Rabu, 24 April 2024

Perisai Penuntut Ilmu

#FAEDAH DAURAH BATU 9#
Perisai Penuntut Ilmu

Syaikh Bakr Abu Zaid رحمه اللّه menjelaskan :
1. Perisai penuntut ilmu adalah perkataan "Saya tidak tahu."
2. Perkataan Laa Adri (Saya tidak tahu) adalah setengah dari ilmu
3. Adapun setengah kebodohan adalah perkataan "Dikatakan bahwa ..." dan perkataan "Menurut saya ....."

Syaikh Ibnu 'Utsaimin رحمه اللّه memberikan komentar atas hal ini dengan menyebutkan bahwa ada sebagian orang yang jika ditanya 
tentang halal haramnya sesuatu maka dia mengatakan "Menurut saya haram.... ."

Lihatlah dia menjawab dengan "menurut saya", atau dia menjawab "orang-orang mengatakan hukumnya haram... ." Padahal perkataan saya tidak tahu bukanlah sebuah aib bagi penuntut ilmu

_Syaikh Prof. Dr. Ziyad al-'Abbadi حفظه اللّه pada majelis kedua belas dari Hilyah Thalib al-'Ilmi_
Ustadz noviyardi