Selasa, 16 April 2024

SYAIKH ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ

SYAIKH ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH BIN BAZ

Imam dalam ilmu dan amal

Nama dan Nasabnya :

Beliau adalah Syaikhul Islam Abu Abdillah Abdul Aziz bin Abdullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdullah bin Baz . 

Kelahirannya :

Beliau dilahirkan pada 12 Dzul Hijjah tahun 1330 H di Riyadh dalam lingkungan keluarga yang penuh dengan pancaran ilmu.

Pertumbuhannya :

Beliau tumbuh di Riyadh di dalam lingkungan yang penuh dengan pancaran ilmu dan kebaikan, jauh gemerlapnya dunia dan keindahannya, karena Riyadh waktu itu adalah negeri ilmu, di dalamnya terdapt banyak ulama besar, yang merupakan penerus dari Mujaddid Abad ke-12 H Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.
Al-Quranul Karim adalah cahaya yang selalu menerangi perjalanan hidup beliau, Al-Quran adalah yang merupakan awal pelajaran yang beliau tekuni, beliau menghafalnya sebelum baligh, setelah itu kemudian beliau mempelajari ilmu-ilmu syarI kepada para ulama negerinya.
Merupakan hal yang pantas untuk disebutkan bahwa ibunya memiliki andil yang besar di dalam mengarahkan beliau untuk menuntut ilmu syarI, ibunya yang selalu memberikan dorongan kepada beliau agar sabar dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.
Pada awalnya beliau bisa melihat, dengan kehendak Alloh dan hikmahNya beliau kelihatan penglihatannya pada tahun 1350 H ketika beliau berusia 20 tahun. Tetapi hal itu tidak menyurutkan langkah beliau dalam menuntut ilmu, bahkan beliau terus menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, selalu mengikuti majelis-majelis para ulama dan mengambil banyak faidah dari mereka.

Sifat-sifatnya :

Beliau berperawakan sedang, berwajah bulat telur, berkulit kecoklatan, berhidung mancung, jenggotnya disemir dengan hinna.

 Beliau dikenal dengan sifat tawadhu, tenang, lembut, berwibawa dan sangat ramah kepada siapapun. Beliau dikenal sangat sabar dan dermawan. 
Beliau tidak membeda-bedakan siapaun di dalam bergaul, bertemu di meja makannya anak kecil, orang tua, orang kaya dan orang faqir. 
Beliau sangat banyak menolong dan membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan. 
Beliau dikenal sangat pemberani dalam membela kebenaran. 

Beliau suka memakai pakaian putih dan lebar, pakaian bawahnya sampai separuh betisnya.

Dengan nikmat Alloh kami mendapat kesempatan berharga menghadiri majelis beliau di kemah beliau selama tiga hari pada musim haji 1415 H.

Guru-gurunya:

Beliau mempelajari ilmu-ilmu syarI dari para ulama besar di zamannya seperti : Syaikh Muhammad bin Abdul Lathif bin Abdurrahman bin Hasan bin Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Syaikh Shalih bin Abdul Aziz bin Abdurrahman bin Hasan bin Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Qadhi Riyadh -, Syaikh Sad bin Hamd bin Atiq Qadhi Riyadh -, Syaikh Hamd bin Faris, Syaikh Sad Waqqash Bukhary dari Makkah, Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh Mufti Saudi yang beliau ikuti halaqahnya selama 10 tahun dari tahun 1347 H hingga tahun 1357 H.

Murid-muridnya :

Di antara murid-muridnya adalah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd Al-Abbad, Syaikh Muhammad Aman Al-Jami, Syaikh Rabi bin Hadi Al-Madkhaly, Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh, Syaikh Shalih Alu Syaikh, Syaikh Abdullah bin Sulaiman bin Mani’ dan masih banyak lagi selain mereka.

Metode ilmiyyahnya :

Di dalam permasalahan-permasalahan ilmiyyah beliau berusaha mengembalikannya ke kitab-kitab induk, hal itu beliau terapkan di dalam beliau mengajar, menjalani tugas sebagai qadhi, di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan pendalaman, dan di dalam membantah perkataan-perkataan dan pemikiran-pemikiran yang menyeleweng.

Tugas-tugas yang diembannya : 

Beliau diangkat menjadi Qadhi Kharj selama 14 tahun dari tahun 1357 H 1371 H, beliau juga termasuk pengajar di Fakultas Syariah di Universitas Imam Muhammad bin Suud di Riyadh hingga tahun 1380 H. Ketika Jamiah Islamiyyah Madinah ( Universitas Islam Madinah ) berdiri pada tahun 1390 H beliau diangkat menjadi Wakil Rektor hingga tahun 1395 H. Pada tahun 1395 H beliau diangkat menjadi Direktur Jenderal Lembaga Riset, Fatwa, dan Dakwah Kerajaan Saudi Arabia. Kemudian beliau diangkat menjadi Mufti Saudi Arabia hingga beliau meninggal.   
Di sela-sela tugas yang beliau emban, beliau selalu memanfaatkannya untuk menyampaikan nasihat kepada kaum muslimin di masjid-masjid, menghadiri pertemuan-pertemuan ilmiyyah, berusaha untuk membaca kitab-kitab yang bermanfaat kepada saudara-saudaranya, memberi kesempatan kepada para penutntut ilmu yang hendak mempelajari kitab-kitab tertentu kepada beliau. 

Pengabdiannya kepada Islam dan Kaum Muslimin :

Pengabdian beliau kepada Islam dan kaum muslimin merambah negeri beliau tinggal hingga ke seluruh penjuru negeri Islam, di mana banyak dari putra-putra kaum muslimin di seluruh duania menyebut keagungan dan keharuman namanya, ini menunjukkan betapa besar perhatian beliau kepada keadaan kaum muslaim di seluruh dunia.
Banyak Lembaga-lembaga Islam di seluruh dunia yang menjadikan beliau sebagai pembina dan pemimpin, beliau juga sering menghadiri muktamar-muktamar para daI dari dunia Islam.
Demikian juga beliau memiliki perhatian besar kepada perjuangan kaum muslimin di negeri-negeri Islam, baik di Palestina, Eriteria, Filipina, Afghanistan, Qubrush, Bosnia, Shizan, dan yang lainnya. Beliau banyak membantu mereka secara materil dan moril.
Beliau merupakan pejuang muslim yang tidak kenal lelah dalam menanamkan Tauhid dan memberantas kesyirikan. Hal ini nampak jelas dalam pembicaran-pembicaran, fatwa-fatwa, dan tulisan-tulisan beliau.
Di antara pengabdian beliau yang begitu besar pengaruhnya ke seluruh penjuru dunia adalah pengabdian beliau kepada Jamiah Islamiyyah yang merupakan lembaga pendidikan yang diikuti oleh putra-putra kaum muslimin dari seratus negara atau lebih. Banyak di antara alumninya yang kemudian kembali ke negaranya masing-masing mengemban tugas dakwah di negerinya.
Demikian juga beliau banyak membantu secara moril dan materil kepada proyek-proyek Islami di seluruh penjuru dunia. 
Beliau banyak berjasa dalam menyebarkan kitab-kitab Islami, Darul Ifta lembaga yang beliau pimpin banyak mencetak kitab-kitab dalam bidang aqidah, tafsir, hadits, dan fiqih untuk dibagi-bagikan ke seluruh dunia. 

Pujian ulama kepadanya :

Syaikh Abdullah bin Sulaiman bin Mani’ berkata : “ Tidak diragukan lagi bahwa guru kami dan orang tua kami Syaikh Abdul Aziz adalah seorang imam dan mujaddid zaman ini, beliau adalah imam dalam ilmu hadits dan rijalnya, imam dalam fiqih dan ketelitian pandangan, imam dalam dakwah ilallah dengan lisannya, penanya, jiwanya dan hartanya, imam dalam kedermawanan jiwa dan tangan, dan imam dalam lapang dada, tawadhu’, qona’ah, dan taqwa “ .
Syaikh Abdurrazaq Afifi berkata : “ Tulisan-tulisannya menunjukkan kejelasan makna, kemudahan ibarat, kebagusan ikhtyar, bersamaan dengan kekuatan argumen, yang itu semua menunjukkan atas nasehat, kejernihan jiwa, keluasan wawasan, kecerdasan, dan lancarnya pikiran “.

Tulisan-tulisannya :

Di antara tulisan-tulisan beliau adalah : Fawaid Jaliyyah fil Mabahits Faradhiyyah, Naqdh Qaumiyyah Arabiyyah, Tahqiq wal Idhah li Katsirin min Masailil Hajji wal Umrah, Risalah fi Nikah Syighar, Al-Jawabul Mufid fi Hukmi Tashwir, Risalah fi Tabrruj wal Hijab, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Dawatuhu wa Siratuhu, Tahdzir minal Bida , Hukmul Islam Fiman Thaana fil Quran au fi Sunnati Rasulillah e , Hasyiyyah ala Fathil Bari, dan yang lainnya.

Wafatnya : 

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz wafat di Riyadh menjelang fajar hari Kamis 27 Muharram tahun 1420 H dan dimakamkan di Makkah. Semoga Allah meridhoinya dan menempatkannya dalam keluasan jannahNya.

Dari Buku " Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyyah" susunan Abu Ahmad Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah.