Senin, 22 April 2024

"Teguhkan Jiwamu dan Rezkimu akan datang !"

#FAEDAH DAURAH BATU 4#

ثبّت نفسك ورزقك سيأتي !

"Teguhkan Jiwamu dan Rezkimu akan datang !"

Nasehat Syaikh Prof. Dr. Ziyad al-'Abbadi حفظه اللّه agar penuntut ilmu qana'ah dengan apa yang Allah berikan baginya dan memiliki sifat zuhud. Jangan terburu-buru dalam kesibukan mencari harta, dengan alasan mencari rezki tapi kau berpaling dari ilmu.

Lalu beliau menyebutkan tentang zuhudnya ulama besar yang telah dikenal oleh para penuntut ilmu, diantaranya :
1) Syaikh Bin Baz رحمه اللّه, tidaklah datang akhir bulan melainkan beliau tidak memiliki apa-apa dari gaji yang beliau dapat. Padahal gaji yang diperoleh besar, akan tetapi beliau keluarkan untuk keperluan penuntut ilmu. Tidaklah seseorang meminta bantuan kepada beliau, kecuali beliau pasti memberikan bantuan.

2) Syaikh Ibnu 'Utsaimin رحمه اللّه, rumah beliau yang sederhana di Unaizah menunjukkan kezuhudan yang ada pada diri beliau, padahal para pembesar dan raja telah menziarahinya berkali-kali.

3) Syaikh al-Albani رحمه اللّه, rumah beliau berada tepat di samping rumah Syaikh Ziyad حفظه اللّه adalah rumah yang sederhana.

Penuntut ilmu jika di awal perjalannya menuntut ilmu disibukkan dengan uang, maka ini akan menghilangkan waktunya untuk ilmu. Hendaknya seseorang mengingat bahwa dunia tidak mendatanginya kecuali apa yang telah Allah tuliskan untuknya.

_Akhukum Noviyardi Amarullah_
Batu, 14-9-1445 H / 23-4-2024