Selasa, 10 Januari 2023

AGAMA ISLAM ADALAH AGAMA DALIL

AGAMA ISLAM ADALAH AGAMA DALIL

Agama Allah Subhanahu wa Ta’ala bukan pendapat-pendapat manusia, agama Allah Subhanahu wa Ta’ala bukan buatan manusia, agama Allah Subhanahu wa Ta’ala bukan sekedar dibangun diatas perasaan, akan tetapi agama Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah wahyu yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah berfirman:

قُلْ إِنَّمَا أُنذِرُكُم بِالْوَحْيِ

“Katakanlah wahai Muhammad: ‘Sesungguhnya aku memperingatkan kalian dengan wahyu.’” (QS. Al-Anbiya[21]: 45)

Juga firman Allah:

فَذَكِّرْ بِالْقُرْآنِ

“Peringatkanlah dengan Al-Qur’an.” (QS. Qaf[50]: 45)

Agama Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah wahyu yang diturunkan oleh Allah Rabb semesta alam.

وَإِنَّهُ لَتَنزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ ﴿١٩٢﴾ نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ ﴿١٩٣﴾ عَلَىٰ قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنذِرِينَ ﴿١٩٤﴾ بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُّبِينٍ ﴿١٩٥﴾

“Kitab ini diturunkan oleh Rabb semesta alam yang diturunkan oleh Jibril kepada hatimu agar engkau menjadi pemberi peringatan dengan bahasa Arab yang nyata.” (QS. Asy-Syu’ara[26]: 192)

Allah Ta’ala berfirman:

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِّنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَـٰكِن جَعَلْنَاهُ نُورًا نَّهْدِي بِهِ مَن نَّشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا

“Dan begitulah Kami wahyukan kepada engkau ruh dari perintah kami. Engkau dulu tidak mengetahui apa itu kitab dan apa itu iman, akan tetapi Kami jadikan wahyu ini sebagai cahaya dan Kami beri petunjuk kepada siapa yang Kami kehendaki dari hamba-hamba Kami.” (QS. Asy-Syura[42]: 52)

Oleh karena itu seyogyanya bagi seorang awam dan bagi seorang muslim secara umum untuk pandai dalam bab ini. Agama Allah Subhanahu wa Ta’ala wajib di bangun di atas dalil. Dan dalil yang benar adalah yang datang dari Al-Qur’an dan dari hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan ini adalah permasalahan yang jelas, seperti terangnya matahari.

Kutipan rekaman Syarah Utsuluts Tsalatsah oleh Syaikh Abdurrozzaq bin Abdul Muhsin Al Badr

▬▬•◇✿◇•▬▬
⏯️ https://ngaji.id/klik/8u
🌻 Barakallahu fiik