Al-Aโ€™raf: 33). 

Kedua, segala sesuatu yang Asy-Syariโ€™ mendiamkannya maka dia termasuk yang dimaafkan, tidak boleh seorang pun mengharamkan, atau mewajibkan, atau mengistihabkan, atau memakruhkannya. Berdasarkan firman Allah SWTโ€: โ€œHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantunโ€. (Q.s. Al-Maidah: 101). 

Nabi Muhammad saw bersabda: โ€œSegala sesuatu yang Allah mendiamkannya adalah rahmat bagi kalian, bukan karena lupa, oleh sebab itu jangan bertanya tentang hal ituโ€ (H.R. ad-Daruquthni, menurut Imam Nawawi hadits ini hasan).

Ketiga, meninggalkan dalil yang jelas, kemudian beristidlal dengan lafzh mutasyabih adalah jalan orang yang menyimpang seperti Rafidhah dan Khawarij. Allah SwT berfirman yang artinya: โ€œDia-lah yang menurunkan Al-Kitab (al-Qurโ€™an) kepada kamu, di antara (isi)-nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, Itulah pokok-pokok isi Al-Qurโ€™an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyabihat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari taโ€™wil-nya  (Q.s. Ali Imran: 7). 

Adalah wajib bagi seorang Muslim mengikuti yang muhkam. Jika dia mengetahui makna mutasyabih, boleh diikuti jika tidak bertentang dengan yang muhkam, kalau tidak, wajib baginya mengikuti apa yang dikatakan oleh orang-orang yang mendalam ilmunya, yaitu: โ€œKami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami.โ€ (Bagian dari Q.s. Ali Imran: 7.) 

Keempat, Nabi Muhammad saw menyebutkan bahwa yang halal sudah jelas, dan yang haram juga sudah jelas, sedangkan antara keduanya ada perkara-perkara yang mutasyabihat, maka barangsiapa yang tidak mengikuti kaidah ini, lalu ingin berbicara tentang segala sesuatu tentang panjang lebar, maka dia telah sesat dan menyesatkan(Shalih ibn Abd ar-Rahman al-Athram, โ€œIโ€™timad Fiqh Dakwah Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahab โ€˜ala al-Kitab wa as-Sunnahโ€, dalam Buhuts Nadwah Dakwah asy-Syaikh Muhammad ibn โ€˜Abd al-Wahhab rahimahullah (Riyadh: Jamiโ€™ah Imam Muhammad ibn Suโ€™ud al-Islamiyyah, 1991), jilid I, hlm. 272-273). 

๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐˜๐˜‚๐—ฝ

Dari uraian ringkas di atas jelaslah bagi kita bahwa Syeikh Muhammad โ€˜Abd al-Wahhab, dalam bidang fikih โ€”sebagaimana bidang-bidang yang lainโ€” selalu berpegang teguh dengan al-Qurโ€™an dan as-Sunnah. Beliau berangkat dan mengembalikan segala sesuatunya kepada kedua sumber utama ajaran Islam ini.

Sekalipun beliau dididik sejak kecil dalam mazhab Hanbali dan kemudian menjadi pengikutnya, tetapi beliau tidaklah memiliki sikap fanatik atau taโ€™ashub dengan mazhab ini, dan tidak ada hambatan bagi beliau mengambil pendapat mazhab yang lainnya jika menurutnya sesuai dengan al-Qurโ€™an dan as-Sunnah.